MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

MAKALAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)‎ LAPORAN PTK DENGAN SOFTWARE OLAH DATA STATISTICAL ‎PACKAGE FOR SOCIAL SCIENCE (SPSS)‎


 MAKALAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)  DENGAN SOFTWARE OLAH DATA STATISTICAL PACKAGE FOR SOCIAL SCIENCE (SPSS)

By: Ahmad, Dkk


BAB I

PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

            Dengan berkembang pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini menyebabkan bertambah kebutuhan manusia.seperti saat ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia dan kebutuhan manusia seperti saat ini sangat mudah untuk di penuhi oleh teknologi.Seperti program aplikasi software anates, aplikasi ini dapat membantu mereka para pekerja untuk mempermudah pekerjaanya.

 

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana  Hakikat  Olah Data Dengan Software SPSS ?

2. Bagaimana Langkah-Langkah Olah Data Dengan Software SPSS?

3. Bagaimana Kelebihan  Software SPSS?

C. Tujuan

 1. Memahami Bagaimana Olah Data Dengan Software SPSS !

2. Memahami Bagaimana Langkah-Langkah Olah Data Dengan SPSS!

3. Memahami Bagaimana Kelebihan Software SPSS!

  

BAB II

PEMBAHASAN

A. Hakikat Software  SPSS

Statistical Package For Social Science merupakan salah satu software yang banyak diamati dan digunakan dalam menganalisis dan statistik untuk ilmu sosial. Pada tahun 1968, Norman H. Nie, C. Hadlai(Tex) Hull dan Dale H. Bent adalah 3 pemuda masing-masing memiliki latar belakang profesional berbeda mencoba mengembangkan sistem perangkat lunak berdasarkan gagasan statistika. Sistem berangkat lunak tersebut dikembangkan untuk mengubah data mentah menjadi informasi esensial. Mereka terus mengembangkan software SPSS ini untuk kebutuhan analisis volume data ilmu pengetahuan sosial yang dikumpulkan melalui berbagai metode penelitian.

Awalnya SPSS ini dikembangkan di setiap standfordq university untuk dikonsumsi lokal saja, namun berkat mereka bertiga yang pada saat itu Nie bertugas mewakili target audiens dan mengatur persyaratan kemudian Bent memiliki keahlian analisis dan merancang struktur file sistem SPSS dan Hull adalah seorang master di bidang administrasi bisnis sehingga SPSS cepat tersebar dan banyak peminatnya di seluruh Universitas Amerika. Hal ini dikarenakan SPSS merupakan yang memiliki kelebihan dalam menganalisis data secara efektif dan efisien, sehingga pada tahun 1970 McGraw-Hill yaitu penerbit raksasa Amerika merengut us kan untuk menerbitkan user manual pertama. Pemerintah program spss pun many melonjak tajam, setelah buku panduan nya tersedia di toko buku pun perguruan tinggi Nie, Bent, dan Hull dapat memperoleh royalti dari penjualan buku panduanya.

SPSS adalah sebuah program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya.

Beberapa aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan

pointing dan clicking mouse

SPSS banyak digunakan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya system operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows(mulai dari versi 6.0 sampai versi terbaru sekarang)

            Pada awalnya SPSS dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu social, sehingga kepanjangan SPSS itu sendiri adalah Statistikal Package for the Social Sciens. Sekarang kemampuan SPSS diperluas untuk melayani berbagai jenis pengguna (user), seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu sains dan lainnya. Dengan demikian, sekarang kepanjangan dari SPSS Statistical Product and Service Solutions.

            SPSS dapat membaca berbagai jenis data atau memasukkan data secara langsung kedalam SPSS Data Editor. Bagaimanapun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibentuk dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables). Case berisi informasi untuk satu unit analisis, sedangkan variable adalah informasi yangdikumpulkan dari masing-masing kasus

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah mampu melakukanpenelitian.

Hal ini karena mahasiswa adalah sebuah profesi yang menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan terus menerus sejalan dengan perkembangan pendidikan dilapangan. Setiap bidang pekerjaan selalu dihadapkan pada permasalahan yang selalu berkembang, baik berupa fenomena yang mengundang tanda tanya, maupun kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan. Permasalahan tersebut menuntut jawaban dan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian merupakan suatu bentuk kegiatan imiah untuk mendapatkan pengetahuan atau kebenaran. Pengolahan dan analisis data merupakan tahapan penting dalam penelitian. Data yang telah dikumpulkan tidak akan berbeda apa-apa bila tidak diolah dan dianalisis, untuk menghasilkan kesimpulan.

SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistika ilmu sosial. SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya[15]. Program ini dikenal sangat handal dalam membantu para peneliti untuk melakukan uji dan analisa statistik. Karena kegunaannya maka program ini menjadi program favorit di lingkungan peneliti dan mahasiswa.

Sering sekali dijumpai, mahasiswa DIII Akuntansi pada saat pengolahan data penelitian mengalami kesulitan mengolah data sampai dengan menginterpretasikan data yang diperoleh, hal ini dikarenakan i) mahasiswa kurang fokus dalam mengikuti matakuliah metode penelitian, ii) mahasiswa kesulitan mengungkapkan ketidaktahuannya, iii) kurang minatnya terhadap materi pengolahan data, iv) kurangnya praktek dalam pembelajaran pengolahan data SPSS saat kuliah. Dari akibat hal itu, mahasiswa mengambil jalan pintas dengan mengggunakan jasa olah data, sehingga menyebabkan ketika sidang ujian tugas akhir mahasiswa tidak mampu menjelaskan apa yang ditulis dari hasil olah data yang diperoleh.

 

1)      Pengenalan SPSS

SPSS (Statistical Program for Social Science) merupakan paket program yang berguna untuk menganalisis data statistik. SPSS dapat digunakan untuk hampir seluruh file data dan sekaligus membuat laporan dalam bentuk tabulasi, grafik, dan plot untuk berbagai distribusi maupun statistik deskriptif. SPSS menyediakan empat window , yaitu :

·         Data editor yang terdiri dari :

File, berfungsi untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan file data, sepertimembuka file baru, membuka file tertentu, mengambil data dari program lain, mencetak dan lain-lain.

Edit, berfungsi dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan perbaiakan atau mengubah nilai data (duplikasi data, menghilangkan data, dan lain-lain). View, berfungsi untuk mengubah status toolbar (output label, script, dan lain-lain) Data, Berfungsi untuk membuat perubahan pada SPSS secara keseluruhan seperti mengurutkan data, menyeleksi data berdasar kriteria tertentu, dan lain-lain.

Transform, berfungsi untuk membuat perubahan pada peubah yang telah dipilih dengan aturan tertentu. 

Analyze, merupakan menu inti SPSS yang berfungsi untuk melakukakn semua prosedur perhitungan statistik, seperti uji t, uji F, regresi, dan lain-lain.

Graph berfungsi membuat berbagai jenis grafik untuk mendukung analisis statistik, seperti, line bar, pie, dan lain-lain.

Utilities berfungsi dalam memberi informasi tentang peubah yang sekarang dan yang sedang dikerjakan juga dalam mengatur tampilan menu menu lain.

Window (seperti yang telah kita kenal). Help (seperti yang telah kita kenal).

       

B. Langkah-Langkah Olahdata Dengan SPSS

Dah penelitian tindakan kelas (PTK), hasil penelitian yang dipaparkan adalah data hasil rekaman tentang beberapa hal yang menyangkut pelaksanaan selamat tindakan penulisan. Berlangsung berikut ini akan dibahas secara mendeskripsikan data prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 dengan menggunakan IBM SPSS. Berikut contoh 1 data prasiklus penelitian tindakan kelas tentang penggunaan alat peraga Kartu Berwarna untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

1.      Deskripsi Data Statistik Prasiklus

Langkah-langkah sebagai berikut :

a)      Aktifkan IBM SPSS

b)      Pada halaman IBM SPSS Statistical data editor, Klik variabel view dan ketikkan nama variabel misalnya "nilai siswa" pada kolom name dengan type Numeric dan kolom Desimal isi angka "0" saja, sedangkan kolom lain abaikan saja.

c)      Setelah selesai, klik Data View dan imput data pada kolom " nilai siswa". Agar data tidak hilang klik menu file lalu klik save as pilih drive, misalnya D pada tab file name, misal ketik contoh 1

d)      Untuk menyajikan data deskriptif statistik klik analays  kemudian sorot deskriptive  statistik lalu klik deskriptive statistical lalu klik edeskriptives.

e)      Klik variabel nilai siswa lalu pindahkan ke kotak variavels dengan mengklik tombol panah, kemudian klik option dan centang mean, sum,std. Deviation, variance, minimum dan maximum.

f)       Klik continue lalu klik ok, maka akan muncul data sebagai berikut.


2. Deskripsi Persentase Ketuntasan Prasiklis

1)      Pada halaman IBM SPSS statistik data yes editor klik variabel view dan ketika nama variabel misalnya ketentuan pra siklus pada kolom name dengan testing kolom british siang ke-15 dan kolom desimal sisi angkat 0 saja sedangkan kolom lainnya abaikan saja.

2)      Setelah selesai klik deteksi udan input data pada kolom ketuntasan siklus prasiklus.

3)      Untuk menyajikan data deskriptif sistematik referensi analyze statistik lalu klik frequencies.

4)      Klik variabel ketentuan pra siklus lalu pindahkan ke kotak variabel dengan mengklik tombol panah kemudian klik chart dan centang bar charts.

5)      Klik continue lalu klik oke mak akan muncul data.

 

C. Kelebihan Olah Data Dengan SPSS

Kelebihannya antara lain :

·         Mampu mengakses data dari berbagai macam format data yang di tersedia dalam sehingga data tersebut dapat berlangsung dibaca dan dianalisis oleh spss

·         Dapat memberi tampilan data yang lebih informatif sesuai nilainya atau menampilkan label data dalam bentuk kata-kata walau data yang sedang kita kerjakan berupa angka angka kode data

·         Dapat melakukan analisis yang sama pada kelompok-kelompok pengamatan yang berbeda sekaligus dengan beberapa klik saja misal mishary tahu nilai minimum maksimum dan rata-rata penjualan per kuarter wilayah secara bersamaan mengetahui hal-hal berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada masing-masing wilayah seperti klasifikasi umur konsumen tingkat pendidikan jenis kelamin besar pengeluaran perbulan dan lain-lain.

·         Mampu merangkum data dita bully saksikan secara bersamaan dalam format tabel multi dimensi contoh tabel persentase jumlah responden dari beberapa kelompok usia terhadap beberapa kategori produk perawatan wajah label persentase jumlah responden dari beberapa tingkat pendidikan terhadap berbagai jabatan politik pada beberapa wilayah umum.

  

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Mampu mengakses data dari berbagai macam format data yang ditersedia dalam sehingga data tersebut dapat berlangsung dibaca dan dianalisis oleh spss Dapat memberi tampilan data yang lebih informatif sesuai nilainya atau menampilkan label data dalam bentuk kata-kata walau data yang sedang kita kerjakan berupa angka angka kode data.

Dapat melakukan analisis yang sama pada kelompok-kelompok pengamatan yang berbeda sekaligus dengan beberapa klik saja misal mishary tahu nilai minimum maksimum dan rata-rata penjualan per kuarter wilayah secara bersamaan mengetahui hal-hal berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada masing-masing wilayah seperti klasifikasi umur konsumen tingkat pendidikan jenis kelamin besar pengeluaran perbulan dan lain-lain.

SPSS adalah sebuah program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya.

 

B.     Saran

Dengan adanya makalah ini, penulis berharap dapat menambah wawasan dan memjadi reperensi khususnya mengenai PTK erat kaitanya dengan masalah praktik pembelajaran pendidik .PTK yang dilakukan pendidik diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar pemikiran tentang apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan proses belajar mengajar.

  

DAFTAR PUSTAKA

 

Arafat, Maulana, (2022), Penelitian Tindakan kelas di MI/SD. Yogyakarta             Samudra Biru

Lubis, F aziz. 2014. Pengertian Microsoft SPSS Lengkap Beserta Ulasan.

Anoname. 2009. SPSS 17 untuk Pengolahan Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Kuswadi, dan Mutiara, Erna. 2004. Statistik Berbasis Komputer untuk Orang-       Orang Non Statistik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riana, Dwiza. 2012. Statistika Deskriptif Itu Mudah. Tangerang: Jelajah Nusa.

Supranto, J. 2009. Statistik : Teori dan Aplikasi, Edisi Ke-tujuh, Jilid 1.      Jakarta:Erlangga.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN