MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

RPP TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP KELAS IV



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                          :     _________________________________
Kelas / Semester                             :     IV (Empat) / 1
Tema 3                                            :     Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3                                     :     Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran                                  :     1
Alokasi Waktu                                :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.7       Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6       Menyajikan laporan  tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator
·       Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
·       Mengidentifikasikan hubungan antara teknologi dan masyarakat antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
·       Memanfaatkan  barang bekas dengan membuat karya seni berbentuk tas
C.   Tujuan Pembelajaran
·       Untuk mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
·       Untuk mengetahui hubungan antara teknologi dan masyarakat antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
·       Untuk menghasilkan karya seni berbentuk tas dari barang bekas
 D.       MATERI PEMBELAJARAN
 Sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
1.   Sumber Daya Alam
a. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam  yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
b. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sumber Asalnya, yaitu:
1. Sumber daya alam biotik disebut juga sumber daya alam hayati, sangat bermanfaat terutama bagi manusia untu k memenuhi hidupnya. Contohnya seperti hewan dan tumbuhan.
2. Sumber daya alam abiotik sumber daya alam abiotik disebut juga sumber daya alam hayati, jadi merupakan benda mati yang bisa dimanfaatkan manusia contohnya, seperti hasil tambang, air, tanah, dll.



2.     Lingkungan
a.      Pengertian lingkungan
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan meliputi ciptaan manusia seperti keputuan sebagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
3.   Pengertian teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana yang menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan kenyamanan hidup manusia.
4.   Pengertian masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka yang sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada pada kelompok tersebut.
5.   Ayat Al-Qur’an  yang berkenaan dengan menjaga lingkungan
Anjuran untuk menjaga lingkungan telah tertera dalam surah Al-A’raf ayat 56. Allah SWT berfirman: ” dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan”.

E. METODE ATAU MODEL
a. Metode
1. Informasi
2. Observasi
3. Karyawisata
4. Diskusi
5. Wawancara
b. Model
       Sains tecnology society (masyarakat) berbasis al-quran.
F. MEDIA PEMBELAJARAN
a. Buku guru tematik terpadu  tema 3 subtema 3 kelas IV
b. Buku siswa tematik terpadu tema 3 subtema 3 kelas IV
c. Barang bekas

G. Kegiatan Inti
a. pendahuluan
            1. Guru memberi salam
            2. Guru menanyakan kabar siswa
            3. Mengabsen kehadiran siswa
            4. Guru mengajak siswa berdoa
            5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
            6. Guru mengajak siswa menyanyikan ”tepuk jari semangat”
b. Inti
       1. Guru menunjukkan gambar tentang lingkungan alam disekitar
       2. Dari gambar yang ditunjukkan, guru menanyakan tentang materi yang akan dipelajari
       3. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
       4. Siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar
       5. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang lingkungan yang diamatinya
6. siswa mengumpulkan hasil pengamatan dan mengasosiasikannya sehingga siswa mendapatkan pengertian tentang sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
       7. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan hasil diskusi
c. Penutup
1. Guru mengevaluasi siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang dipelajari
       2. Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
       3. Guru menyuruh siswa untuk menutup pembelajaran dengan berdoa.
H.  Penilaian
       Daftar Periksa Materi Pembelajaran
No
Materi pembelajaran
Belum
Sudah
1
Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan


2
Mengidentifikasikan hubungan antara teknologi dan masyarakat antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat


3
Memanfaatkan  barang bekas dengan membuat karya seni berbentuk tas


Mengetahui
Kepala Sekolah,




( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV




( ___________________ )
NIP ..................................


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN