MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

RPP Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII (Delapan) Mata Pelajaran Bahasa Arab


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                   : Madrasah Tsanawiyah Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                     : Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2016/2017
Alokasi Waktu           : 2x40 menit (1Pertemuan)


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah Swt dalam    berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
3.1. Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, prase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik: السَّاعَة .
4.1. Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik: السَّاعَة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1.      Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
1.1.2.      Menunjukkan kesadaran bahwa percaya diri sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.1.1.      Menunjukkan prilaku jujur dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.1.2.      Menunjukkan prilaku percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
3.1.1.      Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dengan benar .
3.1.2.      Memahami makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah yang dipelajari dari ujaran kata terkait dengan topik: السَّاعَة
3.1.3.      Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsure kaidah yang sedang dipelajari dari ujaran kata sederhana terkait topik السَّاعَة
4.1.1        Menghafalkan makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari terkait topik: السَّاعَة
4.1.2        Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari tentang topik: السَّاعَة
4.1.3        Mencoba mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik: السَّاعَة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.    Materi Pembelajaran
v  Membiasakan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
v  Memberi motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
v  Ujaran (kata, prase atau kalimat) tentang topik السَّاعَة
+ : كَمِ السَّاعَة الآن ؟
- : السَّاعَة الخَامِسَة والنِصْف
Ilustrasi
Jam pukul 05.30
+ : فِي أَيِّ سَاعَة نَذْهَب ؟
- : فِي السَّاعَة السَّادِسَة
Ilustrasi
Jam pukul 06.00
+ : كَمْ سَاعَة نَدْرُس في اليَوْم ؟
- : حَوَالَيْسَبْع سَاعَات
Ilustrasi
Siswa sedang belajar

المفردات والعبا رات
v       سَاعَة    نِصْفُ سَاعَة    رُبُع سَاعَة    ثُلُث سَاعَة  - فِي أَيِّ سَاعَة؟ كَمِ السَّاعَة؟  - كَمْ سَاعَة؟
v       الآن    تَعَال    تَعَالَيْ -  تَعَال نَذْهَب –  تَعَالَيْ نَذْهَب
v       سَيَّارَة    بَعْدَ تَنَاوُلِ الفُطُوْر    أَتَنَاوَلُ الفُطُوْر –يَسْتَغْرِق الذَّهَاب    أَسْتَرِيْح
Ilustrasi
Jam penuh
Ilustrasi
Jam setengah
Ilustrasi
Jam sepertiga
Ilustrasi
Jam seperempat
سَاعَة
نِصْفُ سَاعَة
ثُلُث سَاعَة
رُبُع سَاعَة

Ilustrasi
Siswa sedang shalat

Ilustrasi
Siswa sedang makan
Ilustrasi
Siswa sedang berangkat sekolah
أُصَلِي الصُبْح
أَتَنَاوَل الفُطُوْر
أَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة
تَبَادَل الأَسْئِلَة وَالأَجْوِبَة عَنِ السَّاعَة مَعَ صَدِيْقِك !
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 1
- السَّاعَة الوَاحِدَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 2
- السَّاعَة الثَّانِيَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 3
- السَّاعَة الثَّالِثَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 4
- السَّاعَة الرَّابِعَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 5
- السَّاعَة الخَامِسَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 6
- السَّاعَة السَّادِسَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 7
- السَّاعَة السَّابِعَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 8
- السَّاعَة الثَّامِنَة
+ كَمِ السَّاعَة ؟
Ilustrasi
Jam pukul 9
- السَّاعَة التَّاسِعَة
Pukul … lebih …. ( وَ)
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 06.15
فِي السَّاعَة السَّادِسَة وَالرُّبُع
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 06.30
فِي السَّاعَة السَّادِسَة وَالنِّصْف
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 06.05
فِي السَّاعَة السَّادِسَة وَخَمْسِ دَقَائِق
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 06.10
فِي السَّاعَة السَّادِسَة وَعَشْرِ دَقَائِق


Pukul … kurang ….  (إِلاَّ )
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 6 kurang seperempat
فِي السَّاعَة السَّادِسَة إِلاَّ الرُّبْع
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 6 kurang 5 menit
السَّاعَة السَّادِسَة إِلاَّ خَمْسَ دَقَائِق
نَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة ....
Ilustrasi
Jam pukul 6 kurang 10 menit
السَّاعَة السَّادِسَة إِلاَّ عَشْرَ دَقَائِق

E.     Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas.
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan doa bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif :
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengamati:
v  Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
v  Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
v  Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/ kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
v  Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar
v  Mengamati teks materi tentang jam
Menanya:
v  Menanyakan Tanya jawab sederhana tentang tema /topik yang dipelajari
v  Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis dan lisan
v  Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/ topik
v  Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan
50 Menit
Kegiatan Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya
v  Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majelis.
20 Menit

Pertemuan Kedua
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif:
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengeksplorasi:
v  Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai dengan model ucapan guru/kaset/film
v  Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan topik tentang jam dan kaidah yang sedang dipelajari
v  Menyusun kata, dan kalimat sederhana tentang jam sesuai kaidah yang sedang dipelajari
v  Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan
v  Mencoba mengungkapkan  dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari
50 Menit
Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik
v  Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
20 Menit
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif:
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi untuk jujur dan percaya diri
Mengasosiasikan:
v  Membandingkan penggunaan antara kalimat-kalimat Tanya terkait topik tentang jam
v  Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
v  Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
v  Membedakan penggunaan kata untuk muannas dan mudzakkar
v  Mencari informasi umum/topik/tema dari suatu wacana lisan/tulisan
v  Menemukan makna kata dalam teks
v  Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
50 Menit
Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik
v  Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
20 Menit

Pertemuan Keempat
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif:
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dalam menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengkomunikasikan:
v  Mengungkapkan perintah dan berita
v  Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
v  Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari
v  Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaedah yang dipelajari
v  Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan
v  Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
50 Menit
Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik
v  Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
20 Menit

F.   Penilaian
1.      Teknik Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek
2.      Instrumen Penilaian
a.      Instrumen Penilaian Sikap Spritual dengan teknik Observasi
Indikator:
Menunjukkan  kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugrah Allah dalam berkomukasi
No
Nama Siswa
Aspek Observasi
Total Skor
1
2
3
1





2





3





Keterangan Aspek Pengamatan:
v  Menganggukkan kepala saat ditanya “Apakah bahasa Arab anugerah Allah ?”
v  Mendengarkan khidmad ketika diungkapkan bahasa Arab dihadapannya
v  Menanggapi ketika mendengar ungkapan berbahasa Arab
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
b.      Instrumen Penilaian Sikap Sosial dengan Teknik Penilaian diri
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = Kadang-Kadang, apabila kadang-kadang dilakukan dan sering tidak melakukan
1 = Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan
Contoh Lembar Penilaian Sikap Sosial (Percaya Diri)
Nama Peserta Didik         :……………………..
Kelas                                :……………………..
Tanggal Pengamatan        :……………………..
Materi Pokok                   :……………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah skor




Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 
Contoh: Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir =
 4 = 2,8

Sesuai permendikbud No 81 A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai:
Sangat Baik        : Apabila memperoleh skor : 3,33 < skor < 4, 00
Baik                     : Apabila memperoleh skor : 2,33 < skor < 3, 33
Cukup                 : Apabila memperoleh skor : 1,33 < skor < 2,33
Kurang                : Apabila memperoleh skor : skor < 1,33
Keterangan Rubrik :
1.      Saya ingin tahu ungkapan tentang benda-benda yang ada di lingkungan saya
2.      Saya merasa senang ketika mengetahui ungkapan bahasa Arab sesuai dengan kaidah yang saya pelajari
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
c.         Penilaian tes tulis
d.        Penilaian praktik
Instrumen soal:
Pedoman penskoran:
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan informasi
1-4
a.       Kesesuaian informasi dan gambar sudah tepat
4
b.      Kesesuaian informasi dan gambar cukup tepat
3
c.       Kesesuaian informasi dan gambar kurang tepat
2
d.      Kesesuaian informasi dan gambar tidak tepat
1
2
Intonasi
1-4
a.       Intonasi sudah baik dan tepat
4
b.      Intonasi cukup baik dan cukup tepat
3
c.       Intonasi kurang baik dan kurang tepat
2
d.      Intonasi sudah baik dan tidak tepat
1
3
Kelancaran Ujaran
1-4
a.       Penyampaian ungkapan lancar dan jelas
4
b.      Penyampaian ungkapan cukup lancar dan cukup jelas
3
c.       Penyampaian ungkapan kurang lancar dan kurang jelas
2
d.      Penyampaian ungkapan tidak lancar dan tidak jelas
1
SKOR MAKSIMAL
12

Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan x 100 = ………… x 100 = …………
      Jumlah Skor Maksimal                      12

G.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Papan tulis, Spidol dan benda-benda di lingkungan peserta didik
2.      Sumber Pembelajaran
v  Buku siswa bahasa Arab kelas VIII Kementrian Agama RI
v  Internet/CD
H.      Pengayaan dan Remedial
1.      Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah dipersiapkan. Baik berupa gambar yang menceritakan topik atau guru membuat kartu-kartu yang bertuliskan dialog السَّاعَة atau membuat lagu-lagu yang semakin memudahkan bagi peserta didik untuk menghafal ungkapan-ungkapan yang terkait  topik.
Guru diharapkan mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
2.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan penjelasan kembali terkait materi topik (السَّاعَة) guru melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan.

Padangsidimpuan,   Juli 2016
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah,                                                       Bahasa Arab



(Khoirun Siregar, S.Pd)                                              (Syafri Martabe Rizka Nst, S.Pd.I)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                   : Madrasah Tsanawiyah Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                     : Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2016/2017
Alokasi Waktu           : 4 X 40 menit (2 Pertemuan)


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1.    Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah Swt dalam      berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
2.1.    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
3.1. Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, prase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik: يوميتنا فى المدرسة
4.1. Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik: يوميتنا فى المدرسة dengan memperhatikan struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1.      Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
1.1.2.      Menunjukkan kesadaran bahwa percaya diri sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
2.1.1.      Menunjukkan prilaku jujur dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
2.1.2.      Menunjukkan prilaku percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
3.1.1.      Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dengan benar .
3.1.2.      Memahami makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah yang dipelajari dari ujaran kata terkait dengan topik: يوميتنا فى المدرسة
3.1.3.      Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsure kaidah yang sedang dipelajari dari ujaran kata sederhana terkait topik يوميتنا فى المدرسة
4.1.1.      Menghafalkan makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari terkait topik: يوميتنا فى المدرسة
4.1.2.      Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari tentang topik: يوميتنا فى المدرسة
4.1.3.      Mencoba mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik:  يوميتنا فى المدرسة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.    Materi Pembelajaran
v  Membiasakan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
v  Memberi motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
v  Ujaran (kata, prase atau kalimat) tentang topik يوميتنا فى المدرسة

الدرس الثاني
يومياتنا في المدرسة
المَوَادّالدراسيّة المُقَرَّرَة
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Bahasa Arab

Ilustrasi
Buku Pelajaran
Aqidah Akhlak
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Al-Qur’an Hadits

Ilustrasi
Buku Pelajaran
Bahasa Indonesia
اللُّغَة العَرَبِيَّة
العَقِيْدَة والأَخْلاَق
القُرْآن والحَدِيث
اللُّغَة الإِنْدُوْنِيْسِيَّة
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Matematika
Ilustrasi
Buku Pelajaran
SKI

