MAKNA KARYA SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN
A.
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Karya
seni budaya dan keterampilan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di
sekolah, termasuk sekolah SD/MI. Seni budaya merupakan salah satu warisan dari
leluhur atau nenk moyang, yang menjadi keanekaragaman budaya dan tradisi yang
dimiliki oleh suatu daerah. Sedangkan keterampilan adalah suatu kemampuan dan
kapasitas yang diperoleh melalui usha yang disengaja, sistematis, dan
berkelnjutan untuk secara lancar dan adatif melaksanakan aktivitas-aktivitas
yang kompleks atau fungsi pekerjaan yang melibatkan ide-ide.
Seni
budaya dan keterampilan memiliki ruang lingkup yang sangat luas diantaranya:
seni rupa, seni musik, seni tari, seni drama, keterampilan pula mencakup hidup
yang meliputi keterampilan personal, keteampilan vokasional, dan keterampilan
akademik. Pendidikan seni budaya dan
keterampilan memilliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang
harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai
multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, visual, musical,
linguistic, logik matematika, naturalis serta kecerdasan spiritual, kecerdasan
moral, dan kecerdasan emosional.
2. Rumusan Masalah
a.
Apa pengertian seni
budaya dan keterampilan ?
b.
Apa yang termasuk
kedalam ruang lingkup seni budaya dan keterampilan ?
c.
Apa fungsi seni budaya
dan keerampilan ?
3. Tujuan
a.
Mengetahui pengertian
seni budaya dan keterampilan.
b.
Mengetahui ruang
lingkup seni budaya dan keterampilan.
c.
Mengetahui fungsi seni
budaya dan ketrampilan.
B.
PEMBAHASAN
1. Pengertian Seni Budaya
dan Keterampilan
a.
Pengertian seni
Seni
menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga arti yaitu; pertama keahlian membuat keahlian yang
bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya), kedua karya yang diciptakan dengan
keahlian yang luar biasa seperti tari, lukisan, ukiran, dan sebagainya. Ketiga, kesanggupan akal untuk
menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa).
Sedangkan
dalam buku Ensiklopedi Nasional Indonesia, pengertian seni adalah berasal dari
kata latin ars yang artinya keahlian
mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan
serta imajinasi penciptaan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan
rasa indah.
Seperti
halnya yang terdapat dalam buku Ilmu Budaya Dasar karya Hartono, mengartikan
bahwa seni adalah karya manusia yang memilliki nilali-nilai tertentu. Nilai itu
antara lain indrawi, nilai bentuk, nilai pengetahuan, dan nilai ide,temu, dan
dalil-dalil keadilan. Nilai-nilai tersebut terwujud dalam bentuk lahir yang
dapat dinikmati oleh indra manusia (mata, atau telinga), sehingga dapat
memuaskan hati pendengar atau penglihatnya.
b.
Pengertian Budaya
Secara
etimologi budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu “buddhayah” dan memiliki arti diamana segala sesuatu masih erat
hubungannya terhadap akal serta budi manusia. Sedangkan bila dilihat dari segi
harfiyahnya budaya adalah cara hidup yang dimiliki pada setiap kelompok
masyarakat yang kemudia diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke
generasi.
Sedangkan
pengertian budaya menurut para ahli adalah: budaya menurut Soekmono “budaya
memiliki arti berupa hasil kerja atau buah dari pemikiran manusia di masa
kehidupannya. Menurut Selo Soemarjan “budaya adalah hasil karya yang dihasilkan
dari sekelompok masyarakat”. Sedangkan menurut Koentjaraningrat “budaya adalah
suatu kegiatan manusia yang didalamnya terdapat unsur dalam mengubah alam’.
Dalam
Kamus Besar Basaha Indonesia “budaya adalah sebuah pemikiran, adat istiadat
atau akal budi “.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa budaya adalah cara hidup, hasil karya, hasil kerja
maupun kegiatan manusia pada masanya yang diwariskan secara turun-temurun dari
generasi ke generasi yang didalam nya terdapat unsur mengubah alam.
c.
Pengertian Keterampilan
Keterampilan
menurut para ahli: menurut Gordon keterampilan adalah sebuah kemampuan
seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan itu secara lebih mudah serta tepat.
Keterampilan menurut Dunette adalah pengetahuan yang didapatkan serta
dikembangkan dengan melalui latihan atau training serta pengalaman dengan
melakukan berbagai tugas.
Keterampilan
merupakan suatu kemampuan dalam menggunakan akal, fikiran, ide serta
kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah, atau juga membuat sesuatu itu menjadi
lebih bermakna. Keterampilan harus terus dikembangkan seta dilatih dengan
secara terus menerus agar dapat menambah kemampuan seseorang.
2.
Ruang
Lingkup Seni Budaya dan Keterampilan
Ruang
lingkup seni budaya dan keterampilan sangat lah luas diantaranya adalah: seni
rupa, seni gambar, seni musik, seni tari, seni drama.
a.
Seni Rupa
Seni
rupa secara umum adalah cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh
mata dan disentuh dengan tangan. Menurut bahasa seni rupa dibentuk dari dua
kata yaitu seni dan rupa dimana seni adalah sebuah cara menampilkan keindahan
dalam bentuk karya, gerakan, dan beberapa metode lainnya. Sedangkan rupa dada
bentuk , wujud atau sesuatu yang bisa dirasa, dilihat, diraba, dan juga
dinikmati.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa seni rupa adalah cara menampilkan keindahan dlambentuk
sebuah karya yang dapat dilihat, diaba, dan juga dinikmati.
1)
Seni rupa berdasarkan
fungsinya
a)
Seni rupa murni
Seni
rupa murni adalah seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan daripada
fungsinya. Contohnya: lukisan, kaligrafi.
b)
Seni rupa terapan
Seni
rupa terapan adalah seni rupa yang lebih mengutamakan nilai guna dari pada
nilai keindahannya. Contohnya: pakaian
2)
Seni rupa berdasarkan
ragam wujudnya
a)
Seni rupa dua dimensi
Seni
rupa duadimendi adalah jenis seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar.
Contohnya: lukisan, foto dan juga gambar
b)
Seni rupa tiga dimensi
Seni
rupa tiga dimensi adalahseni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar
tetapi juga memiliki tinggi. Contohnya: patung, guci d.l.l.
b.
Seni gambar
Seni
gambar dan seni lukis sering dipandang sama oleh kebanyakan orang. Pada
hakikatnya seni gambar adalah seni lukis yang yang menonjolkan unsur garis
untuk membuat bentuk atau wujud tertentu, sedangkan seni lukis sendiri lebih
menonjolkan warna dan tekstur lihat atau barik semu untuk menciptakan bentuk
tertentu
Kedua
kata tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni menciptakan atau membuat bentuk
tertentu yakni bentuk alamiah dan abstrak dengan media dua dimensi yang
berukuran panjang kali lebar. Yang membedakan antara keduanya adalah cara untuk
mewujudkan tujuan tersebut
c.
Seni music
Seni
music adalah salah satu cabang seni yang menggunakan music dan unsur-unsur
sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan seorang seniman. Seni
music menurut Aristoteles adalah tuangan kemampuan serta tenaga
penggambaranyang berawal dari gerakan rasa dalam satu deretan nada yang
memiliki irama.
Seni
music ini terbagi menjadi beberapa jenis seni music yaitu:
1)
Music tradisional
Music
tradisional adalah warisan nenek moyang setiap suku bangsa di Indonesia.
2)
Music kontemporer
Music
kontemporer adalah jenis music yang mulai memperkenalkan berbagai elemen music
baru yang belum digunaan sebelumnya..
3)
Music modern
Music
modern adalah jenis music kreasi baru yang bersifat dinamis dan sudah
menggunakan teknologi tertentu, baik dari sisi instrumennya maupun dalam
penyajiannya.
d.
Seni tari
Menurut
Soedarsono seni tari adalah sebuah ungkapan dari dalam jiwa manusia yang
ekspresikan melalui gerakan ritmis yang indah.
Sedangkan menurut Yulianti Parani seni tari adalah gerakan ritmis yang keluar
dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok
yang disertai dengan ekspresi tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa seni tari
adalah ungkapan dari ekspresi yang dituanngkan dalam sebuah gerakan yang
dilakukan oeh seseorang maupun kelompok. Seni tari sendiri terdiri dari
beberapa jenis, yaitu:
1)
Tari berdasarkan jenis
penarinya
a)
Tari tunggal
Tari
tunggal adalah tari yang dibawakan oleh satu orang penari baik itu penari
laki-laki maupun perempuan, contoh: tari gatot kaca,
b)
Tari berpasangan
Sebuah
tarian yang dibawakan oleh dua orang penari. Baik itu penari laki-laki dengan
laki-laki, perempuan dengan perempuan, maupun laki-laki dengan perempuan,
contoh: tari topeng
c)
Tari berkelompok
Tari
yang dibawakan banyak orang atau berkelompok, contoh; tari saman
2)
Tari berdasarkan
alirannya
a)
Tari tradisional
Seni
tari tradisional yaitu tarian yang diwariskan dari masa ke masa sejak zaman
dahulu, yang diwariskan dan menjadi budaya di sebuah daerah. Dalam tarian tersebut
terdpat nilai filosofi, simbol dan unsur religius.
b)
Tari kreasi baru
Tari
kreasi baru adalah sebuah tarian yang dikembangkan oleh seorang koreografer
atau juga disebut penata tari,.
c)
Tari kontemporer
Tarian
jenis ini adalah tarian yang menggunakan gerakan-gerakan yang bersifat
simbolik, unik dan mengandung pesan tertentu di dalamnya.
e.
