RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya
oleh masyarakat
Indikator
·
Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan
·
Mengidentifikasikan hubungan antara
teknologi dan masyarakat antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
·
Memanfaatkan barang bekas dengan membuat karya seni
berbentuk tas
C.
Tujuan Pembelajaran
·
Untuk mengetahui hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan
·
Untuk mengetahui hubungan antara teknologi
dan masyarakat antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat
·
Untuk menghasilkan karya seni berbentuk tas
dari barang bekas
D. MATERI PEMBELAJARAN
Sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
1. Sumber Daya Alam
a. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari
alam yang dapat digunakan untuk memenuhi
kebutuhan hidup manusia
b. Jenis-Jenis Sumber Daya
Alam Menurut Sumber Asalnya, yaitu:
1. Sumber daya alam biotik disebut juga sumber daya alam
hayati, sangat bermanfaat terutama bagi manusia untu k memenuhi hidupnya.
Contohnya seperti hewan dan tumbuhan.
2. Sumber daya alam abiotik sumber daya alam abiotik
disebut juga sumber daya alam hayati, jadi merupakan benda mati yang bisa
dimanfaatkan manusia contohnya, seperti hasil tambang, air, tanah, dll.
2. Lingkungan
a. Pengertian lingkungan
Lingkungan adalah kombinasi
antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air,
energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun di
dalam lautan, dengan kelembagaan meliputi ciptaan manusia seperti keputuan
sebagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
3. Pengertian teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana yang menyediakan
barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan kenyamanan hidup manusia.
4. Pengertian masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok
orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka yang
sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada pada
kelompok tersebut.
5. Ayat Al-Qur’an yang
berkenaan dengan menjaga lingkungan
Anjuran untuk menjaga
lingkungan telah tertera dalam surah Al-A’raf ayat 56. Allah SWT berfirman: ”
dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik.
Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat
Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan”.
E. METODE ATAU MODEL
a. Metode
1. Informasi
2. Observasi
3. Karyawisata
4. Diskusi
5. Wawancara
b. Model
Sains
tecnology society (masyarakat) berbasis al-quran.
F. MEDIA PEMBELAJARAN
a. Buku guru tematik terpadu tema 3 subtema 3 kelas IV
b. Buku siswa tematik terpadu tema 3 subtema 3
kelas IV
c. Barang bekas
G. Kegiatan Inti
a. pendahuluan
1. Guru
memberi salam
2. Guru
menanyakan kabar siswa
3.
Mengabsen kehadiran siswa
4. Guru
mengajak siswa berdoa
5. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru
mengajak siswa menyanyikan ”tepuk jari semangat”
b. Inti
1.
Guru menunjukkan gambar tentang lingkungan alam disekitar
2.
Dari gambar yang ditunjukkan, guru menanyakan tentang materi yang akan
dipelajari
3.
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
4.
Siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar
5.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang lingkungan yang diamatinya
6. siswa mengumpulkan hasil pengamatan dan mengasosiasikannya sehingga
siswa mendapatkan pengertian tentang sumber daya alam, lingkungan, teknologi
dan masyarakat.
7.
Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan hasil diskusi
c. Penutup
1. Guru mengevaluasi siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang
materi yang dipelajari
2.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
3.
Guru menyuruh siswa untuk menutup pembelajaran dengan berdoa.
H.
Penilaian
Daftar
Periksa Materi Pembelajaran
No
|
Materi pembelajaran
|
Belum
|
Sudah
|
1
|
Mendeskripsikan hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan
|
|
|
2
|
Mengidentifikasikan hubungan antara
teknologi dan masyarakat antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
|
|
3
|
Memanfaatkan barang bekas dengan membuat karya seni
berbentuk tas
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................
|
tidak ada tujuan pembelajaran nya RPP yang di buat
BalasHapus