MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

MAKNA KARYA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN

MAKNA KARYA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN




A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Karya seni budaya dan keterampilan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, termasuk sekolah SD/MI. Seni budaya merupakan salah satu warisan dari leluhur atau nenk moyang, yang menjadi keanekaragaman budaya dan tradisi yang dimiliki oleh suatu daerah. Sedangkan keterampilan adalah suatu kemampuan dan kapasitas yang diperoleh melalui usha yang disengaja, sistematis, dan berkelnjutan untuk secara lancar dan adatif melaksanakan aktivitas-aktivitas yang kompleks atau fungsi pekerjaan yang melibatkan ide-ide.
Seni budaya dan keterampilan memiliki ruang lingkup yang sangat luas diantaranya: seni rupa, seni musik, seni tari, seni drama, keterampilan pula mencakup hidup yang meliputi keterampilan personal, keteampilan vokasional, dan keterampilan akademik.  Pendidikan seni budaya dan keterampilan memilliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, visual, musical, linguistic, logik matematika, naturalis serta kecerdasan spiritual, kecerdasan moral, dan kecerdasan emosional.

2.      Rumusan Masalah
a.       Apa pengertian seni budaya dan keterampilan ?
b.      Apa yang termasuk kedalam ruang lingkup seni budaya dan keterampilan ?
c.       Apa fungsi seni budaya dan keerampilan ?

3.      Tujuan
a.       Mengetahui pengertian seni budaya dan keterampilan.
b.      Mengetahui ruang lingkup seni budaya dan keterampilan.
c.       Mengetahui fungsi seni budaya dan ketrampilan.

B.     PEMBAHASAN
1.      Pengertian Seni Budaya dan Keterampilan
a.       Pengertian seni
Seni menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga arti yaitu; pertama keahlian membuat keahlian yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya), kedua karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa seperti tari, lukisan, ukiran, dan sebagainya. Ketiga, kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa).[1]
Sedangkan dalam buku Ensiklopedi Nasional Indonesia, pengertian seni adalah berasal dari kata latin ars yang artinya keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah.[2]
Seperti halnya yang terdapat dalam buku Ilmu Budaya Dasar karya Hartono, mengartikan bahwa seni adalah karya manusia yang memilliki nilali-nilai tertentu. Nilai itu antara lain indrawi, nilai bentuk, nilai pengetahuan, dan nilai ide,temu, dan dalil-dalil keadilan. Nilai-nilai tersebut terwujud dalam bentuk lahir yang dapat dinikmati oleh indra manusia (mata, atau telinga), sehingga dapat memuaskan hati pendengar atau penglihatnya.[3]
b.      Pengertian Budaya
Secara etimologi budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu “buddhayah” dan memiliki arti diamana segala sesuatu masih erat hubungannya terhadap akal serta budi manusia. Sedangkan bila dilihat dari segi harfiyahnya budaya adalah cara hidup yang dimiliki pada setiap kelompok masyarakat yang kemudia diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.
Sedangkan pengertian budaya menurut para ahli adalah: budaya menurut Soekmono “budaya memiliki arti berupa hasil kerja atau buah dari pemikiran manusia di masa kehidupannya. Menurut Selo Soemarjan “budaya adalah hasil karya yang dihasilkan dari sekelompok masyarakat”. Sedangkan menurut Koentjaraningrat “budaya adalah suatu kegiatan manusia yang didalamnya terdapat unsur dalam mengubah alam’.
Dalam Kamus Besar Basaha Indonesia “budaya adalah sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi “.[4]  
Jadi dapat disimpulkan bahwa budaya adalah cara hidup, hasil karya, hasil kerja maupun kegiatan manusia pada masanya yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi yang didalam nya terdapat unsur mengubah alam.
c.       Pengertian Keterampilan
Keterampilan menurut para ahli: menurut Gordon keterampilan adalah sebuah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan itu secara lebih mudah serta tepat. Keterampilan menurut Dunette adalah pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan dengan melalui latihan atau training serta pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.
Keterampilan merupakan suatu kemampuan dalam menggunakan akal, fikiran, ide serta kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah, atau juga membuat sesuatu itu menjadi lebih bermakna. Keterampilan harus terus dikembangkan seta dilatih dengan secara terus menerus agar dapat menambah kemampuan seseorang.[5]
2.      Ruang Lingkup Seni Budaya dan Keterampilan
Ruang lingkup seni budaya dan keterampilan sangat lah luas diantaranya adalah: seni rupa, seni gambar, seni musik, seni tari, seni drama.
a.       Seni Rupa
Seni rupa secara umum adalah cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh mata dan disentuh dengan tangan. Menurut bahasa seni rupa dibentuk dari dua kata yaitu seni dan rupa dimana seni adalah sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya, gerakan, dan beberapa metode lainnya. Sedangkan rupa dada bentuk , wujud atau sesuatu yang bisa dirasa, dilihat, diraba, dan juga dinikmati.[6]
Jadi dapat disimpulkan bahwa seni rupa adalah cara menampilkan keindahan dlambentuk sebuah karya yang dapat dilihat, diaba, dan juga dinikmati.
1)      Seni rupa berdasarkan fungsinya
a)      Seni rupa murni
Seni rupa murni adalah seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan daripada fungsinya. Contohnya: lukisan, kaligrafi.
b)      Seni rupa terapan
Seni rupa terapan adalah seni rupa yang lebih mengutamakan nilai guna dari pada nilai keindahannya. Contohnya: pakaian
2)      Seni rupa berdasarkan ragam wujudnya
a)      Seni rupa dua dimensi
Seni rupa duadimendi adalah jenis seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar. Contohnya: lukisan, foto dan juga gambar
b)      Seni rupa tiga dimensi
Seni rupa tiga dimensi adalahseni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar tetapi juga memiliki tinggi. Contohnya: patung, guci d.l.l.
b.      Seni gambar
Seni gambar dan seni lukis sering dipandang sama oleh kebanyakan orang. Pada hakikatnya seni gambar adalah seni lukis yang yang menonjolkan unsur garis untuk membuat bentuk atau wujud tertentu, sedangkan seni lukis sendiri lebih menonjolkan warna dan tekstur lihat atau barik semu untuk menciptakan bentuk tertentu
Kedua kata tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni menciptakan atau membuat bentuk tertentu yakni bentuk alamiah dan abstrak dengan media dua dimensi yang berukuran panjang kali lebar. Yang membedakan antara keduanya adalah cara untuk mewujudkan tujuan tersebut
c.       Seni music
Seni music adalah salah satu cabang seni yang menggunakan music dan unsur-unsur sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan seorang seniman. Seni music menurut Aristoteles adalah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaranyang berawal dari gerakan rasa dalam satu deretan nada yang memiliki irama.
Seni music ini terbagi menjadi beberapa jenis seni music yaitu:
1)      Music tradisional
Music tradisional adalah warisan nenek moyang setiap suku bangsa di Indonesia.
2)      Music kontemporer
Music kontemporer adalah jenis music yang mulai memperkenalkan berbagai elemen music baru yang belum digunaan sebelumnya..
3)      Music modern
Music modern adalah jenis music kreasi baru yang bersifat dinamis dan sudah menggunakan teknologi tertentu, baik dari sisi instrumennya maupun dalam penyajiannya.
d.      Seni tari
Menurut Soedarsono seni tari adalah sebuah ungkapan dari dalam jiwa manusia yang ekspresikan melalui gerakan ritmis yang indah.[7] Sedangkan menurut Yulianti Parani seni tari adalah gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa seni tari adalah ungkapan dari ekspresi yang dituanngkan dalam sebuah gerakan yang dilakukan oeh seseorang maupun kelompok. Seni tari sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
1)      Tari berdasarkan jenis penarinya
a)      Tari tunggal
Tari tunggal adalah tari yang dibawakan oleh satu orang penari baik itu penari laki-laki maupun perempuan, contoh: tari gatot kaca,
b)      Tari berpasangan
Sebuah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari. Baik itu penari laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan, maupun laki-laki dengan perempuan, contoh: tari topeng
c)      Tari berkelompok
Tari yang dibawakan banyak orang atau berkelompok, contoh; tari saman
2)      Tari berdasarkan alirannya
a)      Tari tradisional
Seni tari tradisional yaitu tarian yang diwariskan dari masa ke masa sejak zaman dahulu, yang diwariskan dan menjadi budaya di sebuah daerah. Dalam tarian tersebut terdpat nilai filosofi, simbol dan unsur religius.
b)      Tari kreasi baru
Tari kreasi baru adalah sebuah tarian yang dikembangkan oleh seorang koreografer atau juga disebut penata tari,.
c)      Tari kontemporer
Tarian jenis ini adalah tarian yang menggunakan gerakan-gerakan yang bersifat simbolik, unik dan mengandung pesan tertentu di dalamnya.
e.       Seni drama
Seni drama adalah curahan hati seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak bercerita yang diramu dengan music yang sesuai. Menurut KBBI drama memiliki beberapa pengertian, pertama, drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku, atau dialog yyang dipentaskan. Kedua, drama adalah cerita atau kisah terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater. Dan yang ketiga drama adalah kejadian yang menyedihkan.
Drama memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penyajian kisah, berdasarkan sarana pementasan, dan berdasarkan masanya.
1)      Berdasarkan penyajian kisahnya
a)      Drama tragedi
b)      Drama komedi
c)      Drama tragekomedi
d)     Opera
e)      Melodrama
f)       Farce
g)      Tablo
h)      Sendratari  
2)      Berdasarkan sarana pementasan
a)      Drama panggung
b)      Drama radio
c)      Drama televisi
d)     Drama film
e)      Drama wayang
f)       Drama boneka
3)      Berdasarkan masanya
a)      Drama tradisional
Drama modern adalah drama yang pada umumnya menceritakan tentanng kesaktian, kehidupan istana atau kerajaan, kehidupan dewa dewi, kejadian luar biasa,d.l.l. pada umumnnya drama ini dipentaskan tidak menggunakan naskah.
b)      Drama modern
Drama modern adalah drama yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat yang pada umumnya bertema kehidupan manusia sehari-hari.

3.      Fungsi Seni Budaya dan Keterampilan
Fungsi dari pendidikan seni yaitu:
a.       Fungsi religi
Karya seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contohnya: kalligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lagu rohani. Seni juga sering digunakan untuk sebuah upacara kelahiran, kematian,pernikahan. Contohnya; gamelan dalam upacara ngaben di bali.


b.      Fungsi pendidikan
Seni sebgai media pendidikan dapat dilihat dalam music, misalnya ansambel karena di dalamnya terdapat keraja sama atau angklung dan gamelan pun ada nilai pendidikannya karena kesenian tersebut terdapat nilai sosial, kerjasama, dan disiplin. Karya seni yang sering digunakan untuk pelajaran adalah: film ilmiah, poster, lagu anak-anak, d.l.l.
c.       Fungsi komunikasi
Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti; kritik sosial, gagasan, kebijakan dan memeperkenalkan produk kepada masyarakat. 
d.      Fungsi rekreasi/ hiburan
Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan ata menguangi kesedihan yang khusus pertunjukan untuk berekpresi ataupun hiburan.
e.       Fungsi artistic
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal komersial.
f.       Fungsi terapan
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi.
g.      Fungsi kesehatan
Seni sebagai fungsi kesehatan, seperti pengobatan penderita gangguan physic ataupun medis distimualsi melalui terapi seni music.







C.    PENUTUP
1.      Kesimpulan
Seni budaya dan keterampilan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD/MI. Seni sendiri memiliki arti keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah. Jadi seni adalah Suatu hasil dari ekspresi yang dihasilkan oleh sesorang yang terlihat indah. Sedangkan budaya adalah hasil kerja maupun kegiatan manusia pada masanya yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Keterampilan pula memiliki arti pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan dengan melalui latihan atau training serta pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.
Seni budaya dan keterampilan pula memiliki ruang lingkup yang sangat luas diantaranya: seni rupa, seni gambar, seni drama, seni tari, dan seni music yang setiap jenis seni tersebut masih dibagi-bagi lagi berdasarkan jenisnya pula.

2.      Saran
Sebagai generasi penerus sudah seharusnya kita mengetahi, menjaga dan meneruskan seni dan budaya yang telah diwariskan kepada kita. Terlebih lagi sebagai calon guru SD/MI kita harus tau dan mencintai seni budaya yang telah diturunkan dan diwariskan kepada kita yang kemudian akan kita wariskan juga pada generasi penerus melalui proses pembelajaran.









D.    DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta; PT. Gramedia Pustaka, 2008.
Hartono, dkk, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya; PT Bina Ilmu, 1991.
Hoeve, Van, Ensiklopedi Nasional Indonesia, 1994.
Maria, Mia dan Belle Bintang Biarezky, Berbagi Pengetahuan Tentang Seni Rupa Indonesia, Jakarta: Yayasan Jakarta Biennale, 2015
Rosala, Dedi “ Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar”, Jurnal Seni dan Desai Serta Pembelajarannya, volume 2, No.1, Februari 2016.
https://www.ruangguru.co.id/16-pengertian-budaya-menurut-para-ahli-dankbbi-terlengkap/, diakses pada selasa 17 september 2019, pukul 15:51 wib
https://pendidikan.co.id/pengertian-keterampilan-macam-contoh-dan-menurut-para-ahli/, diakses pada selasa 17 september 201, pukul 20:30 Wib





[1] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Jakarta; PT. Gramedia Pustaka, 2008), hlm.1273.
[2] Van Hoeve, Ensiklopedi Nasional Indonesia, 1994, hlm. 525..
[3] Hartono, dkk, Ilmu Budaya Dasar, (Surabaya; PT Bina Ilmu, 1991), hlm. 45.
[4] https://www.ruangguru.co.id/16-pengertian-budaya-menurut-para-ahli-dan-kbbi-terlengkap/, diakses pada selasa 17 september 2019, pukul 15:51 wib
[5] https://pendidikan.co.id/pengertian-keterampilan-macam-contoh-dan-menurut-para-ahli/, diakses pada selasa 17 september 201, pukul 20:30 Wib
[6] Mia Maria dan Belle Bintang Biarezky, Berbagi Pengetahuan Tentang Seni Rupa Indonesia, (Jakarta: Yayasan Jakarta Biennale, 2015),.
[7] Dedi Rosala, “ Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar”, Jurnal Seni dan Desai Serta Pembelajarannya, volume 2, No.1, Februari 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN