MODEL
KETEMATIK TERPADU (INTEGRATED)
D
I
S
U
S
U
N
Oleh:
Kelompok 3
Nama NIM
Nurintan Hasibuan 1620500005
Ulmi Sri Indah 1620500019
Wilda Sari 1620500006
Dosen Pengampu:
H. Akhiril Pane, M.Pd
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
PADANGSIDIMPUAN
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT
penulis hanturkan karena dengan limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya penulis
dapat menyelesaikan tugas makalah pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD/MI yang berjudul “Model Ketematik Terpadu”. Shalawat dan
salam penulis hadiahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW sebagai uswatul
hasanah bagi seluruh manusia dan mengemban pencerahan kehidupan.
Makalah ini dibuat bertujuan untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Dimana untuk dapat
menambah pengetahuan dan
lebih mengerti tentang
model-model pembelajaran yang digunakan ketika mengajarkan Bahasa Indonesia di
MI/SD agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Terima kasih
penulis sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini
sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu. Kepada teman-teman yang
membantu memberikan masukan dan sumbangan pemikiran atas terselesainya makalah
ini.
Semoga penulisan
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk diaplikaskan dalam kehidupan
sehari-hari, dan penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Kritik dan
saran yang membangun sangat penulis
harapkan dari pembaca agar pembuatan makalah kedepannya lebih baik lagi
daripada yang sebelumnya.
Amin Yaa
Robbal ‘Alamin
Padangsidimpuan 10 April 2019
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah.............................................................................. 2
C.
Tujuan Makalah................................................................................. 2
D.
Manfaat Makalah............................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Model Pembelajaran Ketematik Terpadu (Integtated..... 3
B.
Karakteristik Model Pembelajaran Integrated.................................. 4
C.
Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Integrated............. 6
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan........................................................................................ 7
B.
Saran................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Keterpaduan merupakan pendekatan dalam
belajar dan cara berpikir yang memandang proses berbahasa sebagai bagian
integral dalam belajar di bidang apapun. Ini berarti bahwa khususnya di SD
bahasa tidak dipelajari sebagai mata pelajaran seperti sains, misalnya,
melainkan terpadu dalam penggunaannya untuk mempelajari apapun. Aspek-aspek
keterampilan berbahasa dikembangkan secara langsung melalui kegiatan belajar
dalam semua bidang. Agar dapat terjadi keterpaduan dalam pembelajaran dapat
menggunakan unit tematik. Hal ini menjadi sarana keterpaduan di samping
memberikan makna bagi anak.
Selain itu, Pembelajaran terpadu merupakan
suatu aplikasi salah satu startegi pembelajaran berdasarkan pendekatan
kurikulum terpadu yang bertujuan untuk menciptakan atau membuat proses
pembelajaran secara relevan dan bermakna bagi anak. Pembelajaran terpadu
didasarkan pada pendekatan inkuiri, yaitu melibatkan siswa mulai dari
merencanakan, mengeksplorasi, dan brain storming dari siswa. Dengan pendekatan
terpadu siswa didorong untuk berani bekerja secara kelompok dan belajar dari
hasil pengalamannya sendiri. Selanjutnya dijelaskan bahwa dalam pelaksanaannya
anak dapat diajak berpartisipasi aktif dalam mengeksplorasi topik atau
kejadian, siswa belajar proses dan isi (materi) lebih dari satu bidang studi
pada waktu yang sama.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah Pengertian Model Pembelajaran Ketematik Terpadu (Integtated)?
2.
Jelaskan Karakteristik Model Pembelajaran Integrated?
3.
Jelaskan Kelebihan dan Kelemahan Integrated?
C.
Tujuan Makalah
1.
Untuk Mengetahui Model Pembelajaran Ketematik Terpadu (Integtated).
2.
Untuk Mengetahui Karakteristik Model Pembelajaran Integrated.
3.
Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Integrated.
D.
Manfaat Makalah
Pembuatan
makalah ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca tentang teknik
pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS di MI/SD.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Model Pembelajaran Ketematik Terpadu
(Integrated)
Pembelajaran integrated (terpadu) merupakan
suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa
aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan
adanya pemaduan itu, siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara
utuh, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini
memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami
konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang
menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pearan
Pembelajaran
terpadu tipe integrated (keterpaduan) adalah tipe pem¬belajaran terpadu yang
menggunakan pendekatan antar bidang studi, menggabungkan bidang studi dengan
cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep dan
sikap yang saling tumpang tindih dalam beberapa bidang studi.
Gambar 1. Model
pembelajaran ketematik terpadu
B.
Karakteristik
Model Integrated
Model pembelajaran terpadu ini menggunakan
pendekatan antar mata pelajaran. Model ini diusahakan dengan cara menggabungkan
beberapa mata pelajaran yaitu dengan menetapkan prioritas dari kurikulum dan
menemukan keterampilan, konsep dan sikap yang saling tumpang tindih di dalam
beberapa mata pelajaran.
Model pembelajaran integrated (terpadu)
mempunyai ciri khusus yakni memadukan sejumlah topik dari mata pelajaran yang
berbeda tetapi inti topiknya sama. Pada model ini tema yang berkaitan dan
tumpang tindih merupakan hal terakhir yang ingin dicari dan dipilih oleh guru
dalam tahap perencanaan program. Pertama kali guru menyeleksi konsep-konsep,
keterampilan dan sikap yang diajarkan dalam satu semester dari beberapa bidang
studi, selanjutnya dipilih beberapa konsep, keterampilan, dan sikap yang
memiliki keterhubungan yang erat dan tumpang tindih di antara berbagai bidang studi.
Sebagai suatu proses, pembelajaran terpadu
memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Pembelajaran terpusat pada anak
Pembelajaran
terpadu dikatakan sebagai pembelajaran yang berpusat pada anak, karena pada
dasarnya pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang
memberikan keleluasaan pada siswa, baik secara individu maupun secara kelompok.
Siswa dapat aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip
dari suatu pengetahuan yang harus dikuasainya sesuai dengan perkembangannya.
2. Menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan
Pembelajaran
terpadu mengkaji suatu fenomena dari berbagai macam aspek yang membentuk
semacam jalinan antarskemata yang dimiliki oleh siswa, sehingga akan berdampak
pada kebermaknaan dari materi yang dipelajari siswa. Hasil yang nyata didapat
dari segala konsep yang diperoleh dan keterkaitannya dengan konsep-konsep lain
yang dipelajari dan mengakibatkan kegiatan belajar menjadi lebih bermakna. Hal
ini diharapkan dapat berakibat pada kemampuan siswa untuk dapat menerapkan
perolehan belajarnya pada pemecahan masalah-masalah yang nyata dalam
kehidupannya.
3. Belajar
melalui proses pengalaman langsung
Pada
pembelajaran terpadu diprogramkan untuk melibatkan siswa secara langsung pada
konsep dan prinsip yang dipelajari dan memungkinkan siswa belajar dengan
melakukan kegiatan secara langsung, sehingga siswa akan memahami hasil
belajarnya secara langsung dengan fakta dan peristiwa yang mereka alami, bukan
sekedar informasi dari gurunya. Guru lebih banyak bertindak sebagai fasilitator
yang membimbing ke arah tujuan yang ingin dicapai, sedangkan siswa sebagai
aktor pencari fakta dan informasi untuk mengembangkan pengetahuannya.
C.
Kelebihan
dan kekurangan pembelajaran terpadu tipe Integrated
Tipe integrated memiliki
kelebihan, yaitu:
1. Adanya kemungkinan pemahaman
antar bidang studi, karena dengan memfokuskan pada isi pelajaran, strategi
berpikir, keterampilan sosial dan ide-ide penemuan lain, satu pelajaran dapat
mencakup banyak dimensi, sehingga siswa, pembelajaran menjadi semakin diperkaya
dan berkembang.
2. Satu pelajaran dapat mencakup
banyak dimensi, sehingga siswa menjadi kaya akan pengetahuan dari apa yang
telah diajarkan guru melalui model integrated.
3. Memotivasi siswa dalam belajar.
4. Tipe terintegrasi juga memberikan
perhatian pada berbagai bidang yang penting dalam satu saat, tipe ini tidak
memerlukan penambahan waktu untuk bekerja dengan guru lain. Dalam tipe ini,
guru tidak perlu mengulang kembali materi yang tumpang tindih, sehingga
tercapailah efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
Kekurangan
tipe Integrated yaitu :
1. Terletak pada guru, yaitu guru
harus menguasai konsep, sikap, dan keterampilan yang diprioritaskan.
2. Tipe ini memerlukan tim antar
bidang studi, baik dalam perencanaannya maupun pelaksanaannya.
3. Pengintegrasian kurikulum dengan
konsep-konsep dari masing-masing bidang studi menuntut adanya sumber belajar
yang beraneka ragam.
4. Dalam penerapannya ,sulit
menerapkan tipe ini secara penuh.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pembelajaran integrated (terpadu) merupakan
suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa
aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan
adanya pemaduan itu, siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara
utuh, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
Sebagai suatu proses, pembelajaran terpadu
memiliki karakteristik sebagai berikut : Pembelajaran terpusat pada anak, Menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan, Belajar
melalui proses pengalaman langsung
Tipe integrated memiliki
kelebihan, yaitu: Adanya kemungkinan pemahaman antar bidang studi, karena
dengan memfokuskan pada isi pelajaran, Satu pelajaran dapat mencakup banyak
dimensi, sehingga siswa menjadi kaya akan pengetahuan dari apa yang telah
diajarkan guru melalui model integrated., Memotivasi siswa dalam belajar., Tipe terintegrasi juga memberikan perhatian pada berbagai
bidang yang penting dalam satu saat, tipe ini tidak memerlukan penambahan waktu
untuk bekerja dengan guru lain.
Kekurangan
tipe Integrated yaitu : Terletak pada guru, yaitu guru harus menguasai konsep,
sikap, dan keterampilan yang diprioritaskan., Tipe ini memerlukan tim antar
bidang studi, baik dalam perencanaannya maupun pelaksanaannya. Pengintegrasian
kurikulum dengan konsep-konsep dari masing-masing bidang studi menuntut adanya
sumber belajar yang beraneka ragam.
B.
Saran
Semoga makalah ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca dan
dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DAFTAR
PUSTAKA
Uriyanto, Pembelajaran
Terpadu Tipe Integrated, http://kompasiana.com, diakses pada tangganl 12 April 2019 pukul 14.09 WIB.
<script data-ad-client="ca-pub-3224888017981904" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Komentar
Posting Komentar