MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

SILABUS GEOMETRI DAN PENGUKURAN


S I L A B U S

Sekolah                       : SMP N 6 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                           : VIII
Semester                     : II ( D u a )
T.P                              : 2010/2011
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4.      Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.

Kompetensi Dasar
Materi
Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1 
Menentukan unsur dan bagian lingkaran serta ukurannya
Lingkaran
1.    Mengenal lingkaran
2.    Menggambar sebuah lingkaran dan bagian-bagian lingkaran
3.    Menggambar sebuah lingkaran serta menyebutkan unsur-unsur lingkaran
4.    Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model
·      Menyatakan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, tali busur, busur, juring dan tembereng

Tes Tulisan
Tes Uraian
Disebut apakah garis AB?
                     A


                               B
2x45 menit
M. Cholik Adinaawan. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
4.2
Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.    Menentukan nilai phi untuk perbandingan keliling terhadap diameter lingkaran
2.    Pendekatan Nilai phi
Menyimpulkan nilai phi () dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran
·      Menemukan nilai phi ()

Tes Tulisan
Tes Uraian
Ukurlah keliling (k) sebuah benda berbentuk ligkaran dan juga diameternya.
Berapa nilai k/d?

2x45 menit



Keliling dan Luas Lingkaran
Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan media pembelajaran
·      Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
Tes Tulisan
Tes Uraian
Sebutkan rumus keliling dan luas lingkaran jikajari-jarinya p!

2x45 menit



Keliling dan Luas Lingkaran
Menentukan rumus keliling ligkaran dalam pemecahan masalah
·      Meghitung keliling dan luas lingkaran
Tes Tulisan
Tes Uraian
Hitunglah keliling dan luas lingkaran yang jari-jarinya 21 cm!

4x45 menit



Keliling dan Luas Lingkaran
Menggunakan rumus luas lingkaran dalam pemecahan masalah
·      Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah
Tes Tulisan
Tes Uraian
Panjang jari-jari sebuah roda adalah 35 cm. Jika roda itu berputar sebanyak 400 kali. Hitunglah panjang lintasan yang dilalui roda tersebut!

4x45 menit

4.3
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Lingkaran
Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama serta menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama


·      Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
·      Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama
Tes Tulisan
Tes Uraian
Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama
Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?

4x45 menit



Lingkaran
Menghitung panjang busur, luas juring dan luas tembereng dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
·      Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng
·      Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam pemecahan masalah

Tes Tulisan
Tes Uraian
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat yang besarnya 900.
Hitunglang:
a)       panjang busur kecil
b)       luas juring kecil
4x45 menit

4.4

Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Garis singgung Lingkaran
Mengamati sifat-sifat yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titk  pusat
·      Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat
Tes Tulisan
Tes Uraian
Perhatikan gambar!
                                      B
          O         
 


                A
Berapakah besar sudut A? Mengapa?


2x45 menit



Garis singgung Lingkaran
Menghitung panjang garis singgung lingkaran
·      Menghitung panjang garis singgung lingkaran
Tes Tulisan
Tes Uraian
Perhatikan gambar!
                                      P
                       12
          O         
 

            5
                Q
Berapakah panjang PQ!

4x45 menit



Melukis Garis singgung Lingkaran
Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan luar dua  limgkaran
·      Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan luar limgkaran
Tes Tulisan
Tes Uraian
Dua buah lingkaran yang titik pusatnya di P dan Q berjari-jari 8 cm dan 2 cm. jarak dari P ke Q adalah 10 cm. lukislah garis singgung persekutuan dalamnya!

4x45 menit



Garis singgung Lingkaran
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar   limgkaran
·      Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar   limgkaran
Tes Tulisan
Tes Uraian
Dua buah lingkaran yang titik pusatnya di P dan Q berjari-jari 4 cm dan 2 cm. jarak dari P ke Q adalah 10 cm. Tentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan luarnya!

4x45 menit



Penerapan garis singgung Lingkaran
Menggunakan garis singgung lingkaran dalam pemecahan masalah
·      Menggunakan garis singgung lingkaran dalam pemecahan masalah
Tes Tulisan
Tes Uraian
Dua buah lingkaran yang titik pusatnya di P dan Q berjari-jari 4 cm dan 2 cm. jarak dari P ke Q adalah 10 cm. lukislah garis singgung persekutuan luarnya!

