SEJARAH PENDIDIKAN
MATEMATIKA REALISTIK
D
I
S
U
S
U
N
Oleh: Kelompok I
NAMA: NIM:
Delfianis 1620500008
Fitriana 1620500007
Nurintan Hasibuan 1620500005
Safrida Handayani 1620500013
Alit Sundawi Halomoan 1620500023
Dosen
Pengampu:
Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd
PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI
PADANGSIDIMPUAN
2019
KATA
PENGANTAR
Puja dan puji syukur
penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat,hidayah dan
taufiq-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas kuliah berupa
makalah. Shalawat dan salam penulis hadiahkan kepada junjungan nabi besar
Muhammad SAW sebagai uswatul hasanah bagi seluruh umat manusia.
Penulisan makalah ini
dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Matematika Realistik yang
berjudul “SEJARAH
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK.” Dalam penulisan makalah ini tidak lepas dari hambatan dan
kesulitan, namun berkat bimbingan dan saran serta kerjasama dari berbagai pihak
sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu.
Dalam kesempatan ini
penulis dengan tulus hati mengucapkan terima kasih kepada:
1. Dosen
pengampu mata kuliah Pembelajaran Tematik yakni Dr. Ahmad Nizar Rangkuri, M.Pd yang
telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis.
2. Rekan-rekan
yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini tentunya tidak lepas
dari kekurangan, baik dari segi isi dan penyusun makalah. Oleh karena itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan
penulisan makalah di masa yang akan datang, semoga makalah ini dapat menambah
wawasan pembaca tentang
pendidikan matematika realistik ini.
Padangsidimpuan,
25
Februari 2019
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang...................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah................................................................................. 1
C. Tujuan
Makalah..................................................................................... 1
BAB
IIPEMBAHASAN
A. Sejarah Lahirnya
PMRI........................................................................ 3
B. Sejarah Kerja
Sama dengan Belanda.................................................... 4
C. Sejarah PMR di
Dunia Internasional.................................................... 5
BAB
III PENUTUPAN
A. Kesimpulan........................................................................................... 6
B. Saran
.................................................................................................... 6
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................... 7
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Matematika merupakan salah satu ilmu dasar dalam
kehidupan, yang semakin dirasakan manfaatnya dalam bidang-bidang ilmu lainnya
seperti ekonomi dan teknologi. Kata matematika berasal dari bahasa yunani
dengan kata “mathema” yang artinya sains, ilmu pengetahuan atau belajar.
Disiplin utama dalam matematika didasarkan pada kebutuhan perhitungan,
pengukuran dan memprediksi di bidang astronomi.
Akhir tahun 90-an , dunia pendidikan matematika
indonesia mulai mengenal satu inovasi khusus dalam proses pembelajaran matematika
yang diberi nama Realistic Mathematics Education yang berasal dari
Negara belanda. Pengembangan matematika
realistik didasarkan pada pandangan Freundhental terhadap pembelajaran
matematika.
Freudhental memilki pandangan bahwa matematika harus
dikaitkan dengan hal-hal yang nyata atau konkret bagi siswa, dan matematika
harus berhubungan dengan aktivitas manusia.
Pendidikan matematika realistik ini merupakan suatau
pendekatan yang sanagat menjanjikan dalam pembelajaran matematika. PMR memiliki
potensi untuk meningkatakan pemahaman matematika siswa, di mana, pembelajaran
matematika selalu menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siswa.
Dengan diterapkannya matematika realistik ini,
diharapakan capaian hasil belajar siswa bisa lebih meningkat. Untuk mencapai
hasil yang diinginkan diharapkan juga guru dapat berperan penting dalam hal
ini. Seperti mulai meyakinkan siswa bahwa setiap siswa memilki potensinya
masing-masing.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Jelaskan Sejarah Lahirnya PMR?
2.
Bagaiama Sejarah Kerja Sama dengan Belanda?
3.
Jelaskan Sejarah PMR di Dunia Internasuonal?
C. Tujuan Masalah
1.
Untuk Mengetahui Sejarah Lahirnya PMR.
2.
Untuk Mengetahui sejarah kerja sama dengan belanda.
3.
Untuk Mengetahui
Sejarah PMR di Dunia
Internasional.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah Lahirnya PMR
Realistic
mathematics Education, disingkat RME, merupakan teori
pembelajaran khusus dalam matematika yang dikembangkan pertama kali di negeri
Belanda, tepatnya di the Freudenthal Institute. Utrecht University, sejak
tahun 1970-an (Fruedenthal, 1991; Treffers, 1987; Van den Heuvel-Panhuizen
& Drijvers, 2014). Awal munculnya teori MRE adalah sejak adanya proyek Wiskobas
(Matematika di Sekolah Dasar) tahun 1998 yang di gagas Edu Wijdeveld dan
Fred Goffre, kemudian turut bergabung Adri Treffers. Ketika ketiga ahli
pendidikan matematika inilah yang pertama kali mengembangkan dasar-dasar dari
teori MRE.
Tahun 1991, ketika proyek Wiskobas menjadi bagian Institut IOWO, dengan
Hans Freudenthal sebagai direktur pertama mengembangkan projek Wiskivon
untuk pendidikan matematika sekolah menengah. Oleh karena itu, hal inilah yang
mendasari permulaan dalam mereformasi pendekatan pembelajaran matematika yang
sebelumnya.
Ketika Institut IOWO dipimpin Freudenthal maka Institut ini dinamakan
Freudenthal Institut yang merupakan Institut yang mereformasikan pendidikan
matematika di Belanda di bawah naungan Utrech University. Teori MRE banyak
dipengaruhi gagasan Freudenthal. Menurut Freudenthal gagasan pokok teori RME
hendaknya dikenalkan sebagai pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik sekaligus
matematika ini merupakan aktivitas manusia.
Hal lain yang perlu dipahami tentang MRE yaitu tentang istilah “Realistik”
yang berasal dari bahasa Belanda “zich REALISEren” yang bermakna untuk dibayangkan. Jadi, kata realistic
bisa bermakna:
1.
Konteks nyata yang ada dalam
kehidupan sehari-hari
2.
Konteks matematics formal di
dunia matematika
3.
Konteks hayalan yang tidak
ada dalam kenyataan tetapi hanya dapat di bayangkan.
AHLFORS, dalam suatu memorandum yang
dipublikasikan di Mathematics Teacher dan Mathematical Monthly
memberikan perhatian besar pada pengembangan kemampuan berpikir matematis.
Ahlfors menyatakan betapa pentingnya penggunaan situasi konkret dalam
pembelajaran.
B.
Kerjasama dengan Belanda
Pengembangan PMR di indonesia dilakukan melalui dua
tahap yaitu tahap pertama, tahap uji coba awal dan tahap kedua tahap uji coba
penuh. Tahap uji coba awal pertama kali pada Juli 2001 yang di tandai dengan
lokakarya persiapan uji coba yang berlangsung di PPPG matematika Yogyakarta.
Lokakarya berlangsung di hadiri sebanyak 80 peserta yang terdiri dari guru kelas
1, 2 dan 3 dari 12 sekolah.
Kemudian pada Agustus 2001
diadakan workshop I PMRI di Bandung. Diikuti oleh seluruh anggota tim serta dosen
dan dua orang peninjau dari Belanda. Kees Hogland dan Frans Moerlands. Tahap
uji coba secara penuh mulai dari kelas satu dilaksanakan mulai sejak tahun
2002/2003. Pengembangan di sekolah menggunakan strategi bottom up. Bahan
ajar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 ditulis secara bertahap antara keempat
LPTK.
Pengembangan PMR di
indonesia mendapat dukungan dari pemerintah Belanda melalui proyek PBSI (Programe
Bilaterale Samenwerkem Indonesie) pada tahun 2003-2005. Melalui proyek ini
tim konsultan Belanda bisa membantu secara regular datang ke Indonesia.
Kegiatan utamanya adalah melaksanakan workshop sebanyak dua kali setahun dan
melakukan pendampingan guru di sekolah oleh para dosen.
Dukungan pemerintah Belanda
terus berlanjut dengan hibah yang lebih besar melalui proyek yang dinamakan
Do-PMRI (Dissemination Of PMRI) antara tahun 2006-2009. Diseminasi PMR
diperluas ke sejumlah LPTK dan sekolah mitra LPTK tersebut. Workshop PMR Star
Up Workshop, Follow Up workshop, Quality Boost Program. Akhir
tahun 2009 sudah 19 LPTK yang telah mendukung PMRI. Diseminasi PMR selama tahun
2001 sampai 2009 sudah menghasilkan ide-ide pembelajaran PMR dengan konteks lokal
yang dikembangkan oleh guru dan dosen.
C.