Ilustrasi
Buku Pelajaran
Bahasa Inggris
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Fiqh
الرِّيَاضِيَات
تَارِيْخ الحَضَارَة الإِسْلاَمِيَّة
اللُّغَة الإِنْجِلِيْزِيَّة
الفِقْه

Ilustrasi
Buku Pelajaran
IPS
Ilustrasi
Buku Pelajaran
IPA


العُلُوْم الاجْتِمَاعِيَة
العُلُوْم الطَّبِيْعِيَّة


Ilustrasi
Perpustakaan
Ilustrasi
Laboratorium IPA
Ilustrasi
Laboratorium Bahasa
المَكْتَبَة
مَعْمَلُ العُلُوْم
مَعْمَلُ اللُّغَات

المفردات والعبـا رات
أوَّلاً - المَوَاد المُقَرَّرَة، مِنْهَا :
* التَرْبِية الدِّيْنِيَّة:العَقِيْدَة والأَخْلاَق - التَّفْسِيْر وَالحَدِيْث - الفِقْه –تَارِيْخُالحَضَارَةالإِسْلاَمِيَّة
* الرِّيَاضِيَات–العُلُوْم الطَّبِيْعِيَّة –العُلُوْم الاجْتِمَاعِيَة
* اللُّغَات : اللُّغَة العَرَبِيَّة - اللُّغَة الإِنْجِلِيْزِيَّة - اللُّغَة الإِنْدُوْنِيْسِيَّة
ثانيا –العبارات     
نَدْرُس سِتَّةَ أَيَّام فِي الأُسْبُوْع
-          نَدْرُس حَوَالَيْ ثَمَانِيَ حِصَص فِي اليَوْم
-          نَسْتَرِيْح لِمُدَّةِ رُبُعِ سَاعَة - نَسْتَرِيْح قَلِيْلاً
-          تَبْدَأ الاِسْتِرَاحَة – تَنْتَهِي الاِسْتِرَاحَة
-          نَرْجِع إِلَى الصَّفّ مَرَّة ثَانِيَة
-          نَقْرَأ القِصَّة فِي الـمَكْتَبَة أَحْيَانًا -  نَتَحَدَّث العَرَبِيَّة جَيِّدًا
-          نَسْتَعِيْر الكُتُب فِي الـمَكْتَبَة أَحْيَانًا أُخْرَى - نَرْجِع إِلَى البَيْت

E.       Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas.
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan doa bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif :
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengamati:
v  Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
v  Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
v  Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/ kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
v  Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar
v  Mengamati teks materi tentang aktivitas di sekolah
Menanya:
v  Menanyakan tanya jawab sederhana tentang tema /topik yang dipelajari
v  Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis dan lisan
v  Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/ topik
v  Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan

50 Menit
Kegiatan Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya
v  Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majelis.
20 Menit
     Pertemuan Kedua
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif:
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengeksplorasi:
v  Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai dengan model ucapan guru/kaset/film
v  Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan topik tentang aktivitas di sekolah dan kaidah yang sedang dipelajari
v  Menyusun kata, dan kalimat sederhana tentang aktivitas di sekolah sesuai kaidah yang sedang dipelajari
v  Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan
v  Mencoba mengungkapkan  dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari
50 Menit
Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik
v  Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
20 Menit

Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif:
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi untuk jujur dan percaya diri
Mengasosiasikan:
v  Membandingkan penggunaan antara kalimat-kalimat tanya terkait topik tentang aktivitas di sekolah
v  Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
v  Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
v  Membedakan penggunaan jumlah ismiyah dan fi’liyah
v  Mencari informasi umum/topik/tema dari suatu wacana lisan/tulisan
v  Menemukan makna kata dalam teks
v  Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
50 Menit
Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik
v  Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
20 menit
     Pertemuan Keempat
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
v  Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v  Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v  Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
10 Menit
Kegiatan Inti
Afektif:
v  Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dalam menggunakan bahasa Arab
v  Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengkomunikasikan:
v  Mengungkapkan perintah dan berita
v  Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
v  Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari
v  Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaedah yang dipelajari
v  Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan
v  Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
50 Menit
Penutup
v  Guru memberikan penguatan materi ajar
v  Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik
v  Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v  Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
20 Menit

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek
2.      Instrumen Penilaian
a.      Instrumen Penilaian Sikap Spritual dengan teknik Observasi
Indikator:
Menunjukkan  kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugrah Allah dalam berkomukasi
No
Nama Siswa
Aspek Observasi
Total Skor
1
2
3
1





2





3





Keterangan Aspek Pengamatan:
v  Menganggukkan kepala saat ditanya “Apakah bahasa Arab anugerah Allah ?”
v  Mendengarkan khidmad ketika diungkapkan bahasa Arab dihadapannya
v  Menanggapi ketika mendengar ungkapan berbahasa Arab
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
b.      Instrumen Penilaian Sikap Sosial dengan Teknik Penilaian diri
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = Kadang-Kadang, apabila kadang-kadang dilakukan dan sering tidak melakukan
1 = Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan

Contoh Lembar Penilaian Sikap Sosial (Percaya Diri)
Nama Peserta Didik         :……………………..
Kelas                                :……………………..
Tanggal Pengamatan        :……………………..
Materi Pokok                   :……………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah skor




Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir =
 4 = 2,8
Sesuai Permendikbud No 81 A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai:
Sangat Baik        : Apabila memperoleh skor : 3,33 < skor < 4, 00
Baik                     : Apabila memperoleh skor : 2,33 < skor < 3, 33
Cukup                 : Apabila memperoleh skor : 1,33 < skor < 2,33
Kurang                : Apabila memperoleh skor : skor < 1,33
Keterangan Rubrik :
1.      Saya ingin tahu ungkapan tentang benda-benda yang ada di lingkungan saya
2.      Saya merasa senang ketika mengetahui ungkapan bahasa Arab sesuai dengan kaidah yang saya pelajari
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)

c.         Penilaian Tes Tulis
d.        Penilaian Praktik
Instrumen soal:
Pedoman penskoran:
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan informasi
1-4
a.    Kesesuaian informasi dan gambar sudah tepat
4
b.    Kesesuaian informasi dan gambar cukup tepat
3
c.    Kesesuaian informasi dan gambar kurang tepat
2
d.   Kesesuaian informasi dan gambar tidak tepat
1
2
Intonasi
1-4
a.    Intonasi sudah baik dan tepat
4
b.    Intonasi cukup baik dan cukup tepat
3
c.    Intonasi kurang baik dan kurang tepat
2
d.   Intonasi sudah baik dan tidak tepat
1
3
Kelancaran Ujaran
1-4
a.    Penyampaian ungkapan lancar dan jelas
4
b.    Penyampaian ungkapan cukup lancar dan cukup jelas
3
c.    Penyampaian ungkapan kurang lancar dan kurang jelas
2
d.   Penyampaian ungkapan tidak lancar dan tidak jelas
1
SKOR MAKSIMAL
12

Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan x 100 = ………… x 100 = …………
     Jumlah Skor Maksimal                       12
G.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Papan tulis, Spidol dan benda-benda di lingkungan peserta didik
2.      Sumber Pembelajaran
v  Buku siswa bahasa Arab kelas VIII Kementrian Agama RI
v  Internet/CD
H.      Pengayaan dan Remedial
1.      Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah dipersiapkan. Baik berupa gambar yang menceritakan topik atau guru membuat kartu-kartu yang bertuliskan dialog يوميتنا فى المدرسة atau membuat lagu-lagu yang semakin memudahkan bagi peserta didik untuk menghafal ungkapan-ungkapan yang terkait  topik.
Guru diharapkan mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
2.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan penjelasan kembali terkait materi topik (يوميتنا فى المدرسة) guru melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan.

     Padangsidimpuan,   Juli 2016
Mengetahui                                                                      Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah,                                                            Bahasa Arab



(Khoirun Siregar, S.Pd)                                                  (Syafri Martabe Rizka Nst, S.Pd.I)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN