MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

RPP SMP Kelas IX STATISTIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            : SMP N 1  PADANGSIDIMPUAN
Mata Pelajara             : Matematika
Kelas                           : IX
Materi Pokok              : STATISTIKA
Waktu                         : 2 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti.
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanuora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan proseural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengelola, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaedah keilmuan.



B.    Kompetensi Dasar dan IndikatorPencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menganalisis data berdasarkan nilai rata-rata, median dan modus untuk mengambil kesimpulan.
1.1.1 Siswa mampu mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data.
1.1.2 Siswa mampu mengurutkan data tunggal
1.1.3 Siswa mampu mengenal dan menetukan data terkecil dan terbesar dari suatu data tunggal
    2.1   Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai rata-rata median dan modus untuk mengambil kesimpulan
2.1.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai rata-rata, median dan modus
2.1.2 Siswa mampu membuat kesimpulan dari suatu data tunggal.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Siswa dapat mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally
2. Siswa dapat mengurutkan data tunggal, mengetahui data terkecil dan terbesar
3. Siswa dapat menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal


D.    Materi Pembelajaran
Pengertian Statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara dan aturan dalam pengumpulan, penyampaian, pengolahan, dan pengambilan kesimpulan dari suatu data.

Mengumpulkan Data
a.        Data Cacahan
Data Cacahan adalah Data yang diperoleh dengan cara menghitung atau mencacahnya.
Misalnya: Dalam suatu RW terdiri dari 220 warga wanita dan 80 warga pria.

b.       Data Ukuran
Data ukuran atau data kontinu adalah Data yang diperoleh dengan cara mengukur.
Misalnya: tinggi badan dari lima orang siswa yaitu 175, 163, 181, 180, dan 170.


Mengurutkan Data
Apabila data yang terkumpul dalam jumlah banyak dan tidak teratur urutannya, maka kita akan mengalami kesulitan untuk menganalisisnya. Sehingga kita perlu untuk mengurutkan data tersebut. Dalam mengurutkan data biasanya dilakukan dengan mencatat banyaknya (frekuensi) nilai data-nilai data yang sama kemudian diurutkan dari yang memiliki nilai terkecil (minimum) sampai ke nilai yang tertinggi (maksimum). Namun jika data yang kita peroleh dalam jumlah kecil, kita masih bisa mengolah atau menganalisisnya dengan mudah, tanpa harus mengurutkan data tersebut.
Memusatkan Data
a.     Mean
Mean adalah rata-rata hitung dari suatu data
Misalnya dalam empat kali ulangan matematika, seorang siswa memproleh nilai 7, 8 ,6, dan 9 maka rata-rata hitung nilai ulangannya dapat ditentukan dengan cara menjumlahkan semua nilai ulangan, kemudian membaginya dengan banyaknya ulangan yang diikuti.
            Rata-rata nilai ulangan (mean) =
                                                              =
                                                                               =
                                                                               = 7,5
b.     Median
Median adalah nilai tengah dalam sekumpulan data, setelah data tersebut diurutkan.
Median adalah nilai data yang terletak tepat di tengah-tengah jika banyak data ganjil. Misalnya pada data 3, 5, 7, 8, 9 maka mediannya 7.
Median adalah nilai rata-rata dari dua data tengah jika banyak data genap. Misalnya 4, 5, 6, 8, 9,  10 maka mediannya adalah nilai rata-rata dari 6 dan 8, yaitu :  = 7
c.      Modus
Modus diartikan sebagai nilai data yang paling sering muncul atau nilai data yang frekuensinya paling besar.
Misalnya pada data 6, 5, 7, 8, 10, 5, 9, 5 maka dari data tersebut nilai yang paling sering muncul adalah angka 5 yaitu muncul sebanyak 3 kali jadi modus dari dari data tersebut adalah 5.


           
E.    Pendekatan/model/metode
Pendekatan : Pendekatan saintifik (Scientific)
Model        : Cooperative Learning
Metode      : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi

Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media Pembelajaran      :  Papan tulis, spidol, penghapus dan carton manila
Sumber belajar               :  Buku matematika kelas IX, LK

    F.     Penilaian
    1.     Tehnik penilaian
No
Aspek yang di nilai
Tehnik penilaian
Waktu penilaian
1

Sikap
a)     Bertanggungjawab dalam pembelajaran
LKS I
Kegiatan inti
2
Pengetahuan
a)     Memahami konsep statistika
            i.          Mengurutkan data tunggal. Mengenal dan menentukan data terkecil dan terbesar.
          ii.          Menentukan mean, median dan modus pada suatu data tunggal
LKS 1
Kegiatan inti
Mengetahui,                                                      Sidimpuan, 22 April  2019
Kepala SMP N 1 Padangsidimpuan                  Guru Mata Pelajaran


Adek Sahfitri M.Pd                                           Nur Aisyah  Hasibuan
NIP :                                                               NIM:1620200074


KELOMPOK :

NAMA :
1.      
2.      
3.      
4.      
LKS
A.    Mata Pelajaran      :  Matematika
B.    Kelas/Semester     :  IX / Satu
C.    Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian
1.1   Mengurutkan data tunggal, mengetahui data terkecil dan terbesar
1.2   Menentukan mean, median, dan modus dari suatu data tunggal.

D.    Petunjuk Belajar               : 
       Diskusikan  dengan  anggota  kelompokmu  untuk  membahas  dan
       menyelesaikan LKS di bawah ini.
      Amati gambar di bawah ini!.

Berikut adalah nilai ulangan matematika
    ·       Urutkanlah data tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................
·      Tentukan nilai yang tertinggi dan yang terendah dari diagram diatas?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................·       Tentukanlah mean, median dan modus dari diagram diatas?
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·       Tulis kesimpulannya!

Berdasarkan diagram diatas, maka dapat disimpulkan bahwa urutan data dari yang terkecil ke yang terbesar yaitu .........................................................................................Dan nilai tertinggi yaitu ........... , kemudian nilai terendahnya yaitu .......... . Dan nilai rata-ratanya (mean) yaitu .........., nilai tengah atau mediannya adalah ......... dan nilai yang sering muncul (modus) adalah........ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH ILMU AL-JARH WA AT-TA’DIL