RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
Madrasah Tsanawiyah Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas :
VIII (Delapan)
Semester :
Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Alokasi Waktu :
2x40 menit (1Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah Swt dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan madrasah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah.
3.1. Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, prase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik:
السَّاعَة .
4.1. Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik: السَّاعَة dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
1.1.1. Menunjukkan kesadaran bahwa
kejujuran sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
1.1.2. Menunjukkan kesadaran bahwa
percaya diri sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.1.1. Menunjukkan prilaku jujur dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.1.2. Menunjukkan prilaku percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
3.1.1. Membedakan bunyi dan makna kalimat
ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dengan benar .
3.1.2. Memahami makna kalimat sesuai
dengan unsur kaidah yang dipelajari dari ujaran kata terkait dengan topik: السَّاعَة
3.1.3. Mengidentifikasi kalimat sesuai
dengan unsure kaidah yang sedang dipelajari dari ujaran kata sederhana terkait
topik السَّاعَة
4.1.1
Menghafalkan makna kalimat sesuai dengan
unsur kaidah yang sedang dipelajari terkait topik: السَّاعَة
4.1.2
Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan
tulisan sesuai dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari tentang topik: السَّاعَة
4.1.3
Mencoba mendemonstrasikan ungkapan informasi
lisan dan tulisan sederhana tentang topik: السَّاعَة dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
v Membiasakan peserta didik untuk
jujur dan percaya diri
v Memberi motivasi peserta didik
untuk jujur dan percaya diri
v Ujaran (kata, prase atau kalimat)
tentang topik السَّاعَة
+ : كَمِ السَّاعَة الآن ؟
- : السَّاعَة الخَامِسَة والنِصْف
|
Ilustrasi
Jam pukul 05.30
|
+ : فِي أَيِّ سَاعَة نَذْهَب ؟
- : فِي السَّاعَة السَّادِسَة
|
Ilustrasi
Jam pukul 06.00
|
+ : كَمْ سَاعَة نَدْرُس في اليَوْم ؟
- : حَوَالَيْسَبْع سَاعَات
|
Ilustrasi
Siswa sedang
belajar
|
المفردات
والعبا رات
v
سَاعَة –
نِصْفُ سَاعَة – رُبُع سَاعَة
– ثُلُث سَاعَة - فِي أَيِّ سَاعَة؟ كَمِ السَّاعَة؟ - كَمْ سَاعَة؟
v
الآن –
تَعَال – تَعَالَيْ -
تَعَال نَذْهَب – تَعَالَيْ نَذْهَب
v
سَيَّارَة –
بَعْدَ تَنَاوُلِ الفُطُوْر – أَتَنَاوَلُ الفُطُوْر –يَسْتَغْرِق الذَّهَاب – أَسْتَرِيْح
Ilustrasi
Jam penuh
|
Ilustrasi
Jam setengah
|
Ilustrasi
Jam sepertiga
|
Ilustrasi
Jam seperempat
|
سَاعَة
|
نِصْفُ سَاعَة
|
ثُلُث سَاعَة
|
رُبُع سَاعَة
|
Ilustrasi
Siswa sedang shalat
|
Ilustrasi
Siswa sedang makan
|
Ilustrasi
Siswa sedang berangkat sekolah
|
أُصَلِي الصُبْح
|
أَتَنَاوَل
الفُطُوْر
|
أَذْهَب إِلَى الـمَدْرَسَة
|
تَبَادَل الأَسْئِلَة وَالأَجْوِبَة عَنِ
السَّاعَة مَعَ صَدِيْقِك !
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 1
|
- السَّاعَة
الوَاحِدَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 2
|
- السَّاعَة
الثَّانِيَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 3
|
- السَّاعَة الثَّالِثَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 4
|
- السَّاعَة الرَّابِعَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 5
|
- السَّاعَة الخَامِسَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 6
|
- السَّاعَة السَّادِسَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 7
|
- السَّاعَة السَّابِعَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 8
|
- السَّاعَة الثَّامِنَة
|
+ كَمِ السَّاعَة ؟
|
Ilustrasi
Jam pukul 9
|
- السَّاعَة التَّاسِعَة
|
Pukul … lebih
…. ( وَ)
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 06.15
|
فِي السَّاعَة السَّادِسَة
وَالرُّبُع
|
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 06.30
|
فِي السَّاعَة السَّادِسَة
وَالنِّصْف
|
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 06.05
|
فِي
السَّاعَة السَّادِسَة وَخَمْسِ دَقَائِق
|
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 06.10
|
فِي السَّاعَة السَّادِسَة
وَعَشْرِ دَقَائِق
|
Pukul … kurang …. (إِلاَّ )
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 6 kurang seperempat
|
فِي السَّاعَة السَّادِسَة
إِلاَّ الرُّبْع
|
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 6 kurang 5 menit
|
السَّاعَة السَّادِسَة إِلاَّ
خَمْسَ دَقَائِق
|
نَذْهَب
إِلَى الـمَدْرَسَة ....