Seni drama
Seni
drama adalah curahan hati seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak
bercerita yang diramu dengan music yang sesuai. Menurut KBBI drama memiliki
beberapa pengertian, pertama, drama adalah komposisi syair atau prosa yang
diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku, atau
dialog yyang dipentaskan. Kedua, drama adalah cerita atau kisah terutama yang
melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.
Dan yang ketiga drama adalah kejadian yang menyedihkan.
Drama
memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penyajian kisah, berdasarkan
sarana pementasan, dan berdasarkan masanya.
1)
Berdasarkan penyajian
kisahnya
a)
Drama tragedi
b)
Drama komedi
c)
Drama tragekomedi
d)
Opera
e)
Melodrama
f)
Farce
g)
Tablo
h)
Sendratari
2)
Berdasarkan sarana
pementasan
a)
Drama panggung
b)
Drama radio
c)
Drama televisi
d)
Drama film
e)
Drama wayang
f)
Drama boneka
3)
Berdasarkan masanya
a)
Drama tradisional
Drama
modern adalah drama yang pada umumnya menceritakan tentanng kesaktian,
kehidupan istana atau kerajaan, kehidupan dewa dewi, kejadian luar biasa,d.l.l.
pada umumnnya drama ini dipentaskan tidak menggunakan naskah.
b)
Drama modern
Drama
modern adalah drama yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada
masyarakat yang pada umumnya bertema kehidupan manusia sehari-hari.
3. Fungsi Seni Budaya dan
Keterampilan
Fungsi
dari pendidikan seni yaitu:
a.
Fungsi religi
Karya
seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contohnya: kalligrafi, busana
muslim/muslimah, dan lagu-lagu rohani. Seni juga sering digunakan untuk sebuah
upacara kelahiran, kematian,pernikahan. Contohnya; gamelan dalam upacara ngaben
di bali.
b.
Fungsi pendidikan
Seni
sebgai media pendidikan dapat dilihat dalam music, misalnya ansambel karena di
dalamnya terdapat keraja sama atau angklung dan gamelan pun ada nilai
pendidikannya karena kesenian tersebut terdapat nilai sosial, kerjasama, dan
disiplin. Karya seni yang sering digunakan untuk pelajaran adalah: film ilmiah,
poster, lagu anak-anak, d.l.l.
c.
Fungsi komunikasi
Seni
dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti; kritik sosial, gagasan,
kebijakan dan memeperkenalkan produk kepada masyarakat.
d.
Fungsi rekreasi/
hiburan
Seni
yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan ata menguangi kesedihan yang
khusus pertunjukan untuk berekpresi ataupun hiburan.
e.
Fungsi artistic
Seni
yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak
untuk hal komersial.
f.
Fungsi terapan
Karya
seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media
ekspresi.
g.
Fungsi kesehatan
Seni
sebagai fungsi kesehatan, seperti pengobatan penderita gangguan physic ataupun
medis distimualsi melalui terapi seni music.
C.
PENUTUP
1. Kesimpulan
Seni
budaya dan keterampilan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di
SD/MI. Seni sendiri memiliki arti keahlian mengekspresikan ide-ide dan
pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan
benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah. Jadi seni adalah
Suatu hasil dari ekspresi yang dihasilkan oleh sesorang yang terlihat indah.
Sedangkan budaya adalah hasil kerja maupun kegiatan manusia pada masanya yang
diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Keterampilan pula
memiliki arti pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan dengan melalui
latihan atau training serta pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.
Seni
budaya dan keterampilan pula memiliki ruang lingkup yang sangat luas diantaranya:
seni rupa, seni gambar, seni drama, seni tari, dan seni music yang setiap jenis
seni tersebut masih dibagi-bagi lagi berdasarkan jenisnya pula.
2. Saran
Sebagai
generasi penerus sudah seharusnya kita mengetahi, menjaga dan meneruskan seni
dan budaya yang telah diwariskan kepada kita. Terlebih lagi sebagai calon guru
SD/MI kita harus tau dan mencintai seni budaya yang telah diturunkan dan
diwariskan kepada kita yang kemudian akan kita wariskan juga pada generasi
penerus melalui proses pembelajaran.
D.
DAFTAR
PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar