RENCANA
PEMBELAJARAN (RP)
Tema
7 Peristiwa Dalam Kehidupan
Sub
Tema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Satuan
Pendidikan :
SDN 100860 Tapian Nadenggan
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Tema/Subtema : Tema
VII/Subtema 3
Kelas/Semester : V/II
Alokasi
Waktu : 1
X 35 menit
Pembelajaran
Ke : 1 (Satu)
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, satun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa igin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan sekolah.
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa
Indonesia
3.9 Mencermati penggunaan kalimat
efektif dan ejaan dalam surat undangan
4.9 Membuat surat undangan
Indikator
· Siswa
mampu membuat undangan menggunakan kalimat efektif
IPA
3.7 Menganalisis pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
4.7 melaporkan hasil percobaan
pengaruh kkalor pada benda
Indikator
· Siswa
mampu melihat perubahan wujud benda dan menuliskan laporan
IPS
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor
penting penyebab penjajahan Indonesia dan upaya bangsa Indonesia mempertahankan
kedaulatannya
4.4 Menyajikan hasil identifikasi
mengenal faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya
bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
Indikator
· Siswa
mampu membaca bacaan kegiatan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta
menemukan kosa kata efektif.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
membaca siswa dapat membuat undangan dengan peggunaan ejaan yang tepat dengan
penuh ppercaya diri
2. Dengan
melakukan percobaan siswa dapat mengamati perubahan wujud benda yang
dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan penuh tanggung jawab
3. Dengan
membaca siswa dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan dalam mengisi kemerdekaa
dengan penuh kepedulian
4. Dengan
mangamati gambar siswa dapat menyebutkan kegiatan-kegiatan pembangunan untuk
mengisi kemerdekaan dengan penuh kepedulian
D.
Materi
pembelajaran
1. Siswa
membuat uundangan dengan ejaan yang tepat
2. Siswa
mengamati prubahan wujud benda
3. Siswa
mmengidentifikasi kkegiatan mengisi kkemerdekaan
4. Menyebutkan
kegiatan-kegiatan mengisi kemerdekaan
E.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan
adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab
F.
Model
pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan
adalah model pembelajaran kooperatif
G.
Media
Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan
berupa gambar dan teks narasi
H.
Pendekatan
Pembelajaran
pendekatan yang digunakan berupa
pendekatan saintifik
I.
Tekhnik
Pembalajaran
Tekhnik yang digunakan berupa pemberian
tugas individu dan kelompok
J.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam
2. Guru menyapa siswa/siswai
3. Guru mengabsen kehadiran sisw/siswi
4. Guru memerintahkan seorang siswa untuk memimpin doa
secara bersama-sama
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru menyampaikan tema, subtema, dan pembelajaran
yang akan disampaikan
|
5 menit
|
Inti
|
Ayo mengamati
1. Siswa secara mandiri mengidentifikasi
bagian-bagian surat dan jenis-jenis surat yang ada pada buku siswa
2. Guru berkeliling untuk membantu siswa yang
mengalami kesulitan
3. Setelah semua siswa selesai guru meminta setiap
siswa membacakan hasil pekerjaannya
4. Guru mengapresiasi, mengonfirmasi dan melakukan
peguatan terhadap semua jjawaban siswa
5. Pada akhir kegiatan guru mengajak siswa untuk
mengambil kesimpulan bersama-sama
Ayo berdiskusi
1. Sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman yang telah
dipelajari sebelumnya tentang surat, siswa membuat perbandingan jenis-jenis
surat
2. Siswa mengerjakan dalam kelompok dan guru
berkeliling membantu siswa mengalami kesulitan
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membuka buku atau catatan untuk membantu kkelompoknya dalam mengerjakan tugas
4. Pada akhir kegiatan satu kelompok diminta secara
suka rela untuk menuliskan hasil kerja kelompoknya dipapan tulis
Ayo mencoba
1. Siswa melakukan percobaan perubahan wujud benda,
menyublin.
2. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok
3. Setiap siswa mencatat peristiwa yang terjadi
selama percobaan berlangsung
4. Setiap siswa berhak mengemukakan pendapatnya
Ayo membaca
1. Siswa membaca bacaan tentang mengisi kemerdekaan
dengan pembangunan diberbagai bidang
Ayo berlatih
1. Siswa mencari dan menuliskan kosa kata baku dan
tidak baku
2. Siswa melakukannya secara mandiri
3. Guru berkeliling membantu siswa yang kesulitan
4. Setelah selesai guru meminta siswa membacakan
hasilnya
5. Guru mengapresiasi, mengonfirmasi dan menguatkan
jjawaban siswa
|
25 menit
|
Penutup
|
1. Guru mengumpul tugas mandiri siswa untuk
diportofoliokan
2. Guru menanyakan apakah masih ada yamh kurang jelas
dan ingin ditanyakan lagi
3. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas di
rumah
4. Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah
disampaikan
5. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5
menit
|
K.
Penilaian
1. Penilaian
unjuk kerja
Menulis
berdasarkan pengamatan gambar
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
Isi dan
pengetahuan
|
|
|
|
|
Penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Catatan: beri
tanda centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
2. Penilaiaan
percobaan menyelidiki peristiwa menyublin
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
Persiapan
alat dan bahan
|
|
|
|
|
Merangkai
alat percobaan
|
|
|
|
|
Keterampilan
melakukan dan mengamati percobaan
|
|
|
|
|
Catatan: Beri
tanda centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
3. Penilaian
Prestasi
Kompetensi
penilaiaan
a. Pengetahuan
siswa tentang pengetahuan gambar yang diamati
b. Keterampilan
siswa dalam mengamati
c. Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
Tata
Bahasa
|
|
|
|
|
Sikap
|
|
|
|
|
Catatan:
Beri tanda centang (√) ada bagian yang memenuhi kriteria
Mengetahui Tapian
Nadenggan, April 2019
Kepala Sekolah Guru
Kelas
HANIK, S.Pd.SD Sari Khadijah Nasution
NIP. 19660507 198803 2 016 NIM. 1620500037
Komentar
Posting Komentar