MAKALAH TEORI BRONFEN BRENNER
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
TEORI BRONFEN BRENNER
By: Bintang, dkk.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam teorinya Urie Bronfen Brenner memandang bahwa
proses yang pokus utamanya adalah pada konteks social dimana anak tinggal dan
orang –orang yang mempengaruhi perkembangan anak .Dan merupakan sebuah teori
yang menekankan pada pengaruh lingkungan dalam
perkembangan setiap individu dimana perkembangan peserta didik merupakan
hasil interaksi antara alam sekitar dengan peserta didik tersebut .
Teori Etologi atau Ethologi menekankan bahwa perilaku adalah produk dari evolusi dan ditentukan secara biologis . setiap spesies mempelajari adaptasi apa yang penting untuk bertahan hidup dan melalui proses dalam seleksi alam , yang paling baiklah yang mampu hidup untuk mewariskan sifat –sifatnya kepada keturunanya.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana sejarah urie bronfen brenner?
2.
Apa teori psikologi dalam perkembangan urie bronfen Brenner?
3. Apa saja aspek-aspek dari teori ekologi?
C.
Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini tidak lain adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah urie bronfen brenner, teori psikologi dalam perkembangan urie bronfen Brenner, aspek-aspek dari teori ekologi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH URIE BRONFEN BRENNER
Urie bronfen brenner (1917-2005) adalah
seorang psikolog rusia amerika yang berkontribusi banyak pengetahuan pada teori
perkembangan anak. Dia mempertahankan perspektif holistik darimana dia
mengusulkan teori sistem ekologis, salah satu kontribusi paling penting untuk
psikologi evolusi. Urie bronfen brenner lahir di moskow rusia pada 29 april
1917. Pada usia 6 tahun, bronfen brenner pindah bersama
keluarganya ke America serikat, tempat ayahnya bekerja sebagai direktur penelitan institute for mentally handicapped
di new york. Pada tahun 1938, bronfen brenner lulus dengan gelar dalam bidang
psikologi dan music dari cornell university, kemudian study pascasarjana di
universitas Harvard, dan akhirnya ia memperoleh gelar doktor di bidang yang
sama dari university of Michigan, pada tahun 1942.
Beberapa
tahun setelah menyelesaikan studi mereka, dan dalam perjalanan perang dunia II,
BRONFEN BRENNER bekerja sebagai psikolog di angkatan bersenjata Angkatan Darat
Amerika Serikat. Banyak dari pengalaman ini merupakan dasar penting bagi teori
yang nantinya akan berkembang. Setelah
bekerja diketentaraan, ia menagajar di berbagai universitas, tentang psikologi,
pengembnagan manusia, studi keluarga, diantara berbagai topic lainnya. Sebagian
dari tujuannya selama pengembangan profesionalnya difokuskan bahwa teori
tentang perkembangan manusia memili dampak langsung baik pada mahasiswa
psikologi,maupun dalam politik dan opini publik pada umumnya.
Dari sinilah Bronfen brenner berpartisipasi dalam cara
yang penting dalam desain program ,dimana ia berhasil menerjemahkan kedalam
bahasa operasi teori –teori tentang perkembangan psikologis , khususnya
dibidang perkembangan anak dan sector social ekonomi dari pendapatan rendah
diamerika serikat .
Untuk
bronfen brenner ada 5 sistem dasar untuk perkembangan psikologis individu ,
mulai dari keluarga hingga struktur politik dan ekonomi :
1.
Sistem Mikrosistem
Ini adalah lingkungan terdekat ini pada dasarnya
adalah milik kelompok kami :keluarga , pengasuh , sekolah , lingkungan dan
teman sebaya .
2.
Mesosystem
Ini terdiri
dari konektis antara lingkungan mikro sistem yang berbeda , misalnya antara rumah dan sekolah .
3.
Ekosistem
Terdiri dari
lingkungan yang dianggap skunder , Karena mereka mempengaruhi pembangunan
secara tidak langsung . Sebagai contoh tempat orang tua bekerja .
4.
Sistem Makro
Sistem terkahir
ini terdiri dari lingkungan budaya . Kadang – kadang tidak diketahui namun dari
situlah aturan perilaku tertentu dihasilkan yang mempengaruhi sistem lain .
Contohnya adalah perbedaan budaya antara budaya barat dan non barat , atau
perbedaan antara kebijakan dan sistem ekonomi .
5.
Kronologi
Kronograf terdiri dari pola –pola yang melaluinya perkembangan kita berlangsung sepanjang hidup dan melalui berbagai lingkungan .
B.
TEORI TEORI PSIKOLOGI DALAM PERKEMBANGAN URIE BRONFEN BRENNER
a.
Pengertian ekologi
Ekologi adalah salah satu cabang dari ilmu
biologi yang mempelajari pengaruh dari lingkungan kepada makhluk hidup. Asal
kata ekologi adalah dari oikos yang berarti rumah, habitat atau tempat hidup
serta dari kata logos yang berrati ilmu. Jadi bisa dinartikan secara arfiah
bahwa ekologi adalah pengkajian dari hubungan antara organiseme-organisme atau
sekelompok organiseme terhadap lingkungannya, mepelajari apa yang terjadi di
alam dan tidak mempelajari melalui eksprimen, dan bukan merupakan bagian dari psikologi
eksprimen.
b.
Pengertian ekosistem
Ekosistem merupakan suatu tatan kesatuan utuh yang menyeluruh di dalam semua unsur lingkungan hidup dan saling mempengaruhi. Di dalam ekosistem terdapat makhluk-makhluk hidup dan lingkungannya dan ekologi yang khas masing-masing. Ekosistem adalah satuan fungsi dasar dalam ekologi, meliputi makhluk hidup dengan lingkungan organisme atau biotik dan abiotic yang saling mempengaruhi. Keduanya di perlukan untuk memelihara kehidupan agar dapat tercapai keseimbangan, keselarasan dan keserasian pada alam di bumi.
C.
ASPEK-ASPEK DARI TEORI EKOLOGI
Teori
ekologi yang merupakan salah satu dari teori psikologi perkembangan berpendpat
bahwa kita akan menghadapi berbagai lingkungnan yang berbeda di sepanjang
rentang usia kita yang dapat mempengaruhi perilaku kita dalam berbagai segi.
Bronfen brenner membagi beberapa aspek teori ekologi dalam psikologi perkembangan yang dapat memepengaruhi
perkembangan anak yaitu:
1.
Micro sistem
Lingkungan
mikro sistem adalah lingkungan yang paling kecil dan langsung di hadapi anak,
yaitu lingkungan dimana ia hidup dan bertemu dengan orang-orang yang
berinteraksi secara langsung pengaruh mikro sistem terhadap tumbuh kembang anak
berupa teori ekologi dalam psikologi perkembangan bisa di lihat juga dari
contoh-contoh macam pola asuh anak menurut psikologi yang sering di terapkan
oleh orangtua:
·
Pola otoriter
·
Pola otoritatif
·
Pola permisif
2. Mesositem
Mesositem
meliputi interaksi antar mikro sistem yang berbeda dimana seorang anak berada .
Pada intinya mesosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari mikrosistem dan
melibatkan hubungan antara rumah dan sekolah , teman sebaya dan keluarga atau
antara keluarga dan sekolah dalam psikologi perkembangan .
3 .Ekosistem
Berkaitan
dengan hubungan yang mungkin terjadi antara dua atau lebih setting lingkungan ,
salah satunya kemungkinan bukan lingkungan yang melibatkan seorang anak namun
tetap mempengaruhinya walau bagaimanapun . Orang lain atau tempat lain yang
tidak berinteraksi secara langsung dengan anak namun tetap dapat mempunyai
pengaruh kepada anak mengikuti ekosistem tersebut .
4.Makrosistem
Lingkungan
yang paling besar dan jauh dari orang –orang dan tempat yang masih dapat
memberikan pengaruh signifikan pada anak adalah makrosistem . Lingkungan ini
tersusun akan pola budaya dan nilai –nilai sang anak , khususnya keyakinan dan
ide dominan anak sebagaimana sistem politik dan ekonomi . Konteks budaya akan
melibatkan status social dan ekonomi dari seseorang atau keluarganya , etnis
atau ras.
5.Chronosistem
Chronosistem
memberikan kegunaan dari dimensi waktu yang mempertunjukkan pengaruh akan
perubahan dan kontinuitas dalam lingkungan seorang anak . Chronosistem bisa
berupa perubahan teransisi dan tingkatan dalam struktur keluarga , status
pekerjaan orang tua , perubahan social dalam masyarakat seperti ekonomi dan
perang . Mungkin juga melibatkan konteks social budaya yang dapat mempengaruhi
seseorang .
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Urie
bronfen brenner adalah seorang psikologi Rusia Amerika yang berkontribusi
banyak pengetahuan pada teori perkembangan anak. Ia mempertahankan perspektif
,holistik,darimana dia mengusulkan teori sistem ekologis,salah satu kontribusi
paling penting untuk psikologi efolusi.
Ada lima sistem dasar untuk perkembangan psikologis individu,mulai dari
keluarga hingga struktur politik dan ekonomi yaitu sistem
mikro,mesossystem,ekosistem,sistem makro,dan kronologi.
Teori
ekologi yang merupakan salah satu dari teori psikologis perkembangan
berpendapat bahwa kita akan menghadapi berbagai lingkungan yang berbeda disepanjang rentang usia kita yang dapat
mempengaruhi perilaku kita dalam berbagai segi.
DAFTAR PUSTAKA
Bronfenbrenner, Uri. ―Ecology of the Family As A
Context for Human Development
Research Perspectives.‖ In Developmental Psychology, 1986.
Bronfenbrenner, U., Morris, P. A., The Ecology of
Developmental Processes. In W. Damon (Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol.
Ed.), dalam Handbook of Child Psychology: Vol. 1: Theoretical Models of Human
Development, New York: Wiley, 1986.
.Avin Fadilla Helmi,. “Beberapa Teori Psikologi
Lingkungan”. Buletin Psikologi.Tahun VII, No. 2 Desember 1999.
Santrock, John W. 1995. “Life–Span Develompment,
Perkembangan Masa Hidup Jilid 1” Jakarta. Erlangga
Berns, R.M. (2004). Child, Family, School, Community:
Socialization and Support. Sixth Edition. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.
Bronfenbrenner, U. (2000). Ecological systems story.
In A.E. Kazdin (Ed.), Encyclopedia of Psychology (Vol. 3, pp. 129-133). New
York: Oxford University press.
Komentar
Posting Komentar