MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

RPP Sholat Sunnah Munakhat Kelas VII/2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : MTs Mardiyah Islamiyah
Mata Pelajaran                       : FIQIH
Kelas/Semester                       : VII/2
Materi Pembelajaran              : Sholat Sunah Muakkad
Alokasi Waktu                        : 2x35 menit (1xPertemuan).

A.    Kompetensi Inti
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kajian tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.    Kompetensi Dasar
1.2 Menerima keadaan sholat sunah
1.3 Menghayati nilai-nilai positif dalam melakukan sholat sunah
2.2 Memahami ketentuan sholat sunah muakkad
2.3 Menganalis sholat sunah muakkad
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.     Menjelaskan pengertian sholat sunah.
2.     Menyebutkan pengertian sholat sunah muakkad.
3.     Menyebutkan macam-macam sholat sunah muakkad.
4.     Menjelaskan hikmah sholat sunah.
D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.     Merumuskan arti sholat sunah.
2.     Menjelaskan pengertian sholat sunah muakkad.
3.     Menyebutkan macam-macam sholat sunah muakkad
4.     Menjelaskan hikmah sholat sunah.
E.    Materi Pembelajaran
1.       Pengertian sholat sunah adalah semua sholat selain sholat fardhu yang lima waktu dimana jika kita menunaikannya akan mendapatkan ganjaran sedangkan jika tidak dilaksanakan tidak mendapatkan dosa.
2.       Sholat sunah muakkad merupakan sholat sunah yang sangat dikuatkan (selalu dikerjakan) Rasulullah Saw. Sholat sunah muakkad merupakan sholat yang betul-betul dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat Islam sebagaimana Nabi juga melakukannya.
3.       Sholat sunah muakkad terdiri dari beberapa macam, diantaranya:
a.    Sholat sunah rawatib muakkad.
b.   Sholat sunah malam (Sholat tarawih, sholat tahajud, sholat witir).
c.    Sholat idain (Sholat idul fitri dan sholat idul adha).
d.   Sholat sunah tahiyatul masjid.
e.    Sholat sunah dhuha.
4.       Hikmah sholat sunah adalah sebagai berikut:
a.     Sholat sunah adalah sholat yang berupa anjuran. Hikmah dan manfaatnya untuk menutupi kekurangan-kekurangan dalam sholat fardhu, contoh sholat rawatib.
b. Orang yang sering melakukan sholat sunah dinaikkan derajatnya dan digolongkan orang-orang muttaqin serta memperoleh ketenteraman hidup lahir dan batin.
c. Mengerjakan sholat dhuha memperoleh keutamaan yang besar dan merupakan pengganti kebaikan yang tidak dapat dijalanakan serta mempermudah dan barokah dalam rizki.
F.     Metode pembelajaran
1.     Pendekatan
Scientific (Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).
2.     Model
Pembelajaran langsung.
3.     Metode
a. Artikulasi (membuat atau mencari pasangan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
b. Diskusi (melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran).
c. Ceramah (seorang guru berperan aktif dalam proses pembelajaran).
G.   Media Pembelajaran
1.     Laptop/notebook
2.     Papan tulis
3.     Daoble polio
4.     Kertas origami
H.    Sumber Belajar
1.   Buku pedoman buku Fiqih kelas VII MTs.
2.   Buku pegangan siswa Fiqih kelas VII MTs paket siswa.
3.   Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar.
4.   Lembar penilaian.
I.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan pendahuluan
a.   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.   Guru memeriksa kehadiran, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.   Guru dapat memakai beberapa alternative media/alat peraga/alat bantu, dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
e.   Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar materi sholat sunah, sholat sunah muakkad dan hikmah sholat sunah.
f.    Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the education-diagnosis meeting. Artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran dikelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode tanya jawab.
2.   Kegiatan Inti
a.   Guru meminta peserta didik mengamati materi yang terdiri atas 4  materi.
b.   Peserta didik mengemukakan isi materi tersebut dengan bimbingan guru.
c.   Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi materi tersebut. Yaitu:
1. Materi 1 tentang pengertian sholat sunah.
2. Materi 2 tentang pengertian sholat sunah muakkad.
3. Materi 3 tentang macam-macam sholat sunah muakkad.
4. Materi 3 tentang hikmah sholat sunah.
d.   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan guru memberikan gambaran yang acak berupa pertanyaan dan akan dijawab oleh peserta didik secara berkelompok tentang :
1. Sholat sunah yang dikuatkan merupakan sholat?.
2. Sholat sunah malam yang dikerjakan berjamaah pada bulan Ramadhan adalah sholat?.
3. Sholat sunah malam yang dikerjakan secara sendirian adalah sholat?.
4. Sholat yang dikerjakan pada 1 syawal adalah sholat?.
e.   Peserta didik secara bergantian menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
f.    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi sholat sunah muakkad.
g.   Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
3.   Kegiatan Penutup
a.   Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.   Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa.
c.   Guru memberikan tugas tidak terstruktur.
d.   Sebelum berdoa, guru mengingatkan peserta didik untuk benar-benar menjaga sholatnya, walau sekalipun itu sholat sunah, dikarenakan sholat sunah juga merupakan pelengkap sholat fardhu, dan sholat sangat diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari agar hidup selalu damai dan tentram.
e.   Bersama-sama menutup pelajaran dengan doa.
J.     Penilaian
Pengamatan Efektif
1.     Penilaian pada kegiatan mengamati dan bertanya
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Nilai
A
b
c
1