4x45 menit

4.5
Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga
Mengguakan jangka dan penggaris untuk menggambar lingkaran dalam segitiga
·      Melukis lingkaran dalam segitiga
Tes Tulisan
Tes Uraian
Dengan menggunakan jangka, busur dan penggaris lukislah lingkaran dalam segitiga berikut ini!

 




4x45 menit



Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga
Mengguakan jangka dan penggaris untuk menggambar lingkaran dalam segitiga
·      Melukis lingkaran luar segitiga
Tes Tulisan
Tes Uraian
Dengan menggunakan jangka, busur dan penggaris lukislah lingkaran luar segitiga berikut ini!
 





4x45 menit




Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga
Menghitung panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga
·      Menentukan panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga
Tes Tulisan
Tes Uraian
Panjang sisi-sisi sebuah lingkaran adalah 15 cm, 25 cm, dan 20 cm. Hitunglah panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga tersebut!

4x45 menit



Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga
Menghitung panjang jari-jari lingkaran luar segitiga
·      Menentukan panjang jari-jari lingkaran luar segitiga
Tes Tulisan
Tes Uraian
Panjang sisi-sisi sebuah segitiga adalah 18 cm, 24 cm dan 30 cm. Hitinglah panjang jari-jari lingkaran luar segitiga tersebut!

4x45 menit













Standar Kompetensi :  GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5.      Memahami Sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar
Materi
Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1 
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
Kubus, balok, prisma dan limas
Mendiskusikan sifat-sifat kubus dan balok serta bagian-bagiannya dengan menggunakan model
·      Menyebutkan sifat-sifat kubus dan balok serta bagian-bagiannya
Tes Tulisan
Tes Uraian
Perhatikan balok dibawah ini!
           G                     H
         E                F     
                D                C
           A                B

Sebutkan rusuk-rusuknya, bidang dan diagonal ruangnya!
4x45 menit
M. Cholik Adinaawan. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga


Kubus, balok, prisma dan limas
Mendiskusikan sifat-sifat prisma dan limas serta bagian-bagiannya dengan menggunakan model
·      Menyebutkan sifat-sifat prisma dan limas serta bagian-bagiannya

Tes Tulisan
Tes Uraian




Gambarlah bidang diagonal prisma segitiga dibawah ini!

4x45 menit

5.2
Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
Kubus, balok, prisma dan limas
Merancang jaring-jaring kubus dan balok
·      Membuat jaring-jaring kubus dan balok
Tes Tulisan
Tes Uraian
Buatlah model kubus dari karton manila!
2x45 menit



Kubus, balok, prisma dan limas
Merancang jaring-jaring prisma dan limas
·      Membuat jaring-jaring prisma dan limas
Tes Tulisan
Tes Uraian
Buatlah model limas dan prisma dari karton manila!

4x45 menit

5.3
Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
Kubus, balok, prisma dan limas
Mencari rumus luas permukaan kubus dan balok serta meggunakannya dalam menghitung luas permukaan kubus dan balok
·      Menghitung luas permukaan kubus dan balok
Tes Tulisan
Tes Uraian
Hitunglah luas permukaan kubus yang panjang sisinya 12 cm!
Hitunglah luas permukaan balok yang panjang 12 cm, lebarnya 4 dan tingginya 7 cm!

4x45 menit



Kubus, balok, prisma dan limas
Mencari rumus luas permukaan prisma dan limas serta meggunakannya dalam menghitung luas permukaan prisma dan limas
·      Menghitung luas permukaan limas dan prisma
Tes Tulisan
Tes Uraian
Hitunglah luas permukaan prisma yang alasnya berbentuk persegi dengan panjang sisinya 4 cm dan panjang sisi tegaknya 6 cm!

4x45 menit




Kubus, balok, prisma dan limas
Mencari rumus volume kubus dan balok serta meggunakannya dalam menghitung volume kubus dan balok
·      Menghitunng volume kubus dan balok
Tes Tulisan
Tes Uraian
Hitunglah luas volume kubus yang panjang sisinya 8 cm!
Hitunglah volume balok yang panjang 9 cm, lebarnya 4 dan tingginya 7 cm!

4x45 menit



Kubus, balok, prisma dan limas
Mencari rumus volume prisma dan limas serta meggunakannya dalam menghitung volume prisma dan limas
·      Menghitung volume prisma dan limas
Tes Tulisan
Tes Uraian
Hitunglah volume limas yang alasnya berbentuk persegi dengan panjang sisinya 6 cm dan tingginya 14 cm!

4x45 menit




Mengetahui :
Kepala Sekolah
KEPALA SMP N 6 PSP



MUSLIM ASYHARI ,S.Pd
NIP. 1962 09121990031003


Guru bid.study



Isti khamariah
NIP.1965 03251998012001



P R O G R A M    S E M E S T E R

Sekolah                          : SMP Negeri 6 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas                              : VIII
Semester                        : II ( D u a )
T.P                                 : 2010/2011


Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
B U L A N
Ket.
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni


1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
4.1 
Menentukan unsur dan bagian lingkaran serta ukurannya
·      Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, tali busur, busur, juring dan tembereng
2x45 menit
L
2








P
P
P










P
P
P

4.2
Menghitung keliling dan luas lingkaran
·      Menentukan nilai phi ()

2x45 menit
I
2








E
E
E










E
E
E



·      Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran

2x45 menit
B

2







R
R
R










R
R
N



·      Meghitung keliling dan luas lingkaran
4x45 menit
U

4







K
K
K










K
K
Y



·      Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah
4x45 menit
R






2
2

I
I
I










I
I
E

4.3
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
·      Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
·      Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama
4x45 menit
S


2



2










R
R
R










R
R
R



·      Menentukan panjang busur, luas juring dan luas Atembereng
·      Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam pemecahan masalah
4x45 menit
E


2



2





A
A
A










A
A
A

4.4

Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
·      Mengenali garis singgung lingkaran
2x45 menit
M







4

A
A
A










A
A
H



·      Menghitung panjang garis singgung lingkaran
4x45 menit
E








4
N
N
N










N
N
A



·      Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar   limgkaran
6x45 menit
S








2
U


2








2
U





·      Melukis garis singgung persekutuan dalam limgkaran
4x45 menit
T









A
M
U
4









J
P
R



·      Melukis garis singgung persekutuan luar   limgkaran
4x45 menit
E









S
I
J

4








I
A
A



·      Menggunakan garis singgung lingkaran dalam pemecahan masalah
4x45 menit
R









/
D
A

2
2







A
S
P

4.5
Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
·      Melukis lingkaran dalam segitiga
4x45 menit





4




U

N










N
C
O



·      Melukis lingkaran luar segitiga
4x45 menit
G




2
2



A
S











S
A
R




·      Menentukan panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga
4x45 menit
A





4



M
E
N










E
S




·      Menentukan panjang jari-jari lingkaran luar segitiga
6x45 menit
N






4


B
M
A









2
M
E


5.1 
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
·      Menyebutkan sifat-sifat kubus dan balok serta bagian-bagiannya
4x45 menit
J









N
E
S


4







E
M




·      Menyebutkan sifat-sifat prisma dan limas serta bagian-bagiannya
4x45 menit
I









K
S
I



4






S
S


5.2
Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
·      Membuat jaring-jaring kubus dan balok
2x45 menit










E
T
O



2
2





T
T




·      Membuat jaring-jaring prisma dan limas
4x45 menit










L
E
N




4





E
E


5.3
Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
·      Menghitung luas permukaan kubus dan balok
4x45 menit










A
R
A





4




R
R




·      Menghitung luas permukaan limas dan prisma
4x45 menit










S
II
L





2
2



II






·      Menghitunng volume kubus dan balok
6x45 menit










IX








4
2








·      Menghitung volume prisma dan limas
6x45 menit




















4
2





Jumlah Total
90 x 45 menit






























Mengetahui :
Kepala Sekolah
SMP N 6  Padangsidimpuan




MIUSLIM ASYHARI,S.Pd
NIP. 1962 09121990031003



Guru BID.STUDY




ISTI KHAMARIAH,S.Pd
NIP.1965 03251998012001


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN