MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekol...

MAKALAH TEORI BRONFEN BRENNER

TEORI BRONFEN BRENNER

By: Bintang, dkk. 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang 

Dalam teorinya Urie Bronfen Brenner memandang bahwa proses yang pokus utamanya adalah pada konteks social dimana anak tinggal dan orang –orang yang mempengaruhi perkembangan anak .Dan merupakan sebuah teori yang menekankan pada pengaruh lingkungan dalam  perkembangan setiap individu dimana perkembangan peserta didik merupakan hasil interaksi antara alam sekitar dengan peserta didik tersebut . 

       Teori Etologi atau Ethologi menekankan bahwa perilaku adalah produk dari evolusi dan ditentukan secara biologis . setiap spesies mempelajari adaptasi apa yang penting untuk bertahan hidup dan melalui proses dalam seleksi alam , yang paling baiklah yang mampu hidup untuk mewariskan sifat –sifatnya kepada keturunanya.

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana sejarah urie bronfen brenner?

2.      Apa teori psikologi dalam perkembangan urie bronfen Brenner?

3.      Apa saja aspek-aspek dari teori ekologi?

C.     Tujuan

            Tujuan penulisan makalah ini tidak lain adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah urie bronfen brenner, teori psikologi dalam perkembangan urie bronfen Brenner, aspek-aspek dari teori ekologi. 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    SEJARAH URIE BRONFEN BRENNER

              Urie bronfen brenner (1917-2005) adalah seorang psikolog rusia amerika yang berkontribusi banyak pengetahuan pada teori perkembangan anak. Dia mempertahankan perspektif holistik darimana dia mengusulkan teori sistem ekologis, salah satu kontribusi paling penting untuk psikologi evolusi. Urie bronfen brenner lahir di moskow rusia pada 29 april 1917. Pada usia 6 tahun, bronfen brenner pindah bersama keluarganya ke America serikat, tempat ayahnya bekerja sebagai direktur penelitan institute for mentally handicapped di new york. Pada tahun 1938, bronfen brenner lulus dengan gelar dalam bidang psikologi dan music dari cornell university, kemudian study pascasarjana di universitas Harvard, dan akhirnya ia memperoleh gelar doktor di bidang yang sama dari university of Michigan, pada tahun 1942.

      Beberapa tahun setelah menyelesaikan studi mereka, dan dalam perjalanan perang dunia II, BRONFEN BRENNER bekerja sebagai psikolog di angkatan bersenjata Angkatan Darat Amerika Serikat. Banyak dari pengalaman ini merupakan dasar penting bagi teori yang nantinya akan berkembang.  Setelah bekerja diketentaraan, ia menagajar di berbagai universitas, tentang psikologi, pengembnagan manusia, studi keluarga, diantara berbagai topic lainnya. Sebagian dari tujuannya selama pengembangan profesionalnya difokuskan bahwa teori tentang perkembangan manusia memili dampak langsung baik pada mahasiswa psikologi,maupun dalam politik dan opini publik pada umumnya.

      Dari sinilah  Bronfen brenner berpartisipasi dalam cara yang penting dalam desain program ,dimana ia berhasil menerjemahkan kedalam bahasa operasi teori –teori tentang perkembangan psikologis , khususnya dibidang perkembangan anak dan sector social ekonomi dari pendapatan rendah diamerika serikat .

     Untuk bronfen brenner ada 5 sistem dasar untuk perkembangan psikologis individu , mulai dari keluarga hingga struktur politik dan ekonomi :

1.      Sistem Mikrosistem 

Ini adalah lingkungan terdekat ini pada dasarnya adalah milik kelompok kami :keluarga , pengasuh , sekolah , lingkungan dan teman sebaya .

2.      Mesosystem

   Ini terdiri dari konektis antara lingkungan mikro sistem yang berbeda , misalnya  antara rumah dan sekolah .

3.      Ekosistem

  Terdiri dari lingkungan yang dianggap skunder , Karena mereka mempengaruhi pembangunan secara tidak langsung . Sebagai contoh tempat orang tua bekerja .

4.      Sistem Makro

 Sistem terkahir ini terdiri dari lingkungan budaya . Kadang – kadang tidak diketahui namun dari situlah aturan perilaku tertentu dihasilkan yang mempengaruhi sistem lain . Contohnya adalah perbedaan budaya antara budaya barat dan non barat , atau perbedaan antara kebijakan dan sistem ekonomi .

5.      Kronologi

  Kronograf terdiri dari pola –pola yang melaluinya perkembangan kita berlangsung sepanjang hidup dan melalui berbagai lingkungan .

B.     TEORI TEORI PSIKOLOGI DALAM PERKEMBANGAN URIE BRONFEN BRENNER

a.       Pengertian ekologi

  Ekologi adalah salah satu cabang dari ilmu biologi yang mempelajari pengaruh dari lingkungan kepada makhluk hidup. Asal kata ekologi adalah dari oikos yang berarti rumah, habitat atau tempat hidup serta dari kata logos yang berrati ilmu. Jadi bisa dinartikan secara arfiah bahwa ekologi adalah pengkajian dari hubungan antara organiseme-organisme atau sekelompok organiseme terhadap lingkungannya, mepelajari apa yang terjadi di alam dan tidak mempelajari melalui eksprimen, dan bukan merupakan bagian dari psikologi eksprimen.

b.      Pengertian ekosistem

      Ekosistem merupakan suatu tatan kesatuan utuh yang menyeluruh di dalam semua unsur lingkungan hidup dan saling mempengaruhi. Di dalam ekosistem terdapat makhluk-makhluk hidup dan lingkungannya dan ekologi yang khas masing-masing. Ekosistem adalah satuan fungsi dasar dalam ekologi, meliputi makhluk hidup dengan lingkungan organisme atau biotik dan abiotic yang saling mempengaruhi. Keduanya di perlukan untuk memelihara kehidupan agar dapat tercapai keseimbangan, keselarasan dan keserasian pada alam di bumi. 

C.     ASPEK-ASPEK DARI TEORI EKOLOGI

         Teori ekologi yang merupakan salah satu dari teori psikologi perkembangan berpendpat bahwa kita akan menghadapi berbagai lingkungnan yang berbeda di sepanjang rentang usia kita yang dapat mempengaruhi perilaku kita dalam berbagai segi. Bronfen brenner membagi beberapa aspek teori ekologi dalam psikologi  perkembangan yang dapat memepengaruhi perkembangan anak yaitu:

1.      Micro sistem

      Lingkungan mikro sistem adalah lingkungan yang paling kecil dan langsung di hadapi anak, yaitu lingkungan dimana ia hidup dan bertemu dengan orang-orang yang berinteraksi secara langsung pengaruh mikro sistem terhadap tumbuh kembang anak berupa teori ekologi dalam psikologi perkembangan bisa di lihat juga dari contoh-contoh macam pola asuh anak menurut psikologi yang sering di terapkan oleh orangtua:

·         Pola otoriter

·         Pola otoritatif

·         Pola permisif

 2. Mesositem

     Mesositem meliputi interaksi antar mikro sistem yang berbeda dimana seorang anak berada . Pada intinya mesosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari mikrosistem dan melibatkan hubungan antara rumah dan sekolah , teman sebaya dan keluarga atau antara keluarga dan sekolah dalam psikologi perkembangan .

  3 .Ekosistem

      Berkaitan dengan hubungan yang mungkin terjadi antara dua atau lebih setting lingkungan , salah satunya kemungkinan bukan lingkungan yang melibatkan seorang anak namun tetap mempengaruhinya walau bagaimanapun . Orang lain atau tempat lain yang tidak berinteraksi secara langsung dengan anak namun tetap dapat mempunyai pengaruh kepada anak mengikuti ekosistem tersebut .

  4.Makrosistem

     Lingkungan yang paling besar dan jauh dari orang –orang dan tempat yang masih dapat memberikan pengaruh signifikan pada anak adalah makrosistem . Lingkungan ini tersusun akan pola budaya dan nilai –nilai sang anak , khususnya keyakinan dan ide dominan anak sebagaimana sistem politik dan ekonomi . Konteks budaya akan melibatkan status social dan ekonomi dari seseorang atau keluarganya , etnis atau ras.  

5.Chronosistem

  Chronosistem memberikan kegunaan dari dimensi waktu yang mempertunjukkan pengaruh akan perubahan dan kontinuitas dalam lingkungan seorang anak . Chronosistem bisa berupa perubahan teransisi dan tingkatan dalam struktur keluarga , status pekerjaan orang tua , perubahan social dalam masyarakat seperti ekonomi dan perang . Mungkin juga melibatkan konteks social budaya yang dapat mempengaruhi seseorang . 


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

      Urie bronfen brenner adalah seorang psikologi Rusia Amerika yang berkontribusi banyak pengetahuan pada teori perkembangan anak. Ia mempertahankan perspektif ,holistik,darimana dia mengusulkan teori sistem ekologis,salah satu kontribusi paling penting  untuk psikologi efolusi. Ada lima sistem dasar untuk perkembangan psikologis individu,mulai dari keluarga hingga struktur politik dan ekonomi yaitu sistem mikro,mesossystem,ekosistem,sistem makro,dan kronologi.

     Teori ekologi yang merupakan salah satu dari teori psikologis perkembangan berpendapat bahwa kita akan menghadapi berbagai lingkungan yang berbeda  disepanjang rentang usia kita yang dapat mempengaruhi perilaku kita dalam berbagai segi.

 

DAFTAR PUSTAKA

Bronfenbrenner, Uri. ―Ecology of the Family As A Context for Human                   Development Research Perspectives.‖ In Developmental Psychology, 1986.

Bronfenbrenner, U., Morris, P. A., The Ecology of Developmental Processes. In W. Damon (Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol. Ed.), dalam Handbook of Child Psychology: Vol. 1: Theoretical Models of Human Development, New York: Wiley, 1986.

.Avin Fadilla Helmi,. “Beberapa Teori Psikologi Lingkungan”. Buletin Psikologi.Tahun VII, No. 2 Desember 1999.

Santrock, John W. 1995. “Life–Span Develompment, Perkembangan Masa Hidup Jilid 1” Jakarta. Erlangga

Berns, R.M. (2004). Child, Family, School, Community: Socialization and Support. Sixth Edition. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.

Bronfenbrenner, U. (2000). Ecological systems story. In A.E. Kazdin (Ed.), Encyclopedia of Psychology (Vol. 3, pp. 129-133). New York: Oxford University press.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR

MAKALAH ILMU AL-JARH WA AT-TA’DIL