BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKAG
Seorang guru profesional telah mengikuti beberapa
pelatihan yang berkaitan yang berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar. Dalam
keterampilan dasar mengajar tersebut ada delapan keterampilan yang dapat
digunakan guru selama proses belajar mengajar yaitu: keterampilan bertanya, keterampilan
memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan,
keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi
kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok
kecil dan perseorangan.
Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah
sangat penting kalau ingin menjadi seorang guru yang profesional, jadi
disamping dia harus menguasai subtansi bidang studi yang mampu, keterampilan
dasar mengajar merupakan suatu keterampilan penunjang untuk keberhasilan dalam
prosese belajar mengajar.
Salah satu keterampilan yang dikuasai oleh seorang
guru adalah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan di dalam kelas,
dalam kelompok kecil maupun perorangan akan terjadi hubungan intar personal
yang sehat dan akrab antara guru dan siswa, maupun antara siswa dan siswa. Dalam
melakukan keterampilan mengajar kelompok kelas
perlu diperhatikan kemampuan dan kematangan berfikir peserta didik, agar
apa yang disampaikan bisa diserap dan diterima oleh peserta didik.
B.
RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
pengertian keterampilan mengajar kelompok kelas?
2. Apa
peranan guru dalam keterampilan mengajar kelompok kelas?
3. Apa
saja komponen keterampilan mengajar kelompok kelas?
4. Apa
saja kelebihan dan kelemahan dalam keterampilan mengajar kelompok kelas?
C.
TUJUAN
MAKALAH
1. Untuk
mengetahui keterampilan mengajar kelompok kelas.
2. Untuk
mengetahui tentang peranan guru dalam keterampilan mengajar kelompok kelas.
3. Untuk
mengetahui komponen keterampilan mengajar kelompok kelas.
4. Untuk
mengetahui tentang kelebihan dan kelemahan dalam keterampilan mengajar kelompok
kelas.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Keterampilan Mengajar Kelompok Kelas
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, keterampilan
merupakan “kecakapan untuk menyelesaikan tugas”, sedangkan mengajar adalah
“melatih”. Dequeliy dan Gazali mendefenisikan mengajar adalah menanamkan
pengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat.
Berdasarkan pengertian diatas maka yang dimaksud
dengan keterampilan mengajar kelompok kelas adalah seperangkat atau kemampuan
dan kecakapan guru dalam melatih dan membimbing aktivitas dan pengalaman
seseorang serta membantunya berkembang dan menyesuaikan diri kepada lingkungan.
Jadi keterampilan mengajar kelompok kelas adalah
kecakapan menanamkan pengetahuan yang dilakukan pada kelompok siswa dan pada
siswa secara individu. Keterampilan mengajar kelompok kelas juga merupakan
suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap
setiap peserta didik, dan menjalin hubungan yang lebih akrab antara guru dan
peserta didik maupun antara peserta didik dengan peserta didik.
B.
Peranan
Guru Dalam Keterampilan Mengajar Kelompok Kelas
Dalam mengajar kelompok kelas maka guru berperan
sebagai berikut:
1. Organisator
Dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Tugas
guru sebagai organisator dalam kegiatan pembelajaran adalah menentukan dan mengarahkan
bagaimana cara siswa melakukan kegiatan, mengatur lingkungan belajar, dan mengoptimalkan
sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam
pengorganisasian ini yang lebih penting adalah mengatur siswa dan memberikan
tanggung jawab kepadanya untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
tersebut.
2. Sumber
Informasi Bagi Siswa.
Guru
adalah salah satu sumber informasi bagi siswa. Informasi yang disampaikan guru
dapat berupa informasi mengenai langkah-langkah pelaksanaan tugas, maupun
informasi lain yang diperlukan siswa untuk mengajar kelompok dalam kelas.
Selain informasi dari guru, siswa juga dapat menggali sumber informasi dari
berbagai sumber, seperti buku teks, majalah, surat kabar, televisi radio, dan
sebagainya.
3. Mendorong
Siswa Untuk Belajar Motivator.
Agar
siswa mau belajar, maka guru memberikan dorongan (motivasi) kepada siswa,
sebagai motivator, guru harus menciptakan kondisi kelas yang merangsang siswa
untuk melakukan kegiatan belajar dalam kelompok kelas. Untuk menjadi motivator
belajar guru hendaknya:
· Mengetahui
kebutuhan para siswa dan latar belakang pribadinya sehingga upaya memberikan
motivasi belajar kepada siswa sejalan dengan kebutuhan siswa tersebut.
· Menjalin
hubungan baik dan harmonis dengan para siswa agar kepatuhan dan kepercanyaan
siswa kepada guru tertanam pada siswa.
· Memiliki
perasaan humor yang positif dan normative sehingga tetap disegani dan disenangi
oleh siswa.
· Menampilkan
sosok kepribadian guru yang menjadi penutan siswa.
4. Penyediaan
materi dalam kesempatan belajar bagi siswa.
Guru
juga bertugas menyediakan pelajaran yang akan dipelajari siswa dalam pengajaran
kelompok dalam kelas. Berbagai sumber yang diperlukan siswa dalam proses
belajar mengajar tersebut perlu disediakan agar proses belajar mengajar dapat
berjalan dengan lancar.
5. Guru
mempunyai hak dan kewajiban yang sama seperti siswa.
Guru
sebagai peserta kegiatan mempunyai hak dan kewajiban yang sama seperti siswa
bererti guru ikut menyumbangkan pendapatnya untuk memecahkan masalah atau
mencari kesepakatan bersama seperti halnya para peserta didik.
C.
Komponen
Keterampilan Mengajar Kelompok Kelas
Adapun komponen
keterampilan mengajar kelompok kelas terdiri dari:
1. Keterampilan
mengadakan pendekatan pribadi, yang ditampilkan dengan cara:
a. Menunjukkan
kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan dan perilaku siswa.
b. Mendengarkan
dengan penuh rasa simpati gagasan yang dikemukakan siswa.
c. Merespon
secara positif pendapat siswa.
d. Membangun
hubungan berdasarkan rasa saling mempercayai.
e. Menunjukkan
kesiapan untuk menerima persaan peserta didik dengan penuh pengertian.
f. Berusaha
mengendalikan situasi agar siswa merasa aman, terbantu, dan mampu menemukan
pemecahan masalah yang dihadapinya.
2. Keterampilan
mengorganisasikan kegiatan pemebelajaran, yang ditampilkan dengan cara:
a. Memberikan
orientasi umum tentang tujuan, tugas, dan cara mengerjakannya.
b. Memvariasikan
kegiatan untuk mencegah timbulnya kebosanan siswa dalam belajar.
c. Memabantu
kelompok yang tepat, dan mengkordinasikan kegiatan.
d. Membagi
perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan siswa.
e. Menghakiri
kegiatan dengan kulminasi.
3. Keterampilanmembimbingdan
memberikan kemudahan belajar, yang ditampilkan dengan cara:
a. Memberipenguatan
secara tepat.
b. Melaksanakan
supervisi proses awal.
c. Melaksanakan
supervisi proses lanjut.
d. Melaksanakan
supervisi pemaduan.
4. Keterampilan
merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang ditampilkan dengan cara:
a. Membantu
siswa menetapkan tujuan pembelajaran
b. Merancang
kegiatan belajar.
c. Bertindak
sebagai penasehat siswa.
d. Membantu
siswa menilai kemajuan belajarnya sendiri.
D.
Kelebihan
dan Kelemahan Keterampilan Mengajar Kelompok Kelas
Adapun kelebihan dan kelemahan dalam keterampilan
mengajar kelompok kelas adalah sebagai berikut:
1. Kelebihan
dalam keterampilan mengajar kelompok kelas
a. Dalam
proses mengajar ini memungkinkan penyerapan pelajaran pada setiap siswa dapat
lebih maksimal.
b. Guru
dapat lebih mudah melakukan pendekatan pada setiap masing-masing siswa sehingga
guru dapat memahami karakter masing-masing siswa, jadi gruru lebih mudah
menentukan metode pembelajaran yang cocok untuk siswa.
2. Kelemahan
dalam keterampilan mengajar kelompok kelas
a. Pengembangan
informasi kurang luas karena keterbatasan siswa.
b. Kurangnya
motivasi siswa dalam bersaing karena variasi karakter siswa terbatas.
c. Kurangnya
jiwa sosial pada siswa.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Keterampilan
mengajar kelompok kelas adalah kecakapan menanamkan pengetahuan yang dilakukan
pada kelompok siswa dan pada siswa secara individu. Keterampilan mengajar
kelompok kelas juga merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru
memberikan perhatian terhadap setiap peserta didik, dan menjalin hubungan yang
lebih akrab antara guru dan peserta didik maupun antara peserta didik dengan
peserta didik.
Dalam keterampilan mengajar kelompok kelas maka guru
berperan sebagai:
1. Organisator
dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Sumber
informasi bagi siswa.
3. Pendorong
siswa untuk belajar (motivator)
4. Penyediaan
materi dalam kesempatan belajar bagi siswa.
5. Guru
mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan siswa.
B.
Saran
Sebagai calon guru seharusnya mahasiswa menguasai
keterampilan mengajar kelompok kelas. Hal ini dimaksudkan agar para guru dapat
bekerja dengan professional sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan
Indonesia.
DAFTAR
PUSTAKA
Adikara,
2008. Keterampilan Mengajar Kelompok
Kelas dan Perorangan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muhiddin
Ali, 2011. Keterampilan Mengajar Kelompok
Kelas, Jakarta: Erlangga.
Wongkar
Cindya, 1998. Keterampilan Mengajar
Kelompok, Bandung: Sinar Baru.
http://massofa.wordpress.com/2010/04/Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan
Perorangan.html, Diakses pada tanggal
23 Maret 2019 pukul 21.00.
<script data-ad-client="ca-pub-3224888017981904" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Komentar
Posting Komentar