MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

Program Tahunan Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII (Delapan) Pelajaran Bahassa Arab


PROGRAM TAHUNAN

Madrasah                   : Madrasah Tsanawiyah Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                     : Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2016/2017


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah Swt dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
1.2    Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah Swt untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab.
1.3    Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah Swt untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik: السَّاعَة
        baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik: يوميتنا فى المدرسة
        baik secara lisan maupun tertulis.
3.3     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik: يوميتنا فى البيت
       baik secara lisan maupun tertulis.

4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
 السَّاعَة                                     
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
يوميتنا فى المدرسة
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
يوميتنا فى البيت
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Tarkib
أسئلة عن الساعة : الجملة الاسمية : الجملة الفعلية والفاعل المفرد: المفعول به: الجملتان وانواع الجمع

















PROGRAM TAHUNAN

Madrasah                   : Madrasah Tsanawiyah Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                     : Genap
Tahun Pelajaran       : 2016/2017


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah Swt dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
1.2    Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah Swt untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab.
1.3    Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah Swt untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik:
المهنة
       baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik:
اللاعبون الرياضيون
       baik secara lisan maupun tertulis
3.3     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik:
المهنة الطبية
        baik secara lisan maupun tertulis.
3.4     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik:
التداوى
       baik secara lisan maupun tertulis.

4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
المهنة
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
اللاعبون الرياضيون
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
المهنة الطبية
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:
التداوى
       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Tarkib
(أن-لن-ل) + فعل المضارع : المصدر الصريح الفعل الماضى والجملة الفعلية



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN