MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

RPP Kelas VIII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SMP N1 Batang Angkola
Mata Pelajaran            :  Bahasa Inggris
Kelas/ Semester           : VIII
Materi Pokok              :  Teks tulis, pesan singkat, pengumuman/pemberitahuan (notice)
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji dan menalar, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
1.Menjelaskan pengertian maksud dari NOTICE (pemberitahuan) dengan benar
2.Memperhatikan contoh contoh text yang ada di buku
3.Menjelaskan semua materi yang ada di buku tentang pengumuman atau pemberitahuan (notice)

C.       Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kompetensi Dasar
 1.3
 2.3

 3.3
Memahami maksud dan pengertian Notice
Bisa menjelaskan maksud dari notice dan memahami dan mengerti kata kata bahasa inggris yang ada di buku
Bisa membuat sebuah notice yang sederhana
 4.3
Memahami makna dari setiap kosa kata


2.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Ø  Menjelaskan maksud dan arti notice atau pesan singkat
Ø  Memahami notice atau pesan singkat melalui contoh contoh yang ada di buku
Ø  Memahami dari tujuan pembelajaran notice atau pesan singkat
Ø  Mampuh membuat sebuah contoh tentang notice atau pesan singkat

D.  Materi Pembelajaran
a.     Pertemuan 1
1.       Membaca surah pendek sebelum memulai pelajaran
2.         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses  pembelajaran
3.         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan dengan materi yang akan dipelajari
4.         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
                                                       
b.     Kegiatan Inti
1.       Siswa Mengamati penjelasan dari Guru tentang Materi tersebut.
2.       Siswa memberikan contoh dari Materi tersebut.
3.       Siswa belajar mengemukakan pemahamannya tentang Materi tersebut.
4.       Membuat siswa secara berkelompok dan berdiskusi atau secara individu
5.       Siswa mempraktekkan apa yang telah mereka diskusikan dan menyampaikannya

Menanya
1.       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan tentang pemahasan yang kurang dipahaminya.

c.   Penutup
            memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
            menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

A.     Penilaian hasil pembelajaran
Kriteria penilaian Kinerja dan Tugas
      Pencapaian fungsi sosial
      Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata.
      Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
KINERJA (praktik)
      Melakukan tugas tentang contoh recount text
             
b.     Pertemuan 2
·    Melatih kemampuan dalam pemahaman mengenai notice atau pesan singkat
·    Melatih siswa untuk cepat paham dalam memahami pelajaran

E.  Metode Pembelajaran
a.     menerangkan
b.    Tanya Jawab
c.     Praktek

F.   Media / alat Pembelajaran
a.    Buku 
b.    Papan Tulis
c.    picture
G. Sumber Belajar
a.    Buku paket kelas VIII

H.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama:
a.      Pendahuluan (15 menit)
Ø Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
Ø Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil.
Ø Memberikan motivasi pentingnya menyeimbangkan hidup di dunia dan di akhirat.
Ø Memberikan appersepsi pembelajaran
Ø Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.

b.   Kegiatan Inti (105 menit)
Ø  Guru menyajikan penjelasan tentang notice atau pesan singkat
Ø  Guru menjelaskan semua materi yang ada di buku
Ø  Peserta didik menyimak dan membaca penjelasan mengenai notice atau pesan singkat
Ø  Peserta didik membaca dan mengamati materi yang ada di buku.
Ø  Melalui motivasi dari guru, peserta didik  mengajukan pertanyaan tentang hal- hal yang berkenaaan dengan notice
Ø  Peserta didik merumuskan masalah yang akan dipelajari.
Ø  Guru menjelaskan dan memberikan arti dari buku tentang apa saja kosa kata yang tidak dimengerti murid
Ø  Guru memberi kesempatan kepada peserta didik menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan yang disampaikan peserta didik lainnya.
Ø  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan individu dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan
Ø  Murid akan mencari arti kosa kata yang tidak dimengertinya dalam kamus bahasa inggris

c.  Penutup (15 menit)
Ø  Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø  Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu atau kelompok bagi peserta didik.
Ø  Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya yaitu keterkaitan
Ø  Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari berikutnya.
Ø  Guru dan siswa membuat pesan moral yang disepakati bersama.
Ø  Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.


2.      Pertemuan kedua
a.  Pendahuluan (15 menit)
Ø    Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh  seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
Ø  Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil.
Ø  Memberikan motivasi pentingnya menyeimbangkan hidup di dunia dan di akhirat.
Ø  Memberikan appersepsi pembelajaran
Ø  Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
Ø  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

b.  Kegiatan Inti (105 menit)
Ø  Peserta didik menyimak dan mengamati penjelasan tentang notice
Ø  Peserta didik megajukan pertanyaan tentang berbagai macam mengenai notice atau pesan singkat
Ø  Peserta didik membaca dan menanyakan arti kosa kata yang tidak mereka ketahui
Ø  Peserta didik mencari arti kosa kata di kamus bahasa inggris
Ø  Guru membaca perkalimat dan murid mengikuti bersama sama
Ø  Guru dan murid mengartikan perkalimat arti dari peljaran tersebut
Ø  Peserta didik menjawab pertanyaan yang ada di buku

c. Penutup (15 menit)
Ø  Guru memberikan penguatan terhadap materi yang disampaikan
Ø  Bersama-sama peserta didik, guru menarik kesimpulan dari seluruh tampilan
Ø  Guru melakukan post tes terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran
Ø  Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø  Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Ø  Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.
Ø  Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdo’a.

G.   Penilaian, Pengayaan dan Remedial
1.  Sikap
     a.  Teknik Penilaian     : Observasi
     b.  Bentuk Instrumen   : Lembar Observasi
     c.  Instrumen                :


NO.

Aspek Pengamatan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




2.
Mengerjakan tugas yang diberikan




3.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan




4.
Melaksanakan tugas kelompok dengan baik





Pedoman penskoran : Skor yang diperoleh
------------------------ X 100 = ------------
Skor maksimal



2.      Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
b.         Bentuk Instrumen : Isian
c.         Instrumen             :
1.    Apakah pengertian notice?
2.    Apa tujuan dari sebuah notice atau pengumuman?
3.    Buat sebuah contoh tentang notice

Kata kunci:
1.      pengumuman
2.      untuk pemberitahuan kepada seseorang
3.      The flag ceremony will be held on Monday, 17 august. Attendance is compulsory, an exam is in progress. Please be quite

Pedoman Perskoran : 1 Soal skor 2 = 2 X 5 = 10

3.      Keterampilan
a.         Teknik penilaian   : Performance/Praktik
b.         Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.         Instrumen             :


Aspek yang dinilai

Indicator kemampuan

Nilai

Paraf guru
Pemahaman tentang notice atau pesan singkat
Mengerti dan bisa memehami pelajaran mengenai notice atau pesan singkat

100

Bias membuat sebuah notice yang sederhana

90

Bisa memahami maksud dari sebuah notice

80


b.         Pembelajaran Remedial
          Peserta didik yang belum menguasai akan dijelaskan kembali dan akan melakukan penilaian kembali dengan materi soal yang sama

c.         Pembelajaran Pengayaan
                      Peserta didik  diberikan tugas secara individu membuat contoh tentang notice atau pesan singkat (guru mencatat dan memberikan nilai tambahan bagi peserta ddidik yang berhasil)









Sigalangan, 23 Februari 2019

Guru Pamong                                                                                     Mahasiswa PPL
                                                                                                            

Farida Hanum, S.Pd                                                                           Ratih Indah Sai
Nip. 19770907 200801 2 003                                                             Nim. 1520300079





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN