RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N 1 PADANGSIDIMPUAN
Mata Pelajara : Matematika
Kelas : IX
Materi Pokok : STATISTIKA
Waktu : 2 x
40 menit
A. Kompetensi Inti.
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanuora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan proseural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengelola, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaedah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan IndikatorPencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menganalisis data berdasarkan nilai rata-rata,
median dan modus untuk mengambil kesimpulan.
|
1.1.1 Siswa mampu mengumpulkan data
dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data.
1.1.2 Siswa mampu mengurutkan data tunggal
1.1.3 Siswa mampu mengenal dan menetukan data terkecil dan terbesar
dari suatu data tunggal
|
2.1
Menyajikan dan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai rata-rata median dan modus
untuk mengambil kesimpulan
|
2.1.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai rata-rata, median dan modus
2.1.2 Siswa mampu membuat
kesimpulan dari suatu data tunggal.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Siswa dapat mengumpulkan data dengan
mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally
2. Siswa dapat mengurutkan data tunggal,
mengetahui data terkecil dan terbesar
3. Siswa dapat menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal
D. Materi Pembelajaran
Pengertian Statistika
Statistika
adalah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara dan aturan dalam pengumpulan, penyampaian,
pengolahan, dan pengambilan kesimpulan dari suatu data.
Mengumpulkan
Data
a.
Data Cacahan
Data Cacahan adalah Data yang diperoleh dengan cara menghitung atau
mencacahnya.
Misalnya: Dalam suatu RW terdiri dari 220 warga wanita dan 80 warga pria.
b.
Data Ukuran
Data ukuran atau data kontinu adalah Data yang diperoleh dengan cara mengukur.
Misalnya: tinggi badan dari lima orang siswa yaitu 175, 163, 181, 180, dan 170.
Mengurutkan
Data
Apabila data yang terkumpul dalam
jumlah banyak dan tidak teratur urutannya, maka kita akan mengalami kesulitan
untuk menganalisisnya. Sehingga kita perlu untuk mengurutkan data tersebut.
Dalam mengurutkan data biasanya dilakukan dengan mencatat banyaknya (frekuensi)
nilai data-nilai data yang sama kemudian diurutkan dari yang memiliki nilai
terkecil (minimum) sampai ke nilai yang tertinggi (maksimum). Namun jika data
yang kita peroleh dalam jumlah kecil, kita masih bisa mengolah atau
menganalisisnya dengan mudah, tanpa harus mengurutkan data tersebut.
Memusatkan
Data
a.
Mean
Mean adalah rata-rata
hitung dari suatu data
Misalnya dalam empat
kali ulangan matematika, seorang siswa memproleh nilai 7, 8 ,6, dan 9 maka
rata-rata hitung nilai ulangannya dapat ditentukan dengan cara menjumlahkan
semua nilai ulangan, kemudian membaginya dengan banyaknya ulangan yang diikuti.
Rata-rata nilai ulangan (mean) =
=
=
= 7,5
b. Median
Median adalah nilai
tengah dalam sekumpulan data, setelah data tersebut diurutkan.
Median adalah nilai
data yang terletak tepat di tengah-tengah jika banyak data ganjil. Misalnya
pada data 3, 5, 7, 8, 9 maka mediannya 7.
Median adalah nilai
rata-rata dari dua data tengah jika banyak data genap. Misalnya 4, 5, 6, 8,
9, 10 maka mediannya adalah nilai
rata-rata dari 6 dan 8, yaitu : = 7
c. Modus
Modus diartikan sebagai
nilai data yang paling sering muncul atau nilai data yang frekuensinya paling
besar.
Misalnya pada data 6,
5, 7, 8, 10, 5, 9, 5 maka dari data tersebut nilai yang paling sering muncul
adalah angka 5 yaitu muncul sebanyak 3 kali jadi modus dari dari data tersebut
adalah 5.
E. Pendekatan/model/metode
Pendekatan
: Pendekatan saintifik (Scientific)
Model : Cooperative Learning
Metode :
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
Media Pembelajaran :
Papan tulis, spidol, penghapus dan carton manila
Sumber belajar : Buku matematika kelas IX,
LK
F. Penilaian
1.
Tehnik penilaian
No
|
Aspek yang di nilai
|
Tehnik penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
a)
Bertanggungjawab dalam pembelajaran
|
LKS I
|
Kegiatan
inti
|
2
|
Pengetahuan
a)
Memahami konsep statistika
i.
Mengurutkan data
tunggal. Mengenal dan
menentukan data terkecil dan terbesar.
ii.
Menentukan mean, median dan modus pada suatu
data tunggal
|
LKS 1
|
Kegiatan
inti
|
Mengetahui, Sidimpuan, 22 April 2019 Kepala SMP N 1 Padangsidimpuan Guru Mata Pelajaran
Adek
Sahfitri M.Pd Nur Aisyah Hasibuan
NIP : NIM:1620200074
KELOMPOK
:
NAMA :
1.
2.
3.
4.
LKS
A. Mata Pelajaran :
Matematika
B. Kelas/Semester : IX
/ Satu
C. Kompetensi Dasar
dan
Indikator Pencapaian
1.1 Mengurutkan
data tunggal, mengetahui data terkecil dan terbesar
1.2
Menentukan mean,
median, dan modus dari suatu data tunggal.
D. Petunjuk
Belajar :
Diskusikan dengan
anggota kelompokmu untuk
membahas dan
menyelesaikan LKS di bawah ini.
• Amati gambar di bawah ini!.
Berikut
adalah nilai ulangan matematika
· Urutkanlah
data tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................
· Tentukan nilai
yang tertinggi dan yang terendah dari diagram diatas?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................·
Tentukanlah
mean, median dan modus dari diagram diatas?
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·
Tulis
kesimpulannya!
Berdasarkan diagram diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa urutan data dari yang terkecil ke yang terbesar yaitu
.........................................................................................Dan nilai tertinggi yaitu
........... , kemudian nilai terendahnya yaitu .......... . Dan nilai
rata-ratanya (mean) yaitu .........., nilai tengah atau mediannya adalah
......... dan nilai yang sering muncul (modus) adalah........
Komentar
Posting Komentar