MAKALAH RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM By. Retno, dkk. A.       PENDAHULUA N   a.         Latar Belakang Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupanmanusia. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya selalu menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Persoalan yang satu dapat diatasi, persoalan yanglain muncul, demikian seterusnya. Manusia tidak sama satu dengan yang lain, baik dalamsifat maupun kemampuannya. Ada manusia yang danggup mampu mengatasi persoalan tanpa bantuan dari pihak lain, tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibanntu orang lain, maka dari inilah bimbingan konseling dibutuhkan. Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan.Mengingat bahwa bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yangdiberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah. Hal inisangat relevan jika dilihat dari perumusan bahwa pend

RPP SD Sub 4 Sehat Itu Penting



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Nama Sekolah         : SDN 1 Natal
Mata pelajaran        : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tema 4                     : Sehat Itu Penting
Subtema                   : Sub tema 1 Peredaran Darahku Sehat.
                                    Sub tema 2 gangguan kesehatan pada organ tubuh
                                    Sub tema 3 cara memelihara kesehatan pada organ peredaran darah.
Kelas / Semester     : V /1 (Satu).
Alokasi Waktu          : 1 Hari.
Pembelajaran ke     : 1


A.      KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
            Percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, guru dan tetangga.
3.     Memahami pengetahuan factual dengan  caramengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanyaber dasarkan rasa ingin   tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan  berakhlak mulia.
B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI:
KOMPETENSI DASAR
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
3.4       Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
4.4       Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
INDIKATOR PENCAPAIAN
3.4.1    menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
4.4.1    menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.
C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
·       Dengan kegiatan mengamati gambar peredaran darah manusia, siswa dapat menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
·       Dengan kegiatan berkreasi menggambar, siswa dapat menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.
·       Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat menjelaskan berbagai macam gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia secara rinci
·       Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mempresantasikan berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia dengan menggukan model sederhana.
·       Dengan kegiatan mencari tahu tentang berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah dan cara pencegahaannya, siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah

D.      MATERI PEMBELAJARAN
·       Mengamati gambar organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
·       Menuliskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
·       Mengidentifikasi jenis gangguan pada organ peredaran darah manusia
·       Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia

ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA
Darah sangat penting peranannya bagi manusia. Peranan darah antara lain mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju paru-paru. Dalam tubuh manusia, darah mengalir melalui organ-organ peredaran darah. Apa saja organ peredaran darah manusia? Apa fungsi organ peredarandarahmanusia?

A.SistemPeredaranDarahKecil
Sistem peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut :Bilik kanan
arteri pulmonalis paru-paru vena pulmonalis serambi kiri.
Peredaran Darah Kecil
B.PeredaranDarahBesar
Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon dioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.
Bilik kiri →arteri besar (aorta) →arteri →seluruh tubuh →vena →serambi kanan

Organ tubuh manusia yang berperan dalam peredaran darah adalah : Jantung, Pembuluh Darah, dan Paru-Paru. Fungsi atau peranan organ peredaran darah pada manusia adalah sebagai berikut.
1.     Jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
2.     Pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
3.     Paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah

1.Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.

Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri
atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
Jantung
Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida
Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, melalui denyut nadi kamu dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.
2.PembuluhDarah
Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuhmenujujantung.
Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km.
Berikut ini perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
No.
Perbedaan
Pembuluh Nadi
Pembuluh Balik
1.
Nama lain pembuluh nadi adalah arteri.
Nama lain pembuluh balik adalah vena.
2.
Berisi darah bersih (kaya oksigen).
Berisi darah kotor (kaya karbon dioksida).
3.
Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.
Mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.
4.
Denyut terasa
Denyut tidak terasa
5.
Jika terluka darah meluncur deras
Jika terluka darah hanya menetes
6.
Dinding pembuluh kuat, tebal dan elastis
Dinding pembuluh tipis dan tidak elastic
7.
Pembuluh nadi letaknnya agak kedalam,  tersembunyi dari permukaan tubuh
Pembuluh balik letaknnya dekat permukaan :tubuh dan tampak kebiru-biruan
Pembuluh dan Paru-paru
3.Paru-Paru
Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui prosespernapasan.

Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

AyoBerkreasi
Kamu telah mempelajari peredaran darah manusia. Coba pahami materinya dan gambarlah. Kemudian, tuliskan keterangan gambar yang kamu buat. Tuliskan juga cara kerjanya. Gambar organ peredaran darah manusia.
Fungsi Organ
Cara kerja organ peredaran darah manusia.
Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil

2.  Gangguan pada sistem peredaran darah manusia

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/9/97/Gangguan_pada_sistem_peredaran_darah.jpg/300px-Gangguan_pada_sistem_peredaran_darah.jpg

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia adalah kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran atau sirkulasi darah manusia baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Sistem peredaran darah berfungsi mengangkut makanan dan zat sisa hasil metabolisme.Sistem peredaran darah manusia terdiri dari darah, jantung, dan pembuluh darah.Sistem peredaran darah dapat mengalami gangguan (penyakit) dan kelainan bawaan (faktor genetis).Gangguan atau kelainan peredaran darah manusia dapat dikelompokkan menjadi kelainan pada darah dan kelainan pada pembuluh darah.
2.     Stroke Perdarahan

·      Hemofilia   
    •  
Penyebab Masalah pada Pembuluh Darah
Berbagai masalah yang terjadi pada Pembuluh Darah disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sistem peredaran darah terdiri atas jaringan dari organ, darah, dan pembuluh darah. Organ dan pembuluh darah bertanggung jawab untuk mengalirkan darah yang berisi, nutrisi, oksigen, hormon dan gas-gas lain menuju sel.
a.       Kolesterol dan Pola Makan
Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan oleh tubuh (organ hati) dan 20% dihasilkan dari luar tubuh berupa zat makanan. Kolesterol yang berasal dari zat makanan dapat meningkatan kadar kolesterol dalam darah.Tetapi jika konsumsi seimbang dengan kebutuhan, maka tubuh akan tetap sehat.Kolesterol tidak larut dalam darahUntuk itu, agar dapat dikirim ke seluruh tubuh, kolesterol dikemas bersama protein menjadi partikel lipoprotein. Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein
Banyaknya kolesterol atau kadar lemak ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak konsumsi makanan berlemak, maka akan semakin besar kadar kolesterol. Contoh makanan dengan kadar lemak yang menghasilkan kolesterol tinggi adalah gorengan, minyak kelapa atau kelapa sawitavokaddurian, daging berlemak, jeroan, kacang tanah, dan sejenisnya.
Kolesterol disebabkan oleh makanan cepat saji yang rendah serat dan tinggi lemak.[4] Selain itu, Kolesterol juga disebabkan oleh faktor keturunan.
b.   Gangguan pada Pembuluh Darah
Serangan Jantung
Serangan jantung terjadi saat rusaknya otot jantung (myocardium) akibat kurangnya pasokan darah karena penyumbatan dan terganggunya aliran darah secara mendadak.[4] Serangan jantung adalah puncak dari kerusakan yang berlangsung lama, yang menimbulkan kejutan emosional, kekacauan fisiologis, dan kelelahan mental.[4] Serangan jantung pertama kali digambarkan pada tahun 1912 sebagai rasa sakit di bagian dada yang terjadi terus-menerus hingga setengah jam, dan kemudian menjalar ke tangan kiri dan rahang. Akibatnya, muncul perasaan takut yang begitu besar dan kesulitan bernapas.
Gejala-gejala serangan jantung:
  • Kelelahan atau kepenatan
Jantung tidak efektif memompa aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, sehingga menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah.