Sejarah PMR di Dunia
Internasional
PMRI mulai diperkenalkan di
dunia internasional untuk pertama kalinya melalui konfrensi Internasional
Congress for School Effectiveness and Improvement, pada Januari 2006 di Florida, USA. PMRI
diwakili oleh R.K. Sembiring. Selanjutnya, pada ICSEI Januari 2008 di Aukland,
New Zealand. Pada Januari 2009 dilaksanakan di Vancouver, Canada, ini diwakili
oleh R.K sembiring. Konfrensi ICSEI dilaksanakan di Kuala Lumpur pada bulan
Januari 2010 tim PMRI bersama dengan konsultan dari Belanda memberikan suatu
simposium tentang PMRI. Pada kesempatan itu juga diperkenalkan buku yang
berjudul A Decade Of PMRI In Indonesia dan hal ini mendapat sambutan
baik dari Prof. Tony Mackay selaku presiden ICSEI.
Anggota yang menghadiri
Thirtieth Conference of International Group On Psychology Of Mathematics
Education (PME-30) di Praha, Ckoslowakia pada tahun 2006 dihadiri oleh anggota
tim PMRI, Sutarto Hadi dan Wanty Widjaja. Sutarto hadi memberikan presentasi di
International Society for Design and Development in Education di Oxford,
Inggris pada bulan September 2006.
Pada Juni 2007 di Penang,
Malaysia pada The Fourth East Asia Regional Conference On Mathematics Education
ketua PMRI di undang khusus untuk memberikan general lecture mengenai PMRI.
Sutarto Hadi juga ikut menyajikan makalah tentang hasil penelitiannya dalam
konferensi tersebut. Kedua makalah tersebut sudah berhasil diterbitkan dalam
jurnal pendidikan matematika Internasional edisi ke 6 tahun 2008.
Melalui kegiatan
Internasional di indonesia, PMRI sudah sering diperkenalkan. Seperti melalui International
Conference On Applied Mathematics Agustus 2005 di ITB. PMRI juga terpilih
menjadi salah satu topik utama yang disajikan dalam International Conference
On Mathematics, Statistics, and Their Application yang ke 4 di Aceh 2008,
dan yang ke 5 di Bukittinggi Sumatra Barat pada tahun 2009.
Dalam kerjasama yang
dilakukan Program Master Internasional dalam pendidikan matematika realistik
antara Unesa Surabaya dan Unsri Palembang dengan Universitas Utrecht di Belanda
sudah disepakati oleh ketiga pihak dan juga mendapat dukungan dana dari Ditjen
Dikti dan StuNed Belanda. Ketiga Universitas ini sudah menandatangani MoU pada
tanggal 30 Oktober 2008 di kantor Dirjen Dikti, yang disaksikan oleh Prof.
Fasli Jalal dan pimpinan Neso, Mr. Marrick Bellen.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Realistic mathematics Education, disingkat
RME, merupakan teori pembelajaran khusus dalam matematika yang
dikembangkan pertama kali di negeri Belanda, tepatnya di the Freudenthal
Institute. Utrecht University, sejak tahun 1970-an. Awal munculnya teori
MRE adalah sejak adanya proyek Wiskobas (Matematika di Sekolah Dasar)
tahun 1998 yang di gagas Edu Wijdeveld dan Fred Goffre, kemudian turut
bergabung Adri Treffers.
Pengembangan
PMR di indonesia dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap pertama, tahap uji
coba awal dan tahap kedua tahap uji coba penuh. Tahap uji coba awal pertama
kali pada Juli 2001 yang di tandai dengan lokakarya persiapan uji coba yang
berlangsung di PPPG matematika Yogyakarta.
PMRI mulai diperkenalkan di dunia internasional untuk pertama kalinya
melalui konfrensi Internasional Congress for School Effectiveness and
Improvement, pada Januari 2006 di
Florida, USA. PMRI diwakili oleh R.K. Sembiring. Selanjutnya, pada ICSEI
Januari 2008 di Aukland, New Zealand.
B.
Saran
Dengan memahami sejarah lahirnya PMR, sejarah
kerjasama dengan Belanda, dan sejarah PMR di dunia Internasional diharapakan pendidikan Matematika Realistik ini akan
melahirkan peserta didik yang berkualitas yang mampu membentuk manusia Indonesia seutuhnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Suryanto, dkk. 2010. Sejarah
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Yogyakarta:
Graha Ilmu.
<script data-ad-client="ca-pub-3224888017981904" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
selamat malam pak. pak bisa krm jawaban sejarah pendidikan matematika realistik pmr
BalasHapus