MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

MAKALAH KARAKTERISTIK SISWA SD/MI KELAS TINGGI


KARAKTERISTIK SISWA SD/MI KELAS TINGGI
D
I
S
U
S
U
N
Oleh:

Nama                                                                                      NIM
Epa Seri Mahyuni                                                                   1620500011
Fitriana Nasution                                                                    1620500007
Maulidatun Nikmah                                                               1620500003
Rizani Qarinah Br. Nasution                                                  1620500024

Dosen Pengampu:
Sabri, M.Pd.
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
PADANGSIDIMPUAN
2019

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT penulis hanturkan karena dengan limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas Pembelajaran PPKn MI/SD berupa makalah yang berjudul “Karakteristik Siswa SD/MI Kelas Tinggi”. Shalawat dan salam penulis hadiahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW sebagai uswatul hasanah bagi seluruh manusia dan mengemban pencerahan kehidupan.
                  Terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini. Kepada teman-teman yang membantu memberikan masukan dan sumbangan pemikiran kepada penulis atas terselesainya tugas ini.
                  Semoga penulisan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari sempurna, apabila ada kritik dan saran  dari pembaca, penulis mengucapkan terima kasih karena kritik dan saran dari pembaca dapat menyempurnakan makalah ini.
                                                                                           
Padangsidimpuan 11 April 2019

Penulis







DATAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang........................................................................................................ 1
B.    Rumusan Masalah................................................................................................... 1
C.    Tujuan Makalah...................................................................................................... 1
D.    Manfaat Makalah.................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Karakteristik ........................................................................................ 3
B.    Karakteristik Siswa SD/MI Kelas Tinggi............................................................... 3
C.    Tahap Perkembangan Anak Pada Usia 10-12 Tahun.............................................. 4
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan............................................................................................................. 7
B.    Saran........................................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................... 8
                                    






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Ada beberapa karakteristik anak di usia Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang harus diketahui oleh para guru, agar lebih mengetahui bagaimana keadaan peserta didik terutama pada siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Seorang guru harus dapat menerapkan metode, strategi, pendekatan, dll dalam  pengajaran yang sesuai dengan keadaan siswanya, oleh karena itu sangat penting bagi seorang pendidik untuk dapat mengetahui karakteristik siswanya.  Selain karakteristik yang harus diperhatikan juga adalah kebutuhan peserta didik.
Pemahaman terhadap karakteristik peserta didik dan perkembangan anak SD/MI juga dapat dijadikan titik awal untuk menentukan tujuan pembelajaran di SD/MI, dan untuk menentukan waktu yang tepat dalam memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak tersebut. Secara ideal, dalam pencapaian perkembangan diri siswa,  sekolah dan guru juga harus dapat menyediakan dan memenuhi berbagai kebutuhan siswanya dalam rangka pencapaian perkembangan diri siswa seperti pemenuhan kebutuhan fisik, pemenuhan kebutuhan rasa aman, pemenuhan kebutuhan rasa kasih sayang atau penerimaan, dan sebagainya. Dengan memahami karakteristik anak usia SD/MI kelas tinggi tentunya juga dapat di implikasikan terhadap pembelajara. Di dalam pembahasan ini penulis akan membahas tentang Karakteristik Siswa SD/MI di Kelas Tinggi.

B.    Rumusan Masalah
1.     Apakah yang Dimaksud dengan Karakteristik?
2.     Bagaimanakah karakteristik siswa SD/MI Kelas Tinggi?
3.     Apa saja Tahap Perkembangan Pada Anak Usia 10-12 Tahun?
C.    Tujuan Makalah
1.     Untuk Mengetahui Pengertian dari Karakteristik.
2.     Untuk Mengetahui Bagaimana Karakteristik Siswa SD/MI Kelas Tinggi.
3.     Untuk Mengetahui Tahap Perkembangan Pada Anak Usia 10-12 Tahun.

D.    Manfaat Makalah
Penulisan makalah ini bermanfaat sebagai penambah wawasan dan pengetahuan pembaca terhadap karakteristik siswa SD/MI kelas tinggi, agar seoarang pendidik dapat mengenal karakteristik siswa setiap individu.



























BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Karakteristik
Karakter menurut pusat bahasa Depdiknas merupakan “ bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budipekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, dan watak”.  Adapun berkarakter merupakan kepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat dan berwatak. Menurut Tadkiroatun Musfiroh  karakter mengacu pada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behavior), motivasi (motivations), dan keterampilan (skill). Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehinggaorang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dapat dikatakan sebagai orang yang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia. Sedangkan karakteristik yang berasal dari bahasa inggris yaitu “characteristic’ yang artinya mengandung siat khas dari sesuatu.[1]
Jadi, diantara pengertian-pengertian diatas yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa karakteristik itu adalah suatu sifat yang khas, yang melekat pada diri seseorang atau suatu objek, dan pada setiap individu memiliki karkteristik yang berbeda-beda.

B.    Karakteristik Siswa SD/MI Kelas Tinggi
Tingkatan kelas di Sekolah Dasar dapat dibagi menjadi dua yaitu kelas rendah dan kelas tinggi. Kelas rendah terdiri dari kelas satu, dua dan tiga. Sedangkan kelas-kelas tinggi Sekolah Dasar yang terdiri dari kelas empat, lima dan enam. Di Indonesia, kisaran usia Sekolah Dasar berada diantara 6 atau 7 tahun sampai 12 tahun. Menurut Witherington yang dikemukakan oleh makmun bahwa usia 9 sampai 12 tahun memiliki ciri perkembangan sikap individualis sebagai tahap lanjut dari usia 6 sampai 9 tahun dengan ciri perkembangan sosial yang pesat.

Pada tahapan ini anak/peserta didik berupaya semakin ingin mengenal siapa dirinya dengan teman sebayanya. Jika proses ini tanpa bimbingan, anak akan cenderung sukar beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk itulah sekolah memiliki tanggung jawab untuk menanggulanginya.[2]
Karakteristik umum anak pada fase kelas tinggi, yaitu dari kelas empat sampai kelas enam di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah yaitu:
1.     Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit.
2.     Sangat realistic, ingin tahu dan ingin belajar.
3.     Ada minat terhadap hal-hal atau mata pelajaran khusus sebagai mulai menonjolnya bakat-bakat khusus..
4.     Anak membutuhkan guru atau orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi keinginannya.
5.     Pada masa ini anak memandang nilai, terutama angka rapor sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajarnya.
6.     Gemar membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama. Dalam permainan itu mereka tidak terikat lagi dengan aturan permainan tradisional (yang sudah ada), tetapi mereka akan membuat peraturan sendiri.[3]

C.    Tahap Perkembangan Anak pada Usia 10-12 Tahun
Pada usia praremaja (10 sampai 12 tahun), anak mengalami transisi menuju kedewasaan selanjutnya yang mempengaruhi kemampuan sosial, fisik, juga kognitifnya. Dampaknya, anak akan terlihat lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah. Anak pada usia 10 sampai 12 tahun yaitu anak yang berada pada kelas tinggi Sekolah Dasar. Pada usia ini anak menjadi lebih kritis terhadap hal-hal disekitarnya, menunjukkan budaya, bahasa, atau adat istiadat lainnya.[4] Adapun beberapa perkembangan pada anak usia 10 sampai 12 tahun diantaranya yaitu:


1.     Perkembangan Kognitif
Menurut piaget, masa kanak-kanak akhir berada dalam tahap operasi konkret dalam berpikir (usia 7 sampai 12 tahun), dimana konsep yang semula samar-samar dan tidak jelas sekarang lebih konkret, mampu memecahkan masalah-masalah yang actual, mampu berpikir logis, berkurang rasa egonya, menerima pandangan orang lain, mulai berpikir dari hal-hal yang khusus kemudian ditarik kesimpulan ke yang umum. Mereka memiliki pengertian yang lebih baik tentang sebab akibat, dan kemampuan mengelompokkan benda berdasar kriteria tertentu.
2.     Perkembangan Bahasa
Pada masa ini perkembangan bahasa terlihat pada perubahan perbendaharaan kata dan tata bahasa. Bersamaan dengan masa sekolah, anak-anak semakin banyak menggunakan kata kerja. Mulai merespon pertanyaan orang dewasa dengan jawaban yang lebih sederhana. Membaca memiliki peran penting dalam pengembangan bahasa.
3.     Perkembangan Bicara
Berbicara merupakan alat komunikasi terpenting dalam berhubungan dengan orang lain. Bertambahnya kosa kata yang berasal dari berbagai sumber menyebabkan semakin banyak perbendaharaan kata yang dimilikinya.
4.     Minat Membaca
Pada usia 8 tahun anak membaca penuh semangat terutama tentang cerita-cerita khayal. Pada usia 10-12 tahun perhatian membaca mencapai puncaknya. Sifat ingin tahu pada anak laki-laki lebih menonjol dari pada anak perempuan. Itulah sebabnya anak laki-laki cenderung menyukai hal-hal yang sifatnya menggemparkan, misterius dan kisah-kisah petualangan, hobi dan sport. Sebaliknya anak perempuan lebih menyukai cerita kehidupan seputar rumah tangga, puisi, cerita kisah-kisah dan sebagainya.
Pada usia 11-12 seorang anak sudah dapat dikatakan memasuki usia remaja akhir. Pertumbuhan secara fisik dapat jelas terlihat, pada remaja wanita sudah memasuki masa pubertasyang ditandai dengan adanya menstruasi. Sedangkan pada remaja pria ditandai dengan tumbuhnya jakun, membesarnya suara. Pada masa anak-anak akhir ini pun mereka sudah memahami tentang moral, sudah mulai paham tentang yang harus dikerjakan dan tidak boleh dikerjakan dan mana yang harus ditinggalkan.[5]



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
karakteristik itu adalah suatu sifat yang khas, yang melekat pada diri seseorang atau suatu objek, dan pada setiap individu memiliki karkteristik yang berbeda-beda. Pada tahapan ini anak/peserta didik berupaya semakin ingin mengenal siapa dirinya dengan teman sebayanya. Jika proses ini tanpa bimbingan, anak akan cenderung sukar beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk itulah sekolah memiliki tanggung jawab untuk menanggulanginya. 
Adapun beberapa perkembangan pada anak usia 9 sampai 12 tahun diantaranya yaitu:
1.     Perkembangan Kognitif
2.     Perkembangan Bahasa
3.     Perkembangan Bicara
4.     Minat Membaca

B.    Saran
           Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulisan makalah ini dapat lebih baik untuk ke depannya. Khusus untuk para pendidik dan pembaca dalam dunia  pendidikan, karena makalah ini sangat bermanfaat untuk dibaca sehingga efeknya nanti kita dapat memiliki kemauan dalam memajukan Indonesia serta menciptakan generasi yang cerdas dan berwawasan luas.









DAFTAR PUSTAKA

https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/5-tahap-perkembangan-anak-usia-praremaja. diakses pada Jum’at 14 April 2019, jam 17.56 WIB.
Septiani, Selvira. 2017. Perkembangan Anak Usia 11-12 Tahun. Tersedia online http://selviraseptiani29.blogspot.com/2017/12/perkembangan-anak-usia-11-12-tahun.html?m=1.  Diakses pada Jum’at 12 April 2019, jam 18.17 WIB.
Solaangsa. 2015. Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar. Tersedia online http://solaangsa.wordpress.com/2012/01/28/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar/amp/. Diakses pada Kamis 11 April 2019, Jam 16.28 WIB.
Sophiasola. 2015. Makalah SKI - Karakteristik Anak Usia SD/MI. tersedia online http://khalidasophia.blogspot.com/2015/05/makalah-ski-karakteristik-anak-usia-sd.html?m=1.Diak ses pada Kamis, 11 April 2019, Jam 16.23 WIB.



[1] Sophiasola. 2015. Makalah SKI - Karakteristik Anak Usia SD/MI. tersedia online http://khalidasophia.blogspot.com/2015/05/makalah-ski-karakteristik-anak-usia-sd.html?m=1. Diakses pada Kamis, 11 April 2019, Jam 16.23 WIB.
[2] Solaangsa. 2015. Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar. Tersedia online http://solaangsa.wordpress.com/2012/01/28/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar/amp/. Diakses pada Kamis 11 April 2019, Jam 16.28 WIB.
[3] Op.Cit. Makalah SKI - Karakteristik Anak Usia SD/MI.
[4] https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/5-tahap-perkembangan-anak-usia-praremaja. diakses pada Jum’at 14 April 2019, jam 17.56 WIB.
[5] Selvira Septiani. 2017. Perkembangan Anak Usia 11-12 Tahun. Tersedia online http://selviraseptiani29.blogspot.com/2017/12/perkembangan-anak-usia-11-12-tahun.html?m=1.  Diakses pada Jum’at 12 April 2019, jam 18.17 WIB.

<script data-ad-client="ca-pub-3224888017981904" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH ILMU AL-JARH WA AT-TA’DIL