  • Pusing dan pingsan
Disebabkan oleh penurunan aliran darah karena denyut jantung yang abnormal atau karena ketidakmampuan jantung memompa dengan baik.[4]
Tumor Jantung
Tumor adalah suatu pertumbuhan abnormal, bisa berupa kanker ganas ataupun nonkanker (benigna, jinak). Tumor di jantung dibagi menjadi dua kelompok:
Tumor Primer
Tumor primer berasal dari dalam jantung dan bisa terjadi pada bagian mana pun dari jaringan jantung.
Tumor Sekunder
Tumor sekunder berasal dari bagian tubuh lain (biasanya paru-parupayudara, dan kulit) yang menyebar ke jantung.
Sebagian besar tumor jantung berbentuk miksoma.Miksoma adalah tumor jinak, dimana bentuknya seperti agar-agar dan tidak teratur. 75% dari miksoma berada di atrium kiri (bilik jantung yang menerima darah yang kaya akan oksigen dari paru-paru).
Gejala miksoma:
Stroke
Stroke adalah gangguan fungsi sistem saraf yang terjadi mendadak dan disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak. Gangguan peredaran darah otak dapat berupa tersumbatnya pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah. Hal ini menyebabkan kekurangan pasokan oksigen ke otak. Gangguan fungsi otak ini yang menyebabkan gejala stroke.
Jenis-jenis Stroke
Stroke Sumbatan (Stroke Iskemik)
Stroke sumbatan terjadi saat pembuluh darah ke otak tersumbat. Stroke sumbatan terbagi dua, yaitu sumbatan akibat thrombus dan sumbatan akibat emboli. Thrombus terjadi di dinding pembuluh darah sebagai bagian dari proses pengerasan dinding pembuluh darah (atherosklerosis). Emboli adalah gumpalan darah yang berasal dari organ lain (misalnya gumpalan darah dari jantung).
Diabetes Melitus
Diabetes melitus dapat meningkatkan risiko stroke dua kali lipat. Peningkatan kadar gula berhubungan lurus dengan risiko stroke (semakin tinggi kadar gula dalam darah, semakin mudah terkena stroke).
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/6/6a/Obesitas.jpg/250px-Obesitas.jpg
Obesitas adalah berat badan berlebih memiliki risiko yang tinggi.] Penelitian menghubungkan kegemukan (terutama kegemukan sentral) dengan peningkatan risiko stroke (Olsen, 2003). Kegemukan sentral didefenisikan sebagai lingkar pinggang 120 cm atau lebih pada laki-laki dan 88 cm atau lebih pada perempuan.
c.   Gangguan pada Darah
Anemia
Anemia adalah penyakit akibat kekurangan hemoglobin dalam darah. Penyebab anemia adalah kurangnya kandungan hemoglobin dalam eritrosit, kurangnya eritrosit dalam darah, dan atau kurangnya volume darah dari volume normal. Anemia dapat terjadi pada tubuh seseorang yang terluka dan mengeluarkan banyak darah, misalnya akibat kecelakaan. Anemia juga dapat terjadi karena kekurangan ion besi, atau kekurangan vitamin B12, anemia ini disebut anemia pernisiosa.

Hemofilia   
             https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/5/5a/Hemofilia.jpg/250px-Hemofilia.jpg
Hemofilia adalah penyakit darah yang sulit membeku. Luka sedikit saja darah dapat mengucur terus, sehingga penderita mengalami kurang darah, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini bersifat menurun, diwariskan orang tua kepada anaknya.Kaum laki-laki besar kemungkinan mendapat warisan penyakit ini, karena gen hemofilia cenderung menampakkan pengaruhnya pada laki-laki. Hemofilia bersifat mematikan sehingga kaum perempuan akan mati sebelum dewasa jika menderita penyakit ini.

E.    METODE, MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN:
1.   Metode ceramah dan Tanya jawab dan diskusi
2.   Model pembelajaran picture and picture
3.   Pendekatan saintifik.
F.     MEDIA DAN SUMBER BELAJAR:
·     Media gambar peredaran darahku sehat
·     Gambar gangguan gangguan kesehatan pada organ peredaran darah
·     Gambar memelihara kesehatan pada organ peredaran darah pada manusia
G.   SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku  teks bacaan, gambar peredaran darah manusia, dan alat tulis (misalnya, pensil, dan pulpen). RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1, 2 dan 3.
A.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan pembelajara
Deskripsi
Alokasi
Waktu



kegiatan guru    
kegiatansiswa
Pendahuluan
   Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
   Guru menyuruh siswa berdoa dipimpin olehseorang siswa
   Guru mengabsen kehadiran siswa
   Guru menanyakanapakah siswa ada membaca buku mata pelajaranmpadahari ini
   Siswa mengucapkan salam danmenjawab kabar mereka
   Siswa berdoa dipimpin oleh seorang siswa
   Siswa menjawab mengabsen kehadiran dari guru
   siswa menjawab pertanyaan guru apakah siswa ada membaca buku matapelajaran padahari ini.

10Menit
Kegiatan
Inti

   Guru bembuka pembelajaran dengan sebuah gambar peredaran darah
   Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok kecil dengan merapatkan kursi mereka dan memberikan  kertas yang berisi   gambar peredaran darah manusia
   Guru memberikan pertanyaan pertanyaan mengenai peredaran darah pada manusia
   Guru menanyakan bagian-bagian  dan fungsi mengenai peredaran darah pada manusia
   Masuklah pada materi kedua mengenai gangguan-gangguan kesehatan pada organ peredaran darah.
·    Guru menjelaskan mengenai gangguan kesehatan pada organ peredaran darah
   Guru menyanyakan nama-mana penyakit akibat gangguan-gangguan apa peredaran darah pada manusia.
    Masuklah pada Materi ketiga mengenai cara memelihara kesehatan pada organperedaran darah pada manusia
   Guru memberikan gambar kpada setiap kelompok siswa mengenai cara memelihara kesehatan  pada organperedaran darah pada manusia
   Guru dan siswa saling bertukar pikiran mengenai cara memelihara kesehatan  pada organperedaran darah pada manusia


   Siswa memperhatikan gambar peredaran darah
   Siswa membentuk beberapa kelompok kecil dengan merapatkan kursi mereka dan menerima kertas yang berisi   gambar peredaran darah manusia.
   Siswa menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan guru
·    Siswa menyebutkan bagian-bagian jantung yang terlibat dalam proses peredaran darah.
   Masuklah pada materi kedua mengenai gangguan-gangguan kesehatan pada organ peredaran darah.
·    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai gangguan kesehatan pada organ peredaran darah
   Siswa menyebutkan nama-mana penyakit akibat gangguan-gangguan apa peredaran darah pada manusia.
   Masuklah pada Materi ketiga mengenai cara memeliharakesehatan pada organperedaran darah pada manusia
   Siswa menerima gambar mengenai cara memelihara kesehatan  pada organperedaran darah pada manusia
   Siswa memberikan argument atau ide-ide untuk memelihara kesehatan  pada organ peredaran darah pada manusia

      45 menit
Penutup
   Kegiatan ditutup dengan menyanyikan lagu  aku anak sehat
   Guru memberikan kesimpulan mengenai materi tersebut.
   Guru memberi salam penutup dan siswa diperbolehkan untuk pulang.

      Siswa menyanyikan lagu aku anak sehat bersama-sama
      Siswa mendengarkan kesimpulan guru
      Siswa meninggalkan kelas
10    05 Menit

H. PENILAIAN

1.   Prosedur penilain
·       Penilain proses, Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dengan bentuk pengamatan.
·       Penilai hasil, penilaian dilaksanakaan pada akhir pembelajarandengan alat bantu berupa soal-soal.
2.     Bentuk penilaian
·       Bentuk penilaian subjektif
3.     Jenis penilaian
·       Tes lisan
·       Tes perupa pertanyaan


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel PKN.



  DAHRI S.Pd. M.Pd                                              SITI RAHMA S.Pd
          NIP. 19660428 198703 1 007                              NIP :19850417 201406001




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN

MAKALAH LANDASAN PENDIDIKAN

MAKALAH STRATEGI KEWIRAUSAHAAN