|
Ilustrasi
Jam pukul 6 kurang 10 menit
|
السَّاعَة
السَّادِسَة إِلاَّ عَشْرَ دَقَائِق
|
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan
ruang kelas.
v
Mengajak semua siswa untuk memulai
pembelajaran dengan doa bersama
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan
aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif :
v
Guru membiasakan peserta didik agar
bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur
dan percaya diri
Mengamati:
v
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran
dengan tepat
v
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya
mirip
v
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/ kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
v
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar
v
Mengamati teks materi tentang jam
Menanya:
v
Menanyakan Tanya jawab sederhana tentang
tema /topik yang dipelajari
v
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana
secara tertulis dan lisan
v
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema/ topik
v
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami
kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan
|
50 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
v
Guru memberikan penguatan materi ajar
v
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang
oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya
v
Guru menyampaikan tentang proses
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
v
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup
majelis.
|
20 Menit
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Mengajak semua siswa untuk
menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v Mengajak semua siswa untuk
memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v Guru menyampaikan sistem,
kriteria dan aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif:
v
Guru membiasakan peserta didik agar
bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur
dan percaya diri
Mengeksplorasi:
v Melafalkan kalimat sesuai dengan
yang diperdengarkan sesuai dengan model ucapan guru/kaset/film
v Merangkaikan kata menjadi
kalimat sesuai dengan topik tentang jam dan kaidah yang sedang dipelajari
v Menyusun kata, dan kalimat
sederhana tentang jam sesuai kaidah yang sedang dipelajari
v Melafalkan kalimat sesuai dengan
yang diperdengarkan
v Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah
yang dipelajari
|
50 Menit
|
Penutup
|
v Guru memberikan penguatan materi
ajar
v Guru menyampaikan tugas yang
dibawa pulang oleh peserta didik
v Guru menyampaikan tentang
pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v Guru bersama-sama siswa membaca
doa penutup majlis
|
20 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Mengajak semua siswa untuk
menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v Mengajak semua siswa untuk
memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
v Guru menyampaikan sistem,
kriteria dan aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif:
v Guru membiasakan peserta didik
agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa
Arab
v Guru memotivasi untuk jujur dan
percaya diri
Mengasosiasikan:
v Membandingkan penggunaan antara
kalimat-kalimat Tanya terkait topik tentang jam
v Menemukan makna kata dalam teks
sesuai tema/topik yang dipelajari
v Menyimpulkan isi wacana lisan
maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
v
Membedakan penggunaan kata untuk muannas
dan mudzakkar
v
Mencari informasi umum/topik/tema dari
suatu wacana lisan/tulisan
v
Menemukan makna kata dalam teks
v
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun
tulisan
|
50 Menit
|
Penutup
|
v Guru memberikan penguatan materi
ajar
v Guru menyampaikan tugas yang
dibawa pulang oleh peserta didik
v Guru menyampaikan tentang
pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v Guru bersama-sama siswa membaca
doa penutup majlis
|
20 Menit
|
Pertemuan Keempat
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Mengajak semua siswa untuk
menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v Mengajak semua siswa untuk
memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
v Guru menyampaikan sistem,
kriteria dan aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif:
v Guru membiasakan peserta didik
agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dalam menggunakan
bahasa Arab
v Guru memotivasi peserta didik
untuk jujur dan percaya diri
Mengkomunikasikan:
v Mengungkapkan perintah dan
berita
v Menyampaikan isi wacana tulis
sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
v Menyusun kata/frase yang
tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari
v Menyusun karangan sederhana
sesuai tema/topik sesuai kaedah yang dipelajari
v Menyampaikan isi wacana sesuai
tema/topik secara lisan maupun tulisan
v Menghafal kosa kata baru sesuai
tema/topik
|
50 Menit
|
Penutup
|
v Guru memberikan penguatan materi
ajar
v Guru menyampaikan tugas yang
dibawa pulang oleh peserta didik
v Guru menyampaikan tentang
pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v Guru bersama-sama siswa membaca
doa penutup majlis
|
20 Menit
|
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen Penilaian Sikap Spritual
dengan teknik Observasi
Indikator:
Menunjukkan
kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugrah Allah dalam
berkomukasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Observasi
|
Total Skor
|
1
|
2
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek Pengamatan:
v
Menganggukkan kepala saat ditanya “Apakah
bahasa Arab anugerah Allah ?”
v
Mendengarkan khidmad ketika diungkapkan
bahasa Arab dihadapannya
v
Menanggapi ketika mendengar ungkapan
berbahasa Arab
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3
jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
b. Instrumen Penilaian Sikap Sosial
dengan Teknik Penilaian diri
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = Kadang-Kadang, apabila kadang-kadang dilakukan dan
sering tidak melakukan
1 = Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan
Contoh Lembar Penilaian Sikap Sosial (Percaya Diri)
Nama Peserta Didik :……………………..
Kelas :……………………..
Tanggal Pengamatan :……………………..
Materi Pokok :……………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani berpendapat, bertanya atau menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa
ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Contoh: Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan
= 20, maka skor akhir =
4 = 2,8
Sesuai permendikbud No 81 A Tahun 2013 peserta didik
memperoleh nilai:
Sangat Baik :
Apabila memperoleh skor : 3,33 < skor < 4, 00
Baik :
Apabila memperoleh skor : 2,33 < skor < 3, 33
Cukup :
Apabila memperoleh skor : 1,33 < skor < 2,33
Kurang :
Apabila memperoleh skor : skor < 1,33
Keterangan Rubrik :
1. Saya ingin tahu ungkapan tentang
benda-benda yang ada di lingkungan saya
2. Saya merasa senang ketika
mengetahui ungkapan bahasa Arab sesuai dengan kaidah yang saya pelajari
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3
jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
c.
Penilaian tes tulis
d.
Penilaian praktik
Instrumen soal:
Pedoman penskoran:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan informasi
|
1-4
|
a. Kesesuaian informasi dan gambar
sudah tepat
|
4
|
b. Kesesuaian informasi dan gambar
cukup tepat
|
3
|
c. Kesesuaian informasi dan gambar
kurang tepat
|
2
|
d. Kesesuaian informasi dan gambar
tidak tepat
|
1
|
2
|
Intonasi
|
1-4
|
a. Intonasi sudah baik dan tepat
|
4
|
b. Intonasi cukup baik dan cukup
tepat
|
3
|
c. Intonasi kurang baik dan kurang
tepat
|
2
|
d. Intonasi sudah baik dan tidak
tepat
|
1
|
3
|
Kelancaran Ujaran
|
1-4
|
a. Penyampaian ungkapan lancar dan
jelas
|
4
|
b. Penyampaian ungkapan cukup
lancar dan cukup jelas
|
3
|
c. Penyampaian ungkapan kurang
lancar dan kurang jelas
|
2
|
d. Penyampaian ungkapan tidak
lancar dan tidak jelas
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
12
|
Nilai Akhir = Jumlah Nilai
Perolehan x 100 = ………… x 100 = …………
Jumlah Skor Maksimal 12
G. Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
1. Media
Papan tulis, Spidol dan benda-benda di lingkungan peserta
didik
2. Sumber Pembelajaran
v
Buku siswa bahasa Arab kelas VIII Kementrian
Agama RI
v
Internet/CD
H. Pengayaan dan Remedial
1. Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi
pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah dipersiapkan. Baik
berupa gambar yang menceritakan topik atau guru membuat kartu-kartu yang
bertuliskan dialog السَّاعَة atau membuat
lagu-lagu yang semakin memudahkan bagi peserta didik untuk menghafal
ungkapan-ungkapan yang terkait topik.
Guru diharapkan mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
2. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi
pembelajaran, hendaknya mendapatkan penjelasan kembali terkait materi topik (السَّاعَة) guru
melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan
remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan.
Padangsidimpuan, Juli 2016
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Madrasah, Bahasa Arab
(Khoirun Siregar, S.Pd) (Syafri
Martabe Rizka Nst, S.Pd.I)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
Madrasah Tsanawiyah Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas :
VIII (Delapan)
Semester :
Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Alokasi Waktu :
4 X 40 menit (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1.
Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya
diri sebagai anugerah Allah Swt dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan madrasah.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
3.1. Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, prase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik:
يوميتنا فى المدرسة
4.1. Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik: يوميتنا فى المدرسة dengan memperhatikan struktur teks
dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
1.1.1. Menunjukkan kesadaran bahwa
kejujuran sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan madrasah.
1.1.2. Menunjukkan kesadaran bahwa
percaya diri sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan madrasah.
2.1.1. Menunjukkan prilaku jujur dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
2.1.2. Menunjukkan prilaku percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah.
3.1.1. Membedakan bunyi dan makna kalimat
ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dengan benar .
3.1.2. Memahami makna kalimat sesuai
dengan unsur kaidah yang dipelajari dari ujaran kata terkait dengan topik: يوميتنا فى المدرسة
3.1.3. Mengidentifikasi kalimat sesuai
dengan unsure kaidah yang sedang dipelajari dari ujaran kata sederhana terkait
topik يوميتنا فى المدرسة
4.1.1. Menghafalkan makna kalimat sesuai
dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari terkait topik: يوميتنا فى المدرسة
4.1.2. Mengungkapkan kalimat dengan lisan
dan tulisan sesuai dengan unsur kaidah yang sedang dipelajari tentang topik: يوميتنا فى المدرسة
4.1.3. Mencoba mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik: يوميتنا فى المدرسة dengan memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
v Membiasakan peserta didik untuk
jujur dan percaya diri
v Memberi motivasi peserta didik
untuk jujur dan percaya diri
v Ujaran (kata, prase atau kalimat)
tentang topik يوميتنا فى المدرسة
الدرس الثاني
|
يومياتنا في المدرسة
|
المَوَادّالدراسيّة المُقَرَّرَة
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Bahasa Arab
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Aqidah Akhlak
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Al-Qur’an Hadits
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Bahasa Indonesia
|
اللُّغَة
العَرَبِيَّة
|
العَقِيْدَة
والأَخْلاَق
|
القُرْآن
والحَدِيث
|
اللُّغَة
الإِنْدُوْنِيْسِيَّة
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Matematika
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
SKI
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Bahasa Inggris
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
Fiqh
|
الرِّيَاضِيَات
|
تَارِيْخ الحَضَارَة الإِسْلاَمِيَّة
|
اللُّغَة
الإِنْجِلِيْزِيَّة
|
الفِقْه
|
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
IPS
|
Ilustrasi
Buku Pelajaran
IPA
|
|
|
العُلُوْم
الاجْتِمَاعِيَة
|
العُلُوْم
الطَّبِيْعِيَّة
|
|
Ilustrasi
Perpustakaan
|
Ilustrasi
Laboratorium
IPA
|
Ilustrasi
Laboratorium
Bahasa
|
المَكْتَبَة
|
مَعْمَلُ
العُلُوْم
|
مَعْمَلُ
اللُّغَات
|
المفردات والعبـا رات
أوَّلاً - المَوَاد المُقَرَّرَة، مِنْهَا :
* التَرْبِية الدِّيْنِيَّة:العَقِيْدَة والأَخْلاَق
- التَّفْسِيْر وَالحَدِيْث - الفِقْه –تَارِيْخُالحَضَارَةالإِسْلاَمِيَّة
* الرِّيَاضِيَات–العُلُوْم الطَّبِيْعِيَّة –العُلُوْم
الاجْتِمَاعِيَة
* اللُّغَات : اللُّغَة العَرَبِيَّة - اللُّغَة
الإِنْجِلِيْزِيَّة - اللُّغَة الإِنْدُوْنِيْسِيَّة
ثانيا –العبارات
نَدْرُس سِتَّةَ أَيَّام فِي الأُسْبُوْع
-
نَدْرُس حَوَالَيْ ثَمَانِيَ حِصَص
فِي اليَوْم
-
نَسْتَرِيْح لِمُدَّةِ رُبُعِ
سَاعَة - نَسْتَرِيْح قَلِيْلاً
-
تَبْدَأ الاِسْتِرَاحَة – تَنْتَهِي
الاِسْتِرَاحَة
-
نَرْجِع إِلَى الصَّفّ مَرَّة
ثَانِيَة
-
نَقْرَأ القِصَّة فِي الـمَكْتَبَة
أَحْيَانًا - نَتَحَدَّث العَرَبِيَّة
جَيِّدًا
-
نَسْتَعِيْر الكُتُب فِي الـمَكْتَبَة
أَحْيَانًا أُخْرَى - نَرْجِع إِلَى البَيْت
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan
mengkondisikan ruang kelas.
v
Mengajak semua siswa untuk memulai
pembelajaran dengan doa bersama
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
v
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan
aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif :
v
Guru membiasakan peserta didik agar
bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur
dan percaya diri
Mengamati:
v
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran
dengan tepat
v
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya
mirip
v
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/ kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
v
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar
v
Mengamati teks materi tentang aktivitas di
sekolah
Menanya:
v
Menanyakan tanya jawab sederhana tentang
tema /topik yang dipelajari
v
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana
secara tertulis dan lisan
v
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema/ topik
v
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami
kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan
|
50 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
v
Guru memberikan penguatan materi ajar
v
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang
oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya
v
Guru menyampaikan tentang proses
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
v
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup
majelis.
|
20 Menit
|
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Mengajak semua siswa untuk
menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v Mengajak semua siswa untuk
memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
v Guru menyampaikan sistem,
kriteria dan aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif:
v
Guru membiasakan peserta didik agar
bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
v
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur
dan percaya diri
Mengeksplorasi:
v Melafalkan kalimat sesuai dengan
yang diperdengarkan sesuai dengan model ucapan guru/kaset/film
v Merangkaikan kata menjadi
kalimat sesuai dengan topik tentang aktivitas di sekolah dan kaidah yang
sedang dipelajari
v Menyusun kata, dan kalimat
sederhana tentang aktivitas di sekolah sesuai kaidah yang sedang dipelajari
v Melafalkan kalimat sesuai dengan
yang diperdengarkan
v Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah
yang dipelajari
|
50 Menit
|
Penutup
|
v Guru memberikan penguatan materi
ajar
v Guru menyampaikan tugas yang
dibawa pulang oleh peserta didik
v Guru menyampaikan tentang
pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v Guru bersama-sama siswa membaca
doa penutup majlis
|
20 Menit
|
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Mengajak semua siswa untuk
menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v Mengajak semua siswa untuk
memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
v Guru menyampaikan sistem,
kriteria dan aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif:
v Guru membiasakan peserta didik
agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa
Arab
v Guru memotivasi untuk jujur dan
percaya diri
Mengasosiasikan:
v Membandingkan penggunaan antara
kalimat-kalimat tanya terkait topik tentang aktivitas di sekolah
v Menemukan makna kata dalam teks
sesuai tema/topik yang dipelajari
v Menyimpulkan isi wacana lisan
maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
v
Membedakan penggunaan jumlah ismiyah dan
fi’liyah
v
Mencari informasi umum/topik/tema dari
suatu wacana lisan/tulisan
v
Menemukan makna kata dalam teks
v
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun
tulisan
|
50 Menit
|
Penutup
|
v Guru memberikan penguatan materi
ajar
v Guru menyampaikan tugas yang
dibawa pulang oleh peserta didik
v Guru menyampaikan tentang
pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v Guru bersama-sama siswa membaca
doa penutup majlis
|
20 menit
|
Pertemuan Keempat
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Mengajak semua siswa untuk
menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
v Mengajak semua siswa untuk
memulai pembelajaran dengan do’a bersama
v Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
v Guru menyampaikan sistem,
kriteria dan aspek penilaian
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Afektif:
v Guru membiasakan peserta didik
agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dalam menggunakan
bahasa Arab
v Guru memotivasi peserta didik
untuk jujur dan percaya diri
Mengkomunikasikan:
v Mengungkapkan perintah dan
berita
v Menyampaikan isi wacana tulis
sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
v Menyusun kata/frase yang
tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari
v Menyusun karangan sederhana
sesuai tema/topik sesuai kaedah yang dipelajari
v Menyampaikan isi wacana sesuai
tema/topik secara lisan maupun tulisan
v Menghafal kosa kata baru sesuai
tema/topik
|
50 Menit
|
Penutup
|
v Guru memberikan penguatan materi
ajar
v Guru menyampaikan tugas yang
dibawa pulang oleh peserta didik
v Guru menyampaikan tentang
pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
v Guru bersama-sama siswa membaca doa
penutup majlis
|
20 Menit
|
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen Penilaian Sikap Spritual
dengan teknik Observasi
Indikator:
Menunjukkan
kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugrah Allah dalam
berkomukasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Observasi
|
Total Skor
|
1
|
2
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek Pengamatan:
v
Menganggukkan kepala saat ditanya “Apakah
bahasa Arab anugerah Allah ?”
v
Mendengarkan khidmad ketika diungkapkan
bahasa Arab dihadapannya
v
Menanggapi ketika mendengar ungkapan
berbahasa Arab
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3
jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
b. Instrumen Penilaian Sikap Sosial
dengan Teknik Penilaian diri
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = Kadang-Kadang, apabila kadang-kadang dilakukan dan
sering tidak melakukan
1 = Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan
Contoh Lembar Penilaian Sikap Sosial (Percaya Diri)
Nama Peserta Didik :……………………..
Kelas :……………………..
Tanggal Pengamatan :……………………..
Materi Pokok :……………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20,
maka skor akhir =
4 = 2,8
Sesuai Permendikbud No 81 A Tahun 2013 peserta didik
memperoleh nilai:
Sangat Baik :
Apabila memperoleh skor : 3,33 < skor < 4, 00
Baik :
Apabila memperoleh skor : 2,33 < skor < 3, 33
Cukup :
Apabila memperoleh skor : 1,33 < skor < 2,33
Kurang :
Apabila memperoleh skor : skor < 1,33
Keterangan Rubrik :
1. Saya ingin tahu ungkapan tentang
benda-benda yang ada di lingkungan saya
2. Saya merasa senang ketika
mengetahui ungkapan bahasa Arab sesuai dengan kaidah yang saya pelajari
Keterangan Rubrikasi:
(Skor 4 jika selalu, skor 3
jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, skor 1 jika tidak pernah)
c.
Penilaian Tes Tulis
d.
Penilaian Praktik
Instrumen soal:
Pedoman penskoran:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan informasi
|
1-4
|
a. Kesesuaian informasi dan gambar
sudah tepat
|
4
|
b. Kesesuaian informasi dan gambar
cukup tepat
|
3
|
c. Kesesuaian informasi dan gambar
kurang tepat
|
2
|
d. Kesesuaian informasi dan gambar
tidak tepat
|
1
|
2
|
Intonasi
|
1-4
|
a. Intonasi sudah baik dan tepat
|
4
|
b. Intonasi cukup baik dan cukup
tepat
|
3
|
c. Intonasi kurang baik dan kurang
tepat
|
2
|
d. Intonasi sudah baik dan tidak
tepat
|
1
|
3
|
Kelancaran Ujaran
|
1-4
|
a. Penyampaian ungkapan lancar dan
jelas
|
4
|
b. Penyampaian ungkapan cukup
lancar dan cukup jelas
|
3
|
c. Penyampaian ungkapan kurang
lancar dan kurang jelas
|
2
|
d. Penyampaian ungkapan tidak
lancar dan tidak jelas
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
12
|
Nilai Akhir = Jumlah Nilai
Perolehan x 100 = ………… x 100 = …………
Jumlah Skor Maksimal 12
G. Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
1. Media
Papan tulis, Spidol dan benda-benda di lingkungan peserta
didik
2. Sumber Pembelajaran
v
Buku siswa bahasa Arab kelas VIII Kementrian
Agama RI
v
Internet/CD
H. Pengayaan dan Remedial
1. Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai
materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah
dipersiapkan. Baik berupa gambar yang menceritakan topik atau guru membuat
kartu-kartu yang bertuliskan dialog يوميتنا فى المدرسة atau membuat lagu-lagu yang
semakin memudahkan bagi peserta didik untuk menghafal ungkapan-ungkapan yang
terkait topik.
Guru diharapkan mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
2. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai
materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan penjelasan kembali terkait materi
topik (يوميتنا فى المدرسة) guru
melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan
remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan.
Padangsidimpuan, Juli 2016
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah, Bahasa Arab
(Khoirun Siregar, S.Pd) (Syafri Martabe Rizka Nst, S.Pd.I)
Komentar
Posting Komentar