2





3





4





Aspek dan rubric penilaian:
a.     Frekuensi dalam bertanya
1)     Jika peserta didik bertanya 3 kali atau lebih, skor 4.
2)     Jika peserta didik bertanya 2 kali, skor 3.
3)     Jika peserta didik bertanya 1 kali, skor 2.
b.     Keterkaitan pertanyaan dengan materi
1)     Jika pertanyaan sesuai dengan materi, skor 4.
2)     Jika pertanyaan kurang sesuai dengan materi, skor 3.
3)     Jika pertanyaan tidak sesuai dengan materi, skor 2.
c.      Kejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanya
1)     Jika bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami, skor 4.
2)     Jika bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang dipahami, skor 3.
3)     Jika bahasa tidak jelas, tidak lugas, dan sulit dipahami, skor 2.
Pedoman penskoran:
2.     Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut
No.
Nama Siswa
Aspek Penilian
Jumlah
1
2
3
4
5
1







2







3







4







Aspek  dan rubric penilaian:
a.     Pola berpikir saat menyampaikan informasi/pendapat
1)     Jika sama sekali tidak teratur, skor 1
2)     Jika sebagian kecil teratur, skor 2
3)     Jika sebagian besar teratur, skor 3
4)     Jika seluruhnya teratur, skor 4
b.     Pola berpikir saat memberikan argumentasi
1)     Jika sama sekali tidak teratur, skor 1
2)     Jika sebagian kecil teratur, skor 2
3)     Jika sebagian besar teratur, skor 3
4)     Jika seluruhnya teratur, skor 4
c.      Pola berpikir saat memberikan kritikan
1)     Jika sama sekali tidak teratur, skor 1
2)     Jika sebagian kecil teratur, skor 2
3)     Jika sebagian besar teratur, skor 3
4)     Jika seluruhnya teratur, skor 4
d.     Kemampuan dalam berbicara (memberikan informasi, berpendapat, berargumentasi)
1)     Jika sama sekali tidak lancar, skor 1
2)     Jika kadang lancar, kadang tidak, skor 2
3)     Jika sebagian besar lancar, skor 3
4)     Jika seluruhnya lancar, skor 4
3.     Penilaian sikap diri
Berikanlah ceklis pada kolom yang tersedia sesuai dengan kondisi peserta didik.
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Saya pernah melaksanakan sholat sunah muakkad


2.
Sebagai umat Islam saya senantiasa menjaga sholat dalam kondisi apapun


3.
Saya akan mengajak teman-teman untuk menggali informasi lebih jauh tentang sholat sunah muakkad.


4.
Saya yakin dengan melaksanakan sholat sunah muakkad merupakan cermin keimanan dan akan mendapat ganjaran pahala syurga yang penuh kenikmatan


5.
Saya akan mengajak teman-teman untuk menggali informasi lebih jauh tentang macam-macam sholat sunah muakkad.


Pedoman penskoran:
Ya: skor 4
Tidak: skor 0
4.     Penilaian penugasan mandiri tidak terstruktur
Coba kalian menuliskan pengalaman kalian tentang salah satu dari tema tadi (sholat sunah muakkad) yang kalian lakukan. Jika memungkinkan hasil pengalaman kalian ditempel di mading sekolah.
Skor penilaian:
a.      Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang telah ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00.
b.     Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,50.
c.      Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 2,50.
Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
1.     Nilai rata-rata penilaian efektif (nilai sikap dalam diskusi, dan nilai diri).
2.     Nilai penugasan diri tidak terstruktur.


Mengetahui,                                                                              Panyabungan,
Kepala MTs. Mardiyah Islamiyah                                            Guru Bid. Study
Panyabungan II



SALWA HASYIM NASUTION, S.Ag                         NUR AZIZAH LUBIS, SPd


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH ILMU AL-JARH WA AT-TA’